mencegah diabetes dengan gravistro

Cara Mencegah Diabetes

Bantu Bagikan Artikel Ini

Cara Mencegah Diabetes Sebelum Terlambat

cara-mencegah-diabetesCara Mencegah Diabetes – Diabetes adalah salah satu penyakit yang tergolong mematikan karena dapat menjadi komplikasi pada tubuh. Diabetes mellitus dalam bahas Yunani memiliki arti tembus atau pancuran air.

Diabetes memiliki bahas latin yang berarti rasa manis. Di Indonesia, diabetes lebih dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis. Ketahuilah cara mencegah  diabetes dan menanggulanginya pada artikel kali ini.

Cara Mencegah Diabetes Dan Penyebab Diabetes

mencegah diabetes dengan pola hidup sehat

Diabetes disebabkan karena kadar glukosa di dalam darah anda menjadi lebih tinggi dari keadaan normal yaitu diatas 120, yang disebabkan pankreas anda tidak bisa memproduksi insulin secara wajar.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa air kencing penderita diabetes berasa manis karena telah terkandung zat yang banyak mengandung gula.

Beberapa makanan yang anda santap pasti akan diubah oleh energi oleh tubuh anda. Pada lambung serta usus, makanan tersebut diuraikan menjadi beberapa dasr elemen, khususnya jenis gula yaitu glukosa. Apabila terdapat gula, maka pancreas anda menghasilkan insulin. Insulin inilah yang akan berguna dalam mengalirkan gula ke dalam sel-sel tubuh.

Apabila sesorang tersebut mengalami penyakit diabetes, maka pankreas dari orang itu tidak bisa menghasilkan insulin secara wajar. Perlu anda ketahui bahwa insulin berguna dalam menyerap gula yang ada dalam makanan di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang membuat kadar gula menjadi semakin besar karena timbunan gula dari makanan yang tidak dapat diserap dengan baik dan dibakar untuk diubah menjadi asupan energy tubuh.

Insulin sendiri adalah suatu hormon yang dapat menghasilkan pankreas. Pankreas adalah sebuah organ yang terdapat di dalam tubuh dan terdapat di samping lambung. Hormon dalam insulin ini melekatkan dirinya pada reseptor yang terdapat dalam dinding sel tubuh. Insulin berguna dalam membuka reseptor pada dinding sel agar glukosa memasuki sel. Sel itu lalu mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh.

Insulin berguna juga dalam memnyalurkan gula ke dalam sel. Hal ini dapat diubah menjadi asupan energi. Apabila jumlah insulin kurang cukup, hal tersebut dapat berdampak pada penimbunan gula dalam darah yang mengakibatkan diabetes.

Faktor Penyebab Diabetes

penyakit diabetes melitusDiabetes atau biasa kita sebut sebagai kencing manis memiliki dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan karena masalah fungsi organ pankreas anda yang tidak dapat menghasilkan insulin. Akan tetapi diabetes tipe 2 disebabkan karena jumlah insulin yang ada dalam tubuh kurang.

Faktor penyebab diabetes yang paling signifikan adalah diantaranya sebagai berikut :

1. Keturunan

Apabila anda memiliki keturunan yang menderita penyakit diabetes, maka tidak ada yang tidak mungkin apabila ketika anda sudah berupaya menjaga pola makan dan hidup sehat, anda tetap terkena penyakit kencing manis ini.

2. Pola makan

Pola makan yang tidak sehat daoat membuat anda cepat terkena diabetes atau kencing manis. Perhatikan pola makan anda sendiri

3. Stres

Kurangi pikiran yang tidak penting yang menyebabkan anda stress berlebih, karena dampak stress mempengaruhi peningkatan kadar gula pada tubuh kita, hal ini terjadi karena stress akan menghambat metabolisme kita terutama dalam hal ini mengkonversi glukosa menjadi energi.

4. Gaya hidup yang tak sehat

Contoh gaya hidup tak sehat adalah meminum minuman keras, merokok, dan sering keluar malam serta mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung gula. Cobalah dengan mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks.

Efek Samping Penyakit Diabetes Neuropati Diabetes

penyakit neuropati diabetes dapat terjadi kapan sajaPenyakit diabetes juga dapat berdampak pada terjadinya penyakit sampingan seperti Neuropati Diabetes, yaitu penyempitan yang terjadi pada saraf terutama kaki.

Untuk menghindari ini ada produk yang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan dampak dari penyakit ini termasuk membantu melancarkan kembali pembuluh darah akibat kekentalan kadar gula dalam darah yang tentu meningkatkan faktor terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah terutama jantung.

cara mencegah diabetes dengan gravistro alami

Menggunakan produk Gravistro sebagai obat kardiovaskular yaitu penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti kolestrol, diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner & stroke iskemik dapat membantu proses penyembuhan penyakit neuropati diabetes.

Dikhususkan bagi anda yang mengalami atau khawatir dengan dampak diabetes yaitu neuropathy diabetic maka anda dapat mencoba produk Gravistro untuk membantu mencegah dan penyembuhannya sehingga rasa kesemutan, dan sakit pada kaki maupun bagian tubuh lain akibat diabetes. Klik gambar dibawah ini untuk masalah penyempitan pembuluh darah.

Gravistro obat jantung dan stroke

Cara Mencegah Diabetes Dengan Aktifitas

mencegah diabetes dengan cara yang benarDari penjelasan terkait diabetes di atas, sebaiknya kita dari dini mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit mematikan ini.

Perlu anda ketahui bahwa diabetes termasuk ke dalam golongan penyakit yang dapat membunuh manusia nomor 3 setelah jantung.

Berikut ini adalah poin cara mencegah diabetes :

  1. Mencari Tahu Penyebab Atau Tipe Penyakit Diabetes.
  2. Rutin Melakukan Olahraga.
  3. Mengurangi Makanan Yang Mengandung Lemak.
  4. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis.
  5. Perbanyak Konsumsi Sayur.
  6. Mengurangi Porsi Makan.
  7. Menjauhi Rasa Stress Yang Berlebihkan.
  8. Menurunkan Berat Badan Yang Berlebih.
  9. Selalu Sarapan Di Pagi Hari.
  10. Berhentilah Merokok.
  11. Jangan Biasakan Begadang.
  12. Perbanyak Konsumsi Air Putih.
  13. Perbanyak Konsumsi Makanan Alami.

Di bawah ini saya jabarkan bagaimana cara mencegah diabetes :

1. Mencari Tahu Penyebab Atau Tipe Penyakit Diabetes

gejala penyakit jantung koroner sesakCara mencegah diabetes yang pertama adalah mencari tahu apa saja apa saja penyebab penyakit diabetes. Anda dapat melihat referensinya di media cetak, media elektronik, dari rekan kerja bahkan anda bisa langsung konsultasi kepada dokter pribadi anda.

Setelah anda mencari tahu penyebab penyakit diabetes, anda dapat langsung menerapkan ke dalam kehidupan anda sendiri. Anda perlu mengetahui bagaimana pola makan dan gaya hidup yang dapat mencegah penyakit mematikan tersebut.

2. Rutin Melakukan Olahraga

berolah ragaSalah satu solusi untuk mencegah diabetes lainnya adalah dengan cara rutin melakukan aktifitas olahraga. Perlu anda ketahui bahwa olahraga merupakan hal yang berguna dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Dengan anda melakukan olahraga secara rutin akan membantu anda dalam menurunkan kadar gula di dalam darah.

Olahraga juga berperan aktif alam meningkatkan sensitiftas hormone insulin yang ada dalam tubuh. Anda dapat mencoba olahraga renang, bersepeda keliling kompleks, lari keliling lapangan 5x, lopat jauh, shut up, badminton, dll. Atau ketika anda tidak sempat olahraga, anda dapat melakukan olahraga kecil yaitu dengan menggerak-gerakkan tangan dan kaki dengan gerakan berayun.

3. Mengurangi Makanan yang Mengandung Kadar Lemak

obat jantung koroner, stroke dan hipertensiMencegah diabetes juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi makanan-makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Makanan berlemak adalah makanan yang dapat memperbesar kadar gula ataupun glukosa di dalam darah. Hal tersebut dapat membuat anda menderita penyakit kencing manis.
Jadi, untuk mencegah penyakit diabetes anda harus mengurangi makanan yang berlemak. Contohnya saja ayam potong, jerohan, sate kambing, junk food, dan masih banyak lainnya.

Apalagi ayam potong. Ketika kita membeli ayam potong di pasar, kita tidak tahu bahwa ayam tersebut sudah terindikasi suntikan obat lainnya yang dapat membuat ayam terlihat lebih gemuk. Apabila ayang potong yang terindikasi suntikan obat masih sering kita konsumsi, maka tidak heran lagi apabila anda akan lebih mudah terserang penyakit diabetes akut.

4. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

karbohidrat mengakibatkan jantung koronerAnda juga dapat mencegah diabetes dengan cara mengurangi makanan dan minuman manis. Perlu anda ketahui bahwa makanan dan minuman manis mengandung banyak sekali glukosa ataupun zat gula. Nah, zat gula ini yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes atau kencing manis. Jadi, untuk mencegah diabetes, kurangilah mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

Contoh makanan dan minuman manis adalah coklat, sirup, wafer, teh manis, kopi manis, secangkir jahe manis, manisan buah, dan masih banyak lainnya. Apabila anda suka mengkonsumsi makanan ini dan tidak ingin mengurangi, maka bersiaplah terkena penyakit kencing manis atau diabetes yang mematikan ini.

5. Perbanyak Konsumsi Sayur

mencegah penyakit jantung brokoliMencegah diabetes juga dapat dilakuakn dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran. Sayuran sangat dibutuhkan untuk asupan serat dalam tubuh. Orang yang tidak suka mengkonsumsi sayuran, dapat dilihat dari raut wajahnya yang cenderung pucat dan tangannya yang cenderung putih pasi.

Apabila anda penikmat daging dan lebih menghindari makan sayur-sayuran maka perlulah anda mengetahui hal ini, bahwa seseorang yang menderita diabetes biasanya orang yang jarang sekali mengkonsumsi sayuran dan lebih banyak mengkonsumsi daging. Sayuran yang sangat baik dikonsumsi adalah bayam, sayur singkong, labu, brokoli, wortel, tomat, dan masih banyak lainnya.

6. Mengurangi Porsi Makan

obat jantung koroner, stroke dan hipertensiCara selanjutnya dalam mencegah diabetes adalah dengan mengurangi porsi makan anda. Apabila anda memiliki porsi makan yang kelewat batas, anda harus segera menguranginya. Karena disamping dapat menyebabkan obesitas, kebanyakan porsi makan juga dapat memicu penyakit diabetes (kencing manis).
Perlu anda ketahui bahwa berat badan yang berlebih akan menimbulkan timbulnya penyakit yang dinamakan penyakit gula darah. Jadi, apabila anda tidak ingin terserang penyakit diabetes ini, maka anda wajib melakukan diet untuk mengurangi porsi makan anda. Apabila biasanya anda makan 5x sehari, anda dapat menguranginya dengan makan 3x sehari saja dengan menu 4 sehat 5 sempurna.

7. Jauhi Rasa Stres yang Berlebih

penyakit jantung koroner akibat stressMencegah diabetes juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi dan membuang jauh-jauh pikiran-pikiran yang menumpuk di otak. Pikiran-pikiran tersebut dapat menyebabkan anda stress dan membuat anda jauh dari hidup sehat.

Perlu anda ketahui bahwa stres yang berlebih dapat membuat meningkatnya kadar gula di dalam darah. Karena ketika anda terlalu stress, maka akan menekan rasa yang ada dalam pikiran-pikiran anda dan membuat dada anda terasa lebih sesak dan membuat otak anda penuh dengan pikiran-pikiran.

Sebaiknya, anda refreshing ke tempat-tempat bernuansa alam, misalnya pantai, mendaki gunung, pameran seni, tempat perbelanjaan, dll. Anda juga bisa mencoba melakukan senam yoga. Senam yoga sangat berguna dalam menjernihkan kembali pikiran anda dan membuat otak anda menjadi fresh kembali. Ketika otak anda kembali tidak penuh, maka kadar gula anda akan menurun.

8. Menurunkan Berat Badan yang Berlebih

pemicu penyakit jantung koronerMencegah diabetes juga dapat dilakukan dengan cara menurunkan berat badan anda menjadi beberapa kg. Berat badan yang berlebih atau bisa anda sebut sebagai obesitas merupakan salah satu faktor paling besar yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit kencing manis atau diabetes.

Anda dapat mengurangi berat badan anda menjadi beberapa kg dengan cara mengurangi porsi makan, olahraga yang rutin dan teratur, serta melakukan diet yang dirasa cukup sehat. Hal tersebut dirasa akan membantu dalam menurunkan berat badan anda.

9. Selalu Sarapan di Pagi Hari

mencegah penyakit jantung kedelaiSalah satu solusi lainnya dalam mencegah diabetes adalah dengan cara rutin melakukan sarapan di pagi hari. Menurut jurnal penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang, bahwa ketika orang tersebut melakukan rutinitas sarapan di pagi hari, mereka memiliki kadar gula dalam darah yang cenderung rendah, Dan sebaliknya mereka yang jarang sarapan di pagi hari kadar gulanya cenderung tinggi.

10. Berhentilah Merokok

penyakit jantung koroner akibat merokokMencegah diabetes lainnya adalah dengan cara berhenti merokok. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rokok adalah suatu hal yang sangat membahayakan bagi tubuh dalam jangka panjang. Tiap bungkus rokok selalu tercantum peringatan bahwa merokok akan menyebabkan serangan jantung, gangguan kehamilan, impotensi, dan janin.

Namun apakah anda tahu bahwa dengan merokok menjadi salah satu pemicu mempercepatnya penyakit diabetes? Rokok banyak mengandung gula yang akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Hal tersebut dapat meningkatkan peningkatan glukosa anda yang signifikan.

11. Jangan Biasakan Begadang

penyakit jantung dan stroke iskemikMencegah diabetes dapat dilakukan dengan cara jangan terlalu sering begadang. Meski banyak orang yang belum tahu bahwa begadang dapat menyebabkan anda lebih mudah terkena diabetes. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh anda akan mudah menurun apabila anda sering begadang di malam hari. Ketika daya tubuh menurun, mudah sekali penyakit untuk masuk ke dalam tubuh anda.

12. Perbanyak Konsumsi Air Putih

penyakit jantung koroner berbahayaCara jitu untuk mencegah diabetes lainnya adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Air putih adalah air yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, berbeda dengan mengkonsumsi minuman berwarna lainnya, seperti sirup atau teh manis yang mengandung banyak gula. Untuk menjaga kestabilan tubuh, perbanyaklah mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

13. Perbanyak Konsumsi Makanan Alami

serat makanan untuk jantungCara lain dalam mencegah diabetes adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan alami. Perlu diingat bahwa pola makan yang tidak sehat sebagai salah satu pemicu terindikasi penyakit diabetes. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak sayuran dan buah-buahan.

Anda juga dapat mencoba makanan pokok dengan mengganti nasi putih menjadi nasi jagung atau nasi dengan beras merah. Kedua makanan ini merupakan makanan yang rendah gula dan tergolong bagus dikonsumsi sehari-hari oleh anda dan keluarga yang sedang mencegah penyakit diabetes.

Makanan Alami Sebagai Salah Satu Cara Mencegah Diabetes

Nah, untuk lebih memeperjelas wawasan anda, berikut beberapa jenis makanan yang tergolong dapat mencegah diabetes atau kencing manis:

1. Terong

Untuk mencegah diabetes, anda sebaiknya sering mengkonsumsi sayur terong. Alangkah baiknya apabila ketika anda memasak terong, anda sekalian memasukkan kulit dari terong tersebut. Kulit terong mengandung anthocyanin yang merupakan senyawa anti oksidan yang berguna dalam menurunkan resiko diabetes.

2. Jahe

Untuk mencegah diabetes, makanan yang bisa anda konsumsi selanjutnya adalah jahe. Jahe merupakan salah satu apotik hidup yang memiliki kegunaan dalam mencegah diabetes. Hal ini disebabkan jahe mampu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh anda. Apabila insulin tinggi, maka peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat segera dikurangi.

3. Buah Apel

Untuk mencegah diabetes, anda juga dapat mengkonsumsi buah apel dengan porsi yang banyak. Pada buah apel ada 20 % serat yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Serat sendiri dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Apabila anda mengkonsumsi 1 buah apel setiap harinya, anda dapat menurunkan resiko penyakit diabetes atau penyakit kencing manis.

4. Ikan Salmon

Makanan untuk mencegah diabetes lainnya adalah ikan salmon. Perlu anda ketahui bahwa ikan salmon mengandung omega 3. Omega 3 berperan aktif dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Namun bukan hanya ikan salmon yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Contoh lainnya adalahikan tuna, dan makare yang juga mengandung banyak omega 3.

5. Yoghurt Rendah Lemak

Makanan lainnya yang digunakan untuk mencegah diabetes adalah dengan mengkonsumsi yoghurt rendah lemak. Yoghurt dengan kadar lemak yang rendah mengandung vitamin D dan kalsium yang berperan dalam mencegah dan menurunkan resiko diabetes. Di dalamnya juga terdapat zat protein yang dapat membuat dan menjaga berat badan anda tetap seimbang.

6. Selai Coklat (Dark Chocolate)

Untuk mencegah diabetes anda juga dapat mengkonsumsi selai coklat. Selai coklat adalah selai yang terbuat dari bahan dasar 95% coklat. Selai kacang/selai coklat mengandung banyak protein dan lemak tak jenuh tunggal. Zat tersebut dapat mencegah peningkatan signifikan gula darah yang disebabkan akan membuat anda kenyang lebih tahan lama. Hal itu membuat resiko diabetespun semakin menurun.

7. Beras Coklat

Anda dapat sering mengkonsumsi beras coklat apabila ingin mencegah diabetes. Beras coklat adalah beras yang terbuat dari bahan dasar coklat. Beras coklat ini sangat bagus digunakan untuk pencegahan diabetes karena beras coklat tidak diproses panjang. Hal itu membuat beras coklat banyak akan kandungan serat, vitamin B, serta antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh anda.

 

Summary
Cara Mencegah Diabetes Melitus Termasuk Efek Neuropathy Diabetes
Article Name
Cara Mencegah Diabetes Melitus Termasuk Efek Neuropathy Diabetes
Description
Perlu anda ketahui bahwa diabetes termasuk ke dalam golongan penyakit yang dapat membunuh manusia nomor 3 setelah jantung, ketahuilah cara mencegah diabetes untuk dapat terhindar dari penyakit mematikan ini.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini