angina pectoris

Angina Pectoris, Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Bantu Bagikan Artikel Ini

Apa Itu Angina Pectoris dan Cara Pengobatannya

apa itu angina pectorisAngina Pectoris adalah suatu kondisi dimana penderita merasakan nyeri di bagian dada yang disebabkan oleh otot-otot jantung yang kurang memperoleh pasokan darah yang umumnya disebabkan karena terjadinya gangguan pada pembuluh darah menuju jantung.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan istilah angina pectoris yang merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya. Meskipun masih banyak masyarakat yang belum memahami tetapi sebetulnya angina pectoris juga dikenal sebagai angin duduk.

Lalu apa sebenarnya penyebab penyakit tersebut lalu bagiaman cara penyembuhannya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa berujung pada hilangnya nyawa seseorang?

Apa itu Angina Stabil (Stable Angina) dan Angina Tidak Stabil (Unstable Angina)

jenis - jenis angina pectorisTerjadinya gangguan penyempitan pembuluh darah tersebut juga secara tiba-tiba sehingga seseorang mungkin tidak akan sempat untuk memeriksakan diri ke dokter.

Perlu Anda ketahui pula berdasarkan penyebabnya tersebut, angina pectoris juga dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu stable angina dan unstable angina.

Stable Angina atau Angina Stabil adalah merupakan tipe yang paling umum dari jenis angina pectoris. Munculnya jenis penyakit angin duduk ini biasanya masih bisa diketahui dengan mudah dan bisa diprediksi. Misalnya saja ketika Anda sedang menaiki tangga lalu muncul rasa nyeri kemungkinan Anda sedang mengalami angina pectoris.

Stable angina bisa terjadi ketika seseorang mengerahkan tenaganya secara ekstra untuk beraktivitas dalam waktu kurang dari 5 menit. Untuk mengatasinya sebaiknya segera istirahatkan tubuh Anda dan mengkonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang Anda rasakan.

Unstable Angina adalah merupakan jenis penyakit angin duduk yang lebih berbahaya tetapi kurang umum terjadi di masyarakat. Lebih parahnya lagi, gejala munculnya unstable angina sulit atau bahkan tidak dapat diprediksi. Rasa nyeri yang diderita oleh penderita unstable angina ini akan berlangsung lebih lama dan terjadi lebih sering.

Perlu Anda ketahui, bahwa unstable angina berbeda dengan penyakit jantung yang biasanya juga menimbulkan rasa nyeri di bagian dada. Tetapi unstable angina ini bisa menjadi penyebab timbulnya serangan jantung pada seseorang.

Pastikan Anda segera memeriksakan diri ketika muncul rasa nyeri di bagian dada dalam jangka waktu yang cukup lama. Semakin cepat Anda memeriksakannya, akan semakin diketahui penyebab serta cara pengobatan angina pectoris secara tepat.

Gejala Angina Pectoris

gejala angina pectorisTak sedikit kasus kematian disebabkan oleh adanya serangan angin duduk sehingga masyarakat cukup takut dengan penyakit yang satu ini. Siapapun mungkin tak menyadari datangnya penyakit angina pectoris bahkan mungkin mengabaikan gejala-gejalanya.

Kurangnya pasokan darah menuju jantung disebabkan adanya pengerasan atau penyempitan pembuluh darah. Akibat adanya penyempitan ini pasokan darah akan terganggu terutama yang menuju ke jantung.

Padahal fungsi utama jantung adalah memompa darah ke bagian-bagian organ tubuh dan ke seluruh tubuh. Bisa dibayangkan jika darah tersebut tidak dapat menuju jantung sehingga akan membuat pasokan darah terhambat dan dampak buruknya bisa berujung pada kematian.

Perlu diwaspadai gejala diatas karena penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Bahkan tak hanya menyerang orang-orang yang berusia lanjut tetapi orang dewasa yang memiliki fisik kuat dan sehat.

Gejala Angina Pectoris
, kebanyakan penderita angina pectoris akan merasakan nyeri di bagian dada. Rasa sakit di bagian dada juga bisa menjadi pertanda munculnya serangan jantung pada seseorang terutama yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung.

Untuk menambah wawasan Anda serta sebagai upaya pencegahan terhadap angina pectoris, berikut ini akan dijelaskan gejala-gejala munculnya penyakit yang satu ini.

  1. Rasa nyeri di dada bahkan rasa nyeri tersebut bisa menyebar ke bagian lengan kiri, rahang, leher dan punggung.
  2. Dada terasa diremas dan ditekan sampai ke lengan dan belakang.
  3. Munculnya sesak napas yang mirip dengan penyakit lambung.
  4. Penderita angina pectoris akan merasa kelelahan terutama setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga.
  5. Muncul rasa mual dan pusing secara tiba-tiba.
  6. Tubuh akan terasa kurang nyaman dan muncul keringat secara berlebihan.
  7. Rasa gelisah juga menghantui Anda sehingga akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

Disarankan bagi Anda yang tiba-tiba merasakan nyeri di bagian dada tetapi tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya perlu segera memeriksakan ke dokter.

Hal ini dilakukan untuk segera mengetahui penyebab munculnya rasa nyeri di bagian dada untuk nantinya bisa diketahui jenis penyakit serta upaya penyembuhannya. Sebetulnya tidak semua rasa nyeri di dada merupakan gejala penyakit angina pectoris tetapi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan agar lebih aman.

Penyebab Angina Pectoris

penyebab angina pectorisBagi Anda yang sering mendengar istilah angin duduk tentu akan bertanya-tanya sebetulnya apa yang menjadi penyebab munculnya penyakit yang satu ini hingga bisa merenggut nyawa seseorang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam pengertian angina pectoris dimana penyakit ini disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otot jantung karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Jantung merupakan organ yang sangat berperan penting dalam tubuh seseorang. Selain itu, jantung juga membutuhkan pasokan darah yang mengandung banyak oksigen sehingga kerja jantung akan berfungsi dengan baik.

Darah pada organ jantung akan dialirkan oleh dua pembuluh darah besar yaitu pembuluh koroner. Jika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan akan menjadi penyebab utama terjadinya angina pectoris pada seseorang.

Faktor Penyebab Angina Pectoris

Selain penyebab utama terjadinya angina pectoris karena kurangnya pasokan darah yang mengandung oksigen ke jantung masih ada faktor lain yang berperan sebagai penyebab penyakit tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan faktor penyebab terjadinya angina pectoris yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  1. Usia
. Bertambahnya usia seseorang juga berpengaruh pada kinerja organ tubuh yang semakin menurun. Hal ini salah satunya terjadi pada arteri jantung yang fungsinya semakin menurun seiring bertambahnya usianya seseorang. Tentu hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya angina pectoris pada seseorang.
  2. Hipertensi
. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa berdampak pada aliran darah yang semakin tinggi tetapi arteri jantung mengalami penyempitan atau penyumbatan sehingga aliran darah menuju jantung akan terhalang dan berdampak pada pasokan darah yang semakin menurun.
  3. Dyslipidemia
. Dyslipdemia juga dikenal sebagai kolesterol darah yang tinggi sehingga bisa menjadi pemicu timbulnya plak pada arteri jantung sehingga menjadi penyebab penyumbatan. Perlu Anda ketahui, kolesterol tinggi atau LDL pada tubuh seseorang akan menjadi penyebab penyempitan pembekuan darah sehingga menyebabkan angina pectoris.
  4. Obesitas
. Kondisi tubuh yang mengalami obesitas akan beiriko terkena penyakit kolesterol tinggi, kantung dan hipertensi. Padahal ketiga penyakit tersebut juga merupakan penyebab utama munculnya penyakit angin duduk.
  5. Kebiasaan merokok
. Kebiasaan merokok sebetulnya sangat berdampak buruk pada kesehatan seseorang terutama munculnya kerusakan dinding arteri, penggumpalan darah dan munculnya plak pada arteri. Jika arteri mengalami gangguan atau kerusakan bisa menghalangi aliran darah menuju jantung. Kebiasaan merokok akan membuat kandungan oksigen dalam darah semakin menurun dan semakin meningkatkan risiko terjadinya angina pectoris.
  6. Mengkonsumsi Alkohol Berlebihan. 
Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi alkohol sebaiknya segera kurangi dan hindari kebiasaan tersebut karena bisa berdampak pada munculnya kolesterol serta tekanan darah tinggi. Jika dibiarkan bisa menjadi penyebab munculnya angin duduk.
  7. Diabetes Melitus
. Penyakit diabetes mellitus kini bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Kadar gula dalam darah yang sangat tinggi akan berpengaruh pada fungsi organ dalam tubuh terutama pada arteri jantung. Penyakit-penyakit tersebut tentu menjadi pemicu munculnya angina pectoris pada tubuh seseorang.
  8. Keturunan. 
Perlu diwaspadai jika salah satu orang tua Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, dan kolesterol tinggi karena bisa beresiko munculnya penyakit angina.

Setelah mengetahui penyebab penyakit angina yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya Anda perlu waspada dengan mulai menjaga kesehatan dan pola hidup mulai dari sekarang. Terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat penting hipertensi, jantung atau kolesterol tinggi.

Pengobatan Angina Pectoris Dengan Produk Alami Gravistro

obat sakit jantung tradisionalGravistro adalah produk alami yang bekerja untuk membantu melarutkan plak penyumbatan dan mengembalikan elastisitas kelenturan pembuluh darah sehingga dapat terhindar dari serangan – serangan pada jantung (angina pectoris) dan penyakit penyumbatan lain seperti jantung koroner dan stroke iskemik.

Lihat penjelasan dan cara kerja produk obat jantung koroner dan stroke iskemik Gravistro, klik gambar dibawah ini :

Gravistro obat jantung dan stroke

Cara Mencegah Terjadinya Angina Pectoris

pengobatan angina pectorisAgar tidak menimbulkan risiko yang berbahaya bagi kesehatan dan nyawa seseorang, sebaiknya lakukan pengobatan angina pectoris secara cepat dan tepat.

Pengobatan angina pectoris bisa dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan maupun menggunakan obat-obatan dari dokter. Untuk cara pengobatan tanpa obat-obatan bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat serta menghindari kebiasaan yang bisa merusak kesehatan Anda bisa mencegah terjadinya risiko angin duduk.

Upayakan mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak serat seperti buah, sayur dan biji-bijian. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam agar tidak memperburuk risiko terjadinya angina pectoris pada diri Anda.

Lakukan olahraga secara rutin sesuai dengan kemampuan fisik Anda. Jangan lupa untuk menjaga berat badan agar ideal dan tidak berlebihan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Anda juga disarankan untuk mengunjungi dokter secara rutin dan mengkonsumsi obat dari dokter secara rutin sesuai dengan resep yang diberikan. Dokter akan memberikan obat untuk menstabilkan kondisi Anda terutama menghilangkan rasa nyeri dan kurang nyaman pada tubuh Anda. Dokter juga akan memberikan obat yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah pada pembuluh arteri dan mengendalikan tekanan darah.

Selain pengobatan melalui pemeriksaan dokter, Anda juga bisa menggunakan pengobatan alami dengan ramuan herbal. Bahkan kini telah hadir obat herbal jantung untuk mengatasi angina pectoris yang dijamin aman untuk penderita angina pectoris yang sering menyerang.

Sembuhkan penyakit jantung koroner dan setroke iskemik

Karena dibuat dari bahan herbal alami tanpa bahan kimia tentu akan mengurangi efek samping dari obat-obatan kimia untuk mengatasi gejala serta penyebab munculnya penyakit angin duduk tetapi hasilnya dijamin ampuh.

Bagi Anda yang ingin memperoleh keberhasilan dalam melakukan pengobatan penyakit angina ini sebaiknya ubah pola hidup Anda mulai dari sekarang serta jauhi kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi makanan berlemak. Kombinasikan dengan mengkonsumsi obatan-obatan dari dokter atau pengobatan herbal agar hasilnya semakin maksimal. Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui upaya pengobatan yang aman untuk Anda lakukan.

Itulah informasi terkait angina pectoris, meskipun istilah penyakit ini masih asing tetapi masyarakat sudah mengenalnya sebagai penyakit angin duduk. Penyakit tak boleh dianggap sepele karena banyak kasus yang membuktikan penyakit ini bisa merenggut nyawa seseorang secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, biasakan mulai dari sekarang menerapkan hidup sehat dan segera periksakan diri ke dokter jika muncul gejala penyakit angina seperti yang telah dijelaskan di atas.

Summary
Angina Pectoris
Article Name
Angina Pectoris
Description
Angina Pectoris adalah suatu kondisi dimana penderita merasakan nyeri di bagian dada yang disebabkan oleh otot-otot jantung yang kurang memperoleh pasokan darah yang umumnya disebabkan karena terjadinya gangguan pada pembuluh darah menuju jantung.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini