apa cordyceps itu

Apa Cordyceps Itu ?

Bantu Bagikan Artikel Ini

Cordyceps Sebagai Obat Alami Untuk Penyakit Paru – Paru.

apa itu cordyceps yang sering digunakan oleh orangApa Cordyceps itu? – Apa saja yang ada di alam ini memiliki kegunaan masing-masing untuk manusia. Tuhan menyediakan semua yang dibutuhkan manusia di dunia. Sehingga manusia tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan, karena alam selalu siaga. Namun dengan catatan bahwa kita selalu melestarikan alam sekitar. Bukan malah merusaknya. Salah satu benda alam yang sangat bermanfaat bagi manusia adalah Cordyceps.

Banyak orang yang masih asing dengan jamur Cordyceps ini. Karena jamur ini merupakan jamur varietas baru. Sehingga ketika ditanya tentang apa Cordyceps itu, maka akan banyak orang yang tidak mengetahuinya sama sekali.

Untuk mengenal apa Cordyceps itu, kita bisa mulai mengenalnya dari benda-benda yang ada di alam. Di mana benda-benda alam yang bermanfaat bagi manusia meliputi semua bentuk, baik benda biotik atau benda hidup seperti tumbuhan dan hewan, serta benda abiotik, seperti batu, pasir, bahan tambang, dan lain-lain. Untuk Cordyceps ini sendiri merupakan benda hidup, karena termasuk dalam jenis tumbuhan.

Apa Cordyceps Itu?

cordyceps adalah golongan jamur yang bermanfaat untuk kesehatanCordyceps adalah salah satu jenis benda biotik dalam bentuk tumbuhan dan sebagai tumbuhan, Cordyceps ini tergolong dalam kingdom Fungi atau jenis jamur yang kaya akan manfaat kesehatan. Tentunya kita sudah paham bagaimana bentuk jamur dan apa saja manfaatnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ada banyak jenis jamur. Ada jamur yang bermanfaat dan ada jamur yang merugikan. Untuk jenis jamur yang bermanfaat, kita bisa mengonsumsinya untuk lauk atau untuk obat, sedangkan untuk jamur yang merugikan adalah jamur yang tidak tidak boleh dikonsumsi karena beracun.

Beberapa jenis jamur yang menguntungkan adalah jamur pada jerami, jamur tiram, atau jamur-jamur yang lainnya, sedangkan untuk jamur yang merugikan adalah jamur payung, dan jenis-jenis jamur yang lainnya. Untuk membedakannya, biasanya kita bisa menentukan jamur-jamur yang berbahaya dari bau yang disebarkan serta warna yang ditampakkan. Biasanya jamur beracun akan memiliki warna selain putih dan memiliki bercak-bercak.

Sedangkan untuk jamur yang bisa dikonsumsi, biasanya akan sangat banyak dibudidayakan. Dan untuk pengetahuan awal tentang apa Cordyceps itu ini diawali dengan pemahaman bahwa ini adalah jamur yang bermanfaat, terutama untuk obat. Sehingga memang tidak semua jamur bisa dikonsumsi, sehingga kita harus memahaminya dan tidak asal mengonsumsi begitu saja. Jika ada kesalahan, maka akan menyebabkan kerugian bagi tubuh. Namun untuk jamur Cordyceps ini sudah terbukti sangat bermanfaat, dimana jamur ini sudah dikembangkan sebagai jamur untuk pengobatan tradisional di Tibet.

Asal-usul Cordyceps

jamur cordyceps berguna untuk kesehatan, apa cordyceps ituUntuk menjawab rasa penasaran kita tentang apa Cordyceps itu, kita harus mengetahui tentang asal-usul dari jamur Cordyceps ini. Kita akan memulai mengenal asal-usul jamur ini dari asal-usul Biologinya. Di mana dalam ilmu Biologi, kita akan mengenal klasifikasi makhluk hidup sesuai dengan pengelompokan jenisnya. Klasifikasi makhluk hidup terdiri dari 7 tingkatan dan harus diurutkan dari yang paling atas, yakni Kingdom, Fungi, Divisi, Kelas, Ordo, Famili, Genus, dan Spesies.

Jamur ini merupakan makhluk hidup yang berupa tumbuhan yang berasal dari Kingdom Fungi (jamur), Divisi Ascomyta, Kelas Sordariomycetes, Ordo Hypocreales, Famili Cordycipitaceae, dan Genus Cordyceps Fr. (1818), berasal dari Spesies Cordyceps militaris. Dengan mengetahui spesies dari Cordyceps ini, kita bisa mengetahui apa Cordyceps itu dengan mengetahui nama ilmiahnya yakni sama dengan nama spesiesnya, Cordyceps militaris.

Asal-usul Biologis dari jamur Cordyceps militaris ini tidak berhenti dari klasifikasinya saja, melainkan kita harus mengetahui bahwa untuk jenis jamur ini ada sekitar 400 spesies yang berbeda-beda. Setiap spesies memiliki ciri-ciri sendiri-sendiri. Ini sama dengan klasifikasi makhluk hidup yang lainnya, mereka pun memiliki banyak spesies.

Dengan mengetahui asal-usul Biologisnya, kita sudah sedikit mengenal tentang apa Cordyceps itu. untuk selanjutnya, agar kita tambah mengenal jamur ini, kita akan mengenal asal-usul penemuan Cordyceps ini.

Jamur Cordyceps ini pertama kali ditemukan pada abad ke -15 masehi di Tibet. Pertama kali penemuannya langsung diabadikan dalam bentuk buku yang berjudul “An Ocean of Aphrodisiacal Qualities” yang ditulis oleh Nyamnyi Dorje. Penemuan ini merupakan penemuan yang tercatat sebagai yartsa gunbu bagi masyarakat Tibet.

Orang Tibet langsung menamai jenis jamur ini dengan nama jamur Cordyceps yang diambil dari bahasa Yunani “kordyle” yang berarti “klub” dan juga berasal dari bahasa latin “ceps” yang berarti “kepala”. Sehingga jika kita melihat bentuk jamur Cordyceps ini memang seperti akar-akaran, namun jenisnya adalah jamur.

Dengan penemuan jenis jamur ini, membuktikan bahwa manusia memang sudah memiliki peradaban ilmu pengetahuan kala itu. Mereka selalu melakukan penelitian di alam. Mereka melakukannya sebagai salah satu realisasi dari rasa keingintahuan mereka yang sangat besar. Maka dari itulah sekarang kita sebagai generasi selanjutnya bisa mengetahui apa Cordyceps itu.

Penemuan dari jamur Cordyceps saat itu tidak langsung diabaikan begitu saja, melainkan langsung dikembangkan. Terbukti pada tahun 2007 nama dari jamur Cordyceps ini berubah menjadi Ophiocordyceps sinensis dan klasifikasinya pun dimasukkan ke dalam kelas Ophiocordycipitaceae. Sehingga jelas, bahwa jamur Cordyceps sudah terdeteksi secara ilmiah dan dibuktikan secara ilmiah.
Ada banyak nama lain dari jamur Cordyceps ini, yaitu Vegetable caterpillar, Caterpillar Fungus, Tochukaso, Caterpillar Mushroom, Ophiocordyceps sinensis, Cs-4, Hsia Ts’Ao Tung Sh’Ung, Chmpignon Chenille, Dong Chong Zia Cao, Chinese Caterpillar Fungus, dan Cordyceps sinensis.

Struktur Tubuh Jamur Cordyceps

Untuk lebih mengenal apa Cordyceps itu, kita bisa melihat dari struktur tubuh jamur ini. sehingga kita bisa membedakan jamur ini dengan jamur yang lainnya. Jika dilihat secara kasat mata, bentuk dari jamur Cordyceps ini memang sangat berbeda dengan bentuk jamur pada umumnya. Karena jamur ini berbentuk silinder yang kompleks dan bercabang. Hampir seperti tumbuhan “kunci” yang dikonsumsi sebagai urap.

Bukan hanya itu, ciri khas dari jamur Cordyceps ini juga dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang askokarp atau memanjang. Tujuan dari tubuh yang memanjang ini adalah memudahkan jamur Cordyceps ini untuk menyerang inangnya. Karena jamur ini adalah tumbuhan parasite, sama seperti sifat jamur pada umumnya.

Di sela-sela tubuh jamur Cordyceps yang askokarp, ada askospora atau benang-benang pada tubuh yang ada dalam fragmen tubuh dan bersifat sangat efektif bagi pertumbuhan tubuh jamur Cordyceps. Sebagai tumbuhan parasite, jamur Cordyceps ini sangatlah peduli. Karena dia sangat memperhatikan lingkungan tumbuhan inangnya. Apakah tumbuhan inangnya sudah berada di suhu lingkungan yang optimal dengan kelembaban yang normal atau belum.

Eksistensi Jamur Cordyceps

Untuk mengetahui apa Cordyceps itu, kita tidak harus datang ke Tibet, karena populasi dari jamur Cordyceps ini ada di beberapa negara, yakni di Thailand, Nepal, Vietnam, Tiongkok, Korea, Jepang, dan Bhutan. Bahkan, jamur Cordyceps ini tumbuh subur di negara-negara tersebut. Persediaannya sangat melimpah di alam. Jamur Cordyceps ini hidup di hutan tropis dan hutan subtropis. Namun lingkungan sekitar pertumbuhan jamur Cordyceps ini haruslah lembab, dan populasinya dipastikan akan sangat melimpah.

Untuk tahap perkembangan jamur Cordyceps ini diawali dari ukuran yang kecil, yakni berukuran seperti tawon, kemudian tumbuh terus menerus hingga menjadi jamur Cordyceps yang besar dengan ukuran normalnya.

Semakin banyak orang yang mendengar tentang apa Cordyceps itu. Sehingga mereka pun menjadi tahu banyak manfaat yang terkandung di dalam jamur Cordyceps. Ini berimbas pada harga yang dipatok untuk mendapatkan jamur Cordyceps ini. Harganya pun semakin mahal dan semakin mahal. Bahkan di Asia Timur, harga jamur Cordyceps ini sangatlah mahal dari tahun ke tahun.

Dimulai dari harganya yang hanya 1,800 Yuan per kilo gram pada tahun 1980. Kemudian mengalami kenaikan 46,7% di tahun 1997. Yakni harga jamur Cordyceps menjadi 8,400 Yuan per kilo gram. Di tahun 2004 pun harga dari jamur Cordyceps ini semakin mahal yakni 36,000 Yuan per kilo gram. Kenaikannya sangat tinggi, yakni sebesar 429%. Bahkan sampai pada tahun 2005 harga jamur Cordyceps ini adalah bekisar 10,000 sampai dengan 60,000 Yuan per kilo gram.

Manfaat Jamur Cordyceps

Setelah kita mengetahui apa Cordyceps itu baik dari struktur tubuh dan asal usulnya, sekarang kita harus mengetahui potensi manfaat yang ada di dalam jamur Cordyceps ini. Ada sumber obat di dalam tubuh jamur Cordyceps ini. Dimana ada sumber biokimia dan sumber farmakologis yang ada di dalam tubuh jamur Cordyceps ini, sehingga jamur ini sangat bermanfaat untuk manusia. Salah satu bukti adanya sumber biokimia dan farmakologis ini adalah adanya kandungan beberapa zat kimia obat yang ada di dalam jamur Cordyceps ini.

Kandungan Aktif Cordycep

  1. Tolypocladium inflatum atau C. subsessilis yang berfungsi untuk membantu manusia mentransplantasi organ tubuhnya. Kandungan ini adalah obat imunosupresif alami yang sangat manjur. Sehingga akan sangat membantu jika ada penolakan ketika sedang dilakukan proses transplantasi.
  2. Fingolimod yang berfungsi untuk mengobati penyakit sclerosis multiple. Fingolimod ini adalah adalah jenis zat myriocin yang berasal dari tahap anamorphnya Cordyceps sinclairo.

Orang-orang Tibet sudah sangat mengenal apa Cordyceps itu. Karena sejak penemuannya pertama kali, jamur Cordyceps ini sudah dijadikan bahan obat alami oleh orang Tibet. Mereka menjadikan jamur Cordyceps ini sebagai bahan obat medis dan tercacat dalam buku medis tertua di Tibet. Buku medis ini menjadi prasasti tersendiri bagi orang Tibet dan menjadikan warisan yang sangat penting untuk dunia.

Salah satu fungsi perdana dari jamur Cordyceps ini adalah digunakan untuk perkembangan in vitro pada hewan. Sehingga, masih belum ada bukti bahwa jamur Cordyceps ini bermanfaat untuk manusia. Namun kemudian banyak penelitian untuk membuktikan fungsi dari jamur Cordyceps ini untuk manusia. Karena jamur Cordyceps ini memiliki fungsi sebagai obat anti kanker.

Beberapa Manfaat Jamur Cordyceps Untuk Manusia

Sebagai kelompok jamur yang bermanfaat, jamur Cordyceps ini digunakan sebagai suplemen kesehatan yang sangat penting untuk tubuh manusia. Untuk menjadikannya sebagai suplemen kesehatan, diadakan pengambilan sari-sarinya di dalam jamur Cordyceps ini secara langsung kemudian diproduksi kembali di laboratorium dengan peralatan yang canggih. Sehingga proses pengenalan tentang apa Cordyceps itu ini terus berlanjut seiring dengan perkembangan dari jamur Cordyceps ini yang juga terus dikembangkan.

Berikut adalah sejuta manfaat dari jamur Cordyceps ini untuk manusia yang perlu anda ketahui.

  1. Menyembuhkan batuk. Penyakit ini masih menjadi penyakit yang ringan. Namun jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang parah.
  2. Menyembuhkan penyakit bronchitis kronis. Penyakit ini berhubungan dengan penyakit pernapasan. Penyakit ini menyerang bronkus pada paru-paru.
  3. Mengobati penyakit pernapasan. Ketika penyakit pernapasan mendera, maka kita akan kesulitan untuk bernapas. Untuk itulah harus segera disembuhkan dengan mengonsumsi jamur Cordyceps.
  4. Menyembuhkan penyakit pada ginjal. Fungsi ginjal ini adalah untuk memperlancar sistem ekskresi. Sistem ekskresi ini adalah sistem pembuangan sebagai hasil dari proses metabolisme tubuh. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka zat sisa metabolisme ini tidak akan bisa terbuang dan mengendap di dalam tubuh.
  5. Mengurangi kebiasaan kencing malam. Kencing adalah satu proses ekskresi yang harus dilakukan. Bentuk pembuangan ini berupa zat cair. Namun jika terlalu sering kencing apalagi saat malam hari akan sangat menyusahkan. Ini akan menjadi penyakit yang serius. tetapi tidak perlu khawatir karena jamur Cordyceps akan menyembuhkannya
  6. Menyembuhkan penyakit gangguan seks pada laki-laki, seperti ejakulasi, dan lain-lain
  7. Menyembuhkan anemia atau kekurangan sel-sel darah merah
  8. Menormalkan gangguan pada detak jantung yang tidak beraturan. Jantung sebagai organ utama harus dijaga kesehatannya. Sehingga detak jantungnya harus dikontrol agar selalu sehat.
  9. Menormalkan kadar kolesterol tinggi atau diabetes
  10. Menyembuhkan penyakit pada organ liver atau hati
  11. Menyembuhkan rasa pusing
  12. Menyembuhkan keadaan tubuh yang memburuk. Ini disebabkan karena kelelahan atau yang lainnya.
  13. Mengurangi dengung pada telinga yang mengganggu keseimbangan pendengaran manusia
  14. Menyembuhkan penyakit upiumaddiction
  15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  16. Meningkatkan penampilan fisik. Penampilan fisik ini akan berhubungan dengan stamina tubuh yang harus selalu terjaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  17. Menghambat proses penuaan dini. Penuaan dini ini sekarang tidak pernah pandang usia. Banyak orang yang belum tua tetapi sudah terlihat tua. Ditandai dengan kulit yang keriput. Penyebabnya adalah kesalahan perawatan wajah, kesalahan penggunaan bedak, dan lain-lain.
  18. 19. Membuat awet muda. Jamur Cordyceps akan membuat kita seperti orang-orang tua pada jaman dahulu yang awet muda. Dengan mengonsumsi jamur ini pigmen kulit akan selalu teremaja dengan baik.
  19. Menyembuhkan penyakit Hepatitis B dengan cara meningkatkan fungsi liver atau hati
  20. Kandungan stimulant, tonic, dan adaptogen membuat jamur Cordyceps ini bermanfaat untuk menambah energi, meningkatkan stamina, dan mengurangi kelelahan.
  21. Untuk mengobati kanker. Kanker menjadi penyakit yang mematikan dan sangat sulit disembuhkan. Namun kini ada jamur Cordyceps sebagai ramuan Tibet asli yang akan menyembuhkan penyakit kanker yang membandel.
  22. Untuk mengobati tumor. Sebuah daging tumbuh yang merupakan awal dari kanker. Agar tidak sampai menjadi kanker, jamur Cordyceps siap mengantisipasinya.

Banyak manfaat dari jamur Cordyceps untuk kesehatan manusia. Mengenal apa Cordyceps itu tidak pernah ada kerugiannya. Karena memang jenis jamur ini sangatlah menguntungkan bagi manusia. Cara kerja dari jamur ini untuk kesehatan adalah dengan menambah kekebalan tubuh yang sedang terkena penyakit.

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penyakit menjadi lebih mudah pulih kembali. Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk tahu, apa Cordyceps itu.

Summary
Apa Cordyceps Itu
Article Name
Apa Cordyceps Itu
Description
Cordyceps adalah salah satu jenis benda biotik dalam bentuk tumbuhan dan sebagai tumbuhan, Cordyceps ini tergolong dalam kingdom Fungi atau jenis jamur yang kaya akan manfaat kesehatan.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini