cara menurunkan kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

cara menurunkan kolestrol dengan cepatCara Menurunkan Kolesterol – Kolesterol merupakan lemak yang dapat diproduksi oleh hati atau diperoleh dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya seperti daging, seafood, susu, kuning terul, dan makanan-makanan berlemak lain.

Manfaat Kolesterol Bagi Tubuh

Kolesterol dalam keadaan normal sangat dibutuhkan oleh tubuh karena pada dasarnya kolesterol membantu beberapa proses dalam perkembangan tubuh dan kesehatan seperti :

  • Pembuatan atau pembentukan hormon
  • Membantu penyerapan lemak tubuh sebagai sumber energi cadangan.
  • Pembentukan sel – sel pada otak.
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Membantu proses produksi vitamin D alami
  • Mengurangi gejala aterosklerosis (kakunya pembuluh darah)
  • Mencegah terjadinya pembekuan darah
  • Melancarkan metabolisme tubuh
  • Memiliki peran dalam menjaga keseimbangan garam yang ada di tubuh
  • Memperkuat membran sel
  • Berkontribusi untuk membangun kekebalan tubuh
  • Membantu proses biokimia yang berlangsung di dalam tubuh
  • Membantu proses pencernaan di usus kecil
  • Menjaga pembuluh darah arteri agar peredaran darah juga lancar
  • dan masih banyak lagi manfaat kolesterol bagi tubuh.

Tetapi hal ini akan berubah seketika ketikakolesterol LDL di tubuh kita justru terlalu tinggi (Rujukan jumlah Kolesterol : Kolesterol LDL dibawah <100 dan HDL diatas >40) karena hal tersebut bisa menyebabkan penyakit – penyakit dalam tubuh kita salah satunya adalah membentuk penyumbatan sehingga mengganggu kelancaran peredaran darah bahkan menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke iskemik.

Cara Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Sebelumnya kita telah mengetahui tentang apa saja faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh. Secara garis besar cara tersebut adalah :

  • Memperkaya konsumsi makanan berserat.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Melakukan diet rendah lemak secara berkesinambungan.
  • Memperbaiki pola dan gaya hidup yang lebih sehat.
  • Ganti camilan manis anda dengan kacang.
  • Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung HDL Tinggi.

Berikutnya kita akan mengulas tentang cara menurunkan kolesterol tinggi. Untuk lebih jelasnya, lihatlah pemaparannya :

1. Memperkaya Konsumsi Makanan Yang Berserat.

cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan berseratCara menurunkan kolesterol yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Sebagaimana pendapat yang dikemukakan oleh Dr. Pearson bahwasannya mengkonsumsi makanan kaya akan serat detiap harinya bisa menurunkan 5% kadar LDL.

Anda dapat memperoleh makanan berserat dari buah, kacang, atau sayur misalnya oatmeal, jagung, tomat, buah mangga, buah pir, buah alpukat, buah apel, kacang almond, kacang hitam, beras merah, dan lain-lain. Setiap harinya orang dewasa membutuhkan serat sebanyak 25 gr – 35 gr.

2. Melakukan Olahraga Secara Rutin.

cara menurunkan kolesterol dengan berolahragaCara menurunkan kolesterol yang kedua adalah dengan melakukan olahraga rutin. Dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi sehat, kuat, dan bisa juga untuk menjaga berat badan agar tidak terjadi obesitas.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan berolahraga secara teratur, kolesterol baik atau kolesterol HDL di dalam tubuh akan meningkat sehingga resiko terserang penyakit jantung atau stroke yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi bisa berkurang sebesar 25%.

3. Melakukan Diet Rendah Lemak.

cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan rendah lemakCara menurunkan kolesterol yang ketiga adalah dengan melakukan diet rendah lemak. Apabila Anda ingin melakukan diet rendah lemak hindari mengkonsumsi daging merah dan juga kentang goreng.

Gantilah makanan tersebut dengan makanan yang lebih seat dan rendah lemak seperti ikan dan juga sayuran. Langkah ini juga bisa menghindari Anda dari kegemukan atau obesitas sentral. Seandainya Anda melakukan diet rendah lemak setiap harinya secara konsisten, 20% kadar kolesterol dalam darah bisa di turunkan.

4. Memperbaiki Pola Dan Gaya Hidup Yang Sehat.

cara menurunkan kolesterol dengan merubah pola hidupCara menurunkan kolesterol yang keempat yakni memperbaiki pola makan dan pola hidup. Untuk memperbaiki pola makan Anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berupa sayuran dan buah-buahan dalam seharinya membutuhkan 5 porsi sampai 9 porsi.

Pada buah dan sayuran mengandung antioksidan tinggi sehingga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sedangkan cara melakukan pola hidup sehat diantaranya adalah dengan melakukan olahraga, berhenti merokok, berhenti mengkonsumsi alkohol, dan juga istirahat cukup.

Jika memang Anda ingin membasmi kolesterol jahat atau kolesterol LDL di tubuh, maka Anda harus segera merubah pola makan dan pola hidup Anda menjadi lebih sehat lagi. Karena kedua komponen di atas saling berkaitan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.

5. Ganti Camilan Manis Anda Dengan Kacang.

cara menurunkan kolesterol dengan kacang-kacanganBagi Anda yang suka ngemil tetapi kadar kolesterol tubuh tinggi, cobalah untuk mengganti camilan Anda dengan camilan sehat seperti kacang-kacangan. Ada beberapa jenis kacang yang bisa menurunkan kolesterol jahat, di antaranya adalah kacang walnut, kacang kenari, kacang almond, kacang tanah, kacang pinus, pistachio, kacang pecan, dan kacang halzenut.

Karena di dalam kacang tersebut mengandung omega-3 dan antioksidan yang memiliki peran untuk menyembuhkan kerusakan arteri disebabkan oleh lemak jenuh.

6. Tingkatkan Konsumsi Makanan Yang Mengandung HDL Tinggi.

ikan dapat digunakan sebagai makanan penurun kolesterolJika anda belum memahami apa itu HDL (High Density Lipoprotein), anda bisa membacanya tentang jenis kolesterol. Secara singkat, HDL adalah jenis kolesterol yang baik untuk tubuh yang dapat menghambat pertumbuhan kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung HDL seperti ikan salmon, suplemen asam lemak Omega 3 dan beberapa produk makanan sehat lainnya yang mengandung HDL tinggi untuk menghambat pertumbuhan kolesterol LDL dan mencegah terjadinya penyumbatan plak pada pembuluh darah.

Kali ini kita sudah belajar bersama tentang apa saja faktor yang mempengaruhi peningkatan kadar kolesterol LDL tubuh serta bagaimana cara menurunkan kolesterol di tubuh kita. Semoga informasi yang penulis berikan di kesempatan ini bisa menambah wawasan anda serta bisa dijadikan sebagai bahan rujukan.

Faktor Pemicu Naiknya Kolesterol Dalam Darah

Jika kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) kita melebihi batas normal maka kita harus berusaha untuk menurunkannya agar terhindar dari penyumbatan pembuluh darah. Lalu bagaimanakah cara menurunkan kolesterol LDL tinggi?

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menurunkan kolesterol, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menyebabkan kolesterol di tubuh menjadi tinggi atau diatas normal.

Cara Mengkonsumsi Makanan

cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan rendah lemakKonsumsi makanan sehari-hari merupakan salah satu pemicu tingginya kadar kolesterol tubuh. Sebab di dalam makanan yang kita makan setiap harinya, kadar kolesterolnya cukup tinggi hingga melebihi 240 mg. Makanan yang mengandung kolesterol LDL cukup tinggi bisa berupa keju, mentega, susu, kuning telur, daging, makanan tersebut mengandung apa yang dinamakan lemak jenuh sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam tubuh kita.

Padahal kita sudah tahu bahwa organ tubuh yaitu hati, bisa memproduksi kolesterol sendiri dan hampir 80% asupan kolesterol yang dibutuhkan tubuh terpenuhi secara alami. Tentu cara yang paling sederhana untuk menurunkan kolesterol adalah menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Kurang Melakukan Olahraga

cara menurunkan kolesterol dengan berolahragaFaktor kedua yang mempengaruhi kadar kolesterol tinggi adalah kurangnya berolahraga. Dengan berolahraga, kekebalan tubuh akan meningkat dan lemak dan kolesterol LDL yang ada di tubuh dapat berkurang karena proses perubahan lemak menjadi energi didalam tubuh terjadi. Biasanya orang yang disibukkan dengan hal-hal yang sedikit melakukan aktivitas seperti teller di bank, editor, pengelola blog, dan lain sebagainya sangat beresiko terkena penyakit kolesterol. Namun jika keseharian Anda disibukkan dengan berbagai macam aktivitas yang menguras energi, itu bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti olahraga. Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah dengan memperbanyak olahraga.

Konsumsi Alkohol Berlebihan

cara menurunkan kolesterol dengan berhenti minum alkoholMengkonsumsi alkohol setiap harinya di atas batas normal bisa meningkatkan kadar trigliserida. Trigliserida merupakan jenis kolesterol di tubuh selain LDL (Low Dinsity Lipoprotein) dan HDL (High Dinsity Lipoprotein). Dengan meningkatnya kadar trigliserida bisa berakibat pada peningkatan kolesterol tubuh yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Tentu saja cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengurangi konsumsi alcohol.

Berat Badan Berlebih Atau Obesitas

cara menurunkan kolesterol dengan menurunkan berat badanOrang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, lebih beresiko terkena berbagai macam penyakit karena kadar kolesterol jahat di tubuhnya lebihbesar dibandingkan kadar kolesterol baiknya. Kolesterol jahat disebut juga dengan nama kolesterol LDL, sedangkan kolesterol baik dinamakan kolesterol HDL. Kalau saat ini Anda kelebihan dalam berat badan, sebaiknya mencoba mengurangi berat badan Anda dengan cara diet dan olahraga teratur.

Kebiasaan Merokok

cara menurunkan kolesterol dengan berhenti merokokTidak hanya orang-orang yang mengkonsumsi alkohol saja, namun merokok pun juga bisa ikut andil untuk meningkatkan kolesterol tubuh. Karena rokok mengandung zat kimia berbahaya yaitu akrolein yang dapat menghambat kolesterol baik atau kolesterol HDL sehingga mampu menyebabkan ttingginya kolesteriol jahat di tubuh atau kolesterol LDL. Andaikan kolesterol LDL tinggi dibandingkan kolesterol HDL, akan terjadi penumpukan lemak di hati sehingga hati tidak bisa bekerja secara maksimal.

Konsumsi Obat-obatan Kimia

cara menurunkan kolesterol dengan tidak mengkonsumsi obat kimiaAdapun obat-obatan yang bisa menyebabkan tingginya kolesterol tubuh diantaranya adalah estrogen, thiazide, dan beta – blocker.

Usia Yang Semakin Bertambah

usia bertambah cenderung memiliki kolesterol yang tinggiKolesterol di dalam tubuh mulai mengalami peningkatan ketika berusia 20 tahun ke atas. Seiring dengan bertambahnya usia, semakin beresiko pula penyakit kolesterol menghantui kita. Oleh sebab itu, perlunya menjaga kolesterol tubuh agar stabil supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Keturunan Atau Faktor Genetik

kolesterol disebabkan karena faktor keturunan genetikPenyakit kolesterol bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Andaikata di keluarga Anda ada yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, Anda wajib untuk waspada dan berhati-hati.

Summary
Cara Menurunkan Kolesterol | Bagaimana Menurunkan Kadar Kolesterol LDL?
Article Name
Cara Menurunkan Kolesterol | Bagaimana Menurunkan Kadar Kolesterol LDL?
Description
Kita akan mengulas tentang cara menurunkan kolesterol tinggi, yaitu memperkaya makanan yang berserat, olahraga secara rutin melakukan diet rendah lemak LDL.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Artikel Lain
Serangan Jantung – Tips & Cara Mengobat... Serangan Jantung - Tips Mencegah Dan Mengobati  Serangan Jantung - Jantung merupakan sebuah organ tubuh yang memiliki fungsi amat penting bagi kelang...
Cara Mencegah Diabetes Cara Mencegah Diabetes Sebelum Terlambat Diabetes adalah salah satu penyakit yang tergolong mematikan. Diabetes mellitus dalam bahas Yunani memiliki ...
Penyumbatan Pembuluh Darah Penyumbatan Pembuluh Darah (Blood Clot) Atherosklerosis - Penyumbatan pembuluh darah atau yang biasanya disebut plak penyumbatan / thrombus atau bloo...
Operasi Pasang Ring Jantung Operasi Pasang Ring Jantung Operasi Pasang Ring Jantung adalah suatu prosedur tindakan kateterisasi yang disertai pelebaran pembuluh darah yang menga...