melemahnya detak jantung akibat penyakit bradikardia

Bradikardia Adalah Melemahnya Detak Jantung

Bantu Bagikan Artikel Ini

Bradikardia Merupakan Penyakit Melemahnya Detak Jantung Dari Keadaan Normal

Bradikardia – Dalam tubuh terdapat organ yang memiliki peranan penting. Organ tersebut memiliki fungsi masing-masing diantaranya yaitu sebagai sistem pernafasan, sistem peredaran darah, pencernaan, dan ekskresi. Betapa pentingnya peranan organ yang berada di dalam tubuh kita. Semua organ bila tidak dijaga dengan baik, maka akan menimbulkan penyakit. Salah satu penyakit yang menyerang organ yaitu bradikardia.

Apa Itu Bradikardia

Bradikardia merupakan penyakit yang berhubungan dengan organ jantung pada manusia. Pada dasarnya penyakit ini merupakan melemahnya kondisi jantung sehingga detak jantung lebih lambat dari biasanya saat keadaan normal. Seperti yang kita ketahui bahwa detak jantung normal pada manusia dewasa yaitu 60 hingga 100 kali per menit, sedangkan detak jantung dikatakan tidak normal yaitu hanya di bawah 60 kali per menit.

Apakah anda pernah melakukan pengukuran detak jantung? Pasti pernah tetapi tidak dilakukan secara rutin. Bahkan ada yang melakukan pengukuran terakhir kali pada waktu masih sekolah tepatnya pada mata pelajaran biologi. Anda harus mengetahui kondisi tubuh terutama jantung. Mulai sekarang hitung detak jantung agar mengetahui jantung berdetak secara normal atau tidak. Pengukuran secara rutin lakukan selama seminggu sekali atau dua kali.

Tidak normalnya detak jantung ini dapat menyebabkan hal yang serius apabila tidak ditangani. Memang ada orang yang sudah biasa memiliki detak jantung lemah tetapi jangan dibiarkan begitu saja. Mungkin bisa saja ada gangguan terhadap sistem kelistrikan pada jantung. Sebagian orang pernah mengalami hal demikian sehingga masalah medis ini harus di periksa lebih lanjut dan dicari cara penanganannya.

Mengapa harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut? Karena kalau dibiarkan begitu saja gangguan ini dapat menyebabkan kematian. Hal ini sudah sangat serius sekali, bila detak jantung melambat, maka jantung tidak bisa memompa darah secara maksimal dan memenuhi seluruh kebutuhan oksigen pada tubuh. Semakin melambat terus menerus akhirnya seseorang bisa kekurangan oksigen serta kesulitan bernafas dan berakhir pada kematian.

Penyebab Terjadinya Gangguan Jantung Bradikardia

Bradikardia merupakan gangguan yang datang oleh faktor tertentu. Tidak hanya satu faktor saja yang menyebabkan terjadinya gangguan pada seseorang tetapi sangat banyak. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan bradikardia.

1. Usia

Mengapa usia menjadi faktor penyebab dari gangguan bradikardia? Karena pada usia yang sudah lanjut seseorang telah mengalami penurunan fungsi organ. Tidak hanya organ dalam saja melainkan kondisi tubuhnya tidak bisa aktif pada usia saat muda. Dapat disimpulkan pada seseorang yang sudah tua detak jantungnya akan rentan melambat. Hal ini harus diberikan penganan khusus pada orang yang sudah tua tersebut.

2. Penyakit

Penyakit yang menyerang organ jantung dapat menyebabkan bradikardia. Contohnya penyakit tersebut yaitu jantung koroner, infeksi otot jantung, infeksi selaput jantung dan serangan jantung. Beberapa penyakit tersebut dapat menyebabkan melemahnya detak jantung seseorang.

3. Kondisi tubuh menurun

Keadaan ini selalu dialami oleh seseorang bila sedang sakit. Kondisi tubuh yang menurun dapat menurunkan kelistrikan dari otot jantung sehingga timbul gangguan. Beberapa kondisi seseorang yang mempengaruhi yaitu hipotiroidisme serta tidak seimbangnya potassium yang berada di dalam darah.

4. Komplikasi

Komplikasi biasanya terjadi pada saat melakukan pembedahan jantung yang kurang sempurna. Bisa dikatakan bahwa pembedahan tersebut tidak 100% berhasil sehingga nantinya akan menimbulkan gangguan.

5. Gangguan pada bagian noda sinus

Sumber kelistrikan jantung juga dapat mengalami gangguan. Tepatnya pada bagian sinus jantung.

6. Gangguan blok pada jantung

Tepat di daerah aliran kelistrikan jantung terganggu sehingga tidak dapat mengendalikan denyut dari jantung secara normal. Bila blok jantung sudah terganggu, maka semakin lemah denyut jantung dalam tubuh.

7. Obat-obatan

Beberapa obat yang anda konsumsi ternyata dapat menyebabkan bradikardia. Salah satu obatnya yaitu jenisnya yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan mengakibatkan tekanan darah di dalam tubuh semakin tinggi.

Faktor di atas yang memicu terjadinya bradikardia pada seseorang. Sebenarnya masih ada faktor kecil yang dapat mempengaruhi gangguan tersebut yaitu kondisi jantung yang tidak normal dari lahir, penyakit inflamasi yaitu demam rematik atau biasa disebut dengan lupus, dan terlalu banyak zat besi yang tertimbun di dalam organ tubuh. Ternyata sangat banyak faktor yang perlu kita perhatikan agar terhindar dari gangguan jantung tersebut.

Seluruh faktor tersebut merupakan hal yang serius dan perlu dihafalkan agar terhindar dari gangguan bradikardia. Sebagian besar faktor disebabkan oleh penyakit jantung, dari sini anda harus menghindari penyakit tersebut. Caranya dengan menjaga jantung anda dengan baik dan mempertahankan fungsinya hingga sampai usia lanjut.

Gejala Yang Timbul Akibat Bradikardia

Seseorang bila mengalami sakit biasanya terdapat gejala. Gejala merupakan sebuah tanda yang dirasakan oleh seseorang. Gangguan bradikardia memiliki gejala yang dapat dialami oleh penderitanya. Bila gangguan tersebut sudah sangat parah misalkan asupan oksigen yang di dalam tubuh tidak sampai pada otak, maka penderita akan mengalami gejala sebagai berikut ini.

1. Nyeri pada bagian dada
2. Saat melakukan aktivitas fisik badan mudah lelah
3. Merasa kebingungan
4. Lemas
5. Gangguan pada ingatan
6. Tidak bisa berkonsentrasi
7. Sesak nafas
8. Pusing
9. Pingsan

Gejala di atas sangat umum dialami penderita bradikardia. Jadi bila sudah menunjukkan gejala di atas yang sangat sering, maka harus diperiksa lebih lanjut. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melakukan diskusi dengan dokter ahli jantung. Biasanya pemeriksaan akan dilakukan dengan menggunakan uji laboratorium. Biaya pemeriksaannya juga sangat terjangkau, sehingga anda tidak perlu khawatir mahal atau tidak.

Cara Mengetahui Adanya Gangguan Bradikardia

Bradikardia merupakan gangguan organ dalam yaitu jantung, jadi cara mengetahui gangguan ini terjadi pada anda seharusnya dengan cara diagnosa. Apakah diagnosa dilakukan sendiri? Tidak karena anda pasti tidak akan bisa sehingga anda harus meminta bantuan pada ahlinya yang menangani diagnosa gangguan tersebut.

Diagnosa adalah tindakan yang akan diambil oleh seorang dokter ahli jantung untuk mengetahui adanya gangguan atau tidak. Biasanya saat dilakukan diagnosa, maka ada gejala maupun tanda yang ada di dalam tubuh pasien. Lantas bagaimana cara mendiagnosa gangguan tersebut? Apakah hanya dilihat dengan mata telanjang saja? Tentu saja tidak karena ada alat diagnosa khusus.

Berikut ini alat dan langkah untuk mendiagnosa bradikardia.

1. Elektrokardiogram

Sebuah alat yang canggih untuk mendiagnosa gangguan bradikardia. Penggunaan alat ini yaitu dengan menempelkan sensor kecil yang ada pada alat ke bagian tubuh tepatnya pada dada serta tangan dari pasien. Sensor ini berfungsi untuk melakukan perekaman sinyal kelistrikan yang berada di dalam tubuh pasien yang.

2. Tes darah

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kandungan elektrolit, glukosa, bahan kimia dan tiroid yang berada dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya gangguan.

3. Holter monitor

Bagi yang tidak mengetahui tentang holter monitor akan dijelaskan sekarang juga. Alat tersebut berfungsi untuk mengetahui dan memeriksa detak jantung seseorang. Perangkat ini termasuk portable yang dapat merekam secara konsisten denyut jantung dari mulai aktivitas pada pagi hari hingga sore hari.

4. Scanning nuklir

Tujuannya untuk mengetahui bahan radioaktif yang ada otot jantung. Caranya dengan menyuntikkan secara langsung pada bagian pembuluh darah. Hasilnya dapat dikatakan bahwa ada atau tidaknya penyakit jantung koroner yang dapat mengakibatkan bradikardia.

5. Uji Laboratorium

Dari pengecekan menggunakan alat kemudian dilakukan uji laboratorium dan dilakukan tes lainnya. Hingga di dapatkan hasil dan kesimpulan adanya gangguan jantung atau tidak. Biasanya uji laboratorium tidak jauh dari pengecekan kondisi tubuh seperti melihat ada atau tidak infeksi di organ jantung, hipotiroidisme, serta keseimbangan elektrolit yang berada di dalam tubuh. Seluruh uji laboratorium akan dilakukan pada hari itu juga sampai selesai.

6. Menunggu hasil tes

Hasil tes akan diberikan selang beberapa jam pada saat anda melakukan tes. Dokter akan membacakan hasil tes atau anda bisa melihatnya sendiri.

Alat dan langkah diagnosa gangguan bradikardia harus dilakukan pada seseorang yang kemungkinan memiliki gangguan tersebut. Mengetahui pastinya akan membantu anda untuk secepatnya menangani penyakit yang diderita. Tes yang dilakukan juga tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga anda bisa melakukan dengan cepat dan tidak mengganggu aktivitas anda.

Pengobatan Gangguan Bradikardia

Setelah melakukan diagnosa bradikardia dan hasilnya positif, maka hal yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan pengobatan serta pencegahan dari gangguan tersebut. Ada banyak sekali penyebab timbulnya gangguan ini sehingga kita harus mengetahui betul untuk menghindari hal itu terjadi pada kita.

Jenis pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter terhadap gangguan tersebut, terlebih dahulu dilihat faktor penyebabnya. Dari faktor kemudian lanjut pada tingkat parah atau tidaknya gangguan bradikardia yang dialami oleh seseorang. Gangguan yang muncul tanpa adanya gejala apapun yang timbul, maka dokter lebih memilih tidak mengambil langkah apapun melainkan hanya menyarankan untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan badan.

Bila gejala terlihat jelas dan diakibatkan oleh obat tertentu yang dikonsumsi oleh seorang pasien, maka dokter dengan sigap akan mengganti obat tersebut. Biasanya dokter akan mencari solusi obat yang tepat serta menyesuaikan dosis yang cocok bagi kondisi tubuh pasien. Dari sini anda mengetahui bahwa anda harus jujur tentang obat yang anda konsumsi apa saja. Anda bisa membawa contoh obatnya sehingga dokter mengerti dan proses penggantian obat bisa dilakukan.

Pengobatan juga bisa dilakukan dengan cara melakukan terapi khusus bagi penderita bradikardia. Tujuan dari terapi ini agar gangguan tersebut tidak bertambah parah dan bisa memiliki detak jantung yang normal. Catatannya anda memiliki gangguan yang ringan atau tidak berada pada stadium yang parah. Semua terapi akan dilakukan dan dibantu oleh dokter spesialis yang menangani penyakit anda.

Pemasangan alat pacu pada jantung juga kerap dilakukan oleh dokter. Biasanya pacu jantung dipasang pada bagian tulang selangkah pasien. Tujuannya dilakukan pemasangan alat tersebut yaitu untuk menjaga kestabilan dari irama detak jantung. Alat tersebut akan menghasilkan impuls listrik sehingga nanti akan menghasilkan detak jantung yang normal seperti sedia kala. Bila anda rasakan alat ini memiliki peranan yang sangat penting sekali bagi penderita.

Dari uraian di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa pengobatan tidak dilakukan secara asal dan diperlukan penanganan yang khusus. Sebagai penderita anda harus benar-benar menjaga kondisi jantung agar tetap stabil dan sehat. Pengobatan serta terapi yang diberikan oleh dokter harus didengarkan dan dilakukan dengan semangat. Gangguan ini merupakan penyakit yang serius bila penanganannya tidak tepat, maka pada akhirnya penderita akan meninggal.

Cara Mencegah Terjadinya Bradikardia Pada Tubuh

Mencegah sebelum terjadinya penyakit merupakan tindakan yang sangat bagus daripada mengobati. Mencegah penyakit bisa membuat tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan oleh seseorang agar jantung tidak mengalami bradikardia.

Pencegahan Bradikardia sangat mudah dan bisa disimak pada berikut ini :

1. Olahraga

Olahraga bisa dilakukan kapan saja misalkan bisa pada pagi hari maupun malam hari. Kegiatan atau aktivitas kerja anda memang sangat pada tetapi sempatkan untuk melakukan olahraga. Bila merasa malas untuk olahraga sendirian, maka datang saja pada tempat gym. Di sana anda akan semangat melakukan olahraga karena ada instruktur yang akan membantu anda.
Olahraga bisa dilakukan selama 3 kali seminggu dan anda bisa mengatur hari yang tepat untuk melakukan olahraga.

2. Diet sehat

Selama ini orang memakan makanan tidak memikirkan kandungan yang berada di dalam makanan tersebut. Mereka memakannya karena rasanya yang sangat enak sehingga tidak sadar bahwa makanan tersebut salah satu yang menyebabkan kondisi jantung tidak sehat. Dari sini anda harus melakukan diet sehat, memulai dengan mengkonsumsi makanan organik seperti buah dan sayuran yang menyehatkan.

Diet sehat dapat menjaga kesehatan tubuh anda khususnya organ yang berada di dalam tubuh. Bila sudah terjaga, maka anda akan terhindar dari gangguan jantung bradikardia.

3. Berat badan ideal

Jangan memiliki berat badan yang melebihi batas sehingga anda harus bisa membuat tubuh anda memiliki berat yang ideal.

4. Menjaga tekanan darah tinggi dan kolesterol

Faktor penyebab bradikardia adalah tekanan darah yang tidak stabil. Anda harus berusaha untuk tetap menstabilkan tekanan darah. Caranya sangat mudah anda bisa mengontrol makanan serta olahraga teratur.

Kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan hipotiroidisme. Hal tersebut merupakan penyebab terjadinya gangguan bradikardia. Sebaiknya mengatur kadar kolesterol agar tetap stabil agar gangguan tersebut tidak datang kepada anda.

5. Tidak mengkonsumsi obat terlarang

Cobalah untuk melakukan hidup sehat dengan menjauhi obat terlarang yang tidak jelas. Tidak ada untungnya anda mengkonsumsi obat tersebut karena bila berlebihan detak jantung akan melambat dan pada akhirnya akan berakhir pada kematian.

6. Hindari stress

Hidup dengan bahagia tanpa stress merupakan gaya hidup sehat yang paling indah. Pada saat ini bila anda stress, maka ambil kegiatan positif seperti olahraga, liburan dan lainnya. Sampai kondisi pikiran anda semakin enak dan tidak stress lagi.

7. Pemeriksaan jantung secara rutin

Lakukan pemeriksaan jantung secara rutin, bisa dilakukan sendiri dengan menghitung detak jantung per menitnya. Bila ingin hasil yang maksimal, maka anda bisa melakukan pemeriksaan rutin pada dokter.

8. Tidak minum alkohol

Hindari minuman alkohol yang dapat merusak fungsi organ di dalam tubuh khususnya jantung. Bila jantung sudah infeksi atau rusak, maka gangguan ini akan semakin parah.

Pencegahan di atas sangat umum dan merupakan kegiatan positif yang bisa anda lakukan kapan saja. Melakukan hal yang positif dengan melakukan hidup menyehatkan membuat anda untuk terhindar gangguan bradikardia. Menjaga jantung tetap sehat membuat anda untuk hidup lebih lama lagi.

Summary
Bradikardia adalah melemahnya detak jantung dari keadaan normal.
Article Name
Bradikardia adalah melemahnya detak jantung dari keadaan normal.
Description
Brikardia merupakan penyakit melemahnya detak jantung pada seseorang. Gangguan ini disebabkan oleh beberapa faktor dan menimbulkan gejala tertentu.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini