ciri-ciri penyakit jantung yang harus anda waspadai

Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

Ciri-Ciri Penyakit Jantung – Kenali Sebelum Terlambat Bagi Anda

ciri - ciri penyakit jantung pada usia tuaCiri-Ciri Penyakit Jantung – Di zaman modern ini, setiap orang dipastikan akan selalu disibukkan dengan aktivitas sehari-hari yang mana hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pola hidup masing-masing individu. Seseorang dengan pola hidup yang kurang baik seperti kurangnya olah raga, makan makanan yang tidak sehat serta pola tidur yang tidak teratur dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Pengkonsumsian beberapa makanan yang mengandung kolesterol maupun lemak jenuh seperti telur, keripik maupun makanan manis merupakan awal dari seseorang akan terserang penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar kolesterol maupun lemak yang ada di dalam tubuh ketika tidak diikuti dengan aktivitas olah raga.

Oleh karena itu, keseimbangan dalam pola hidup serta mengenali ciri-ciri penyakit jantung merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan sejak dini supaya seseorang terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Yang perlu anda ketahui, terdapat beberapa macam cara untuk mencegah penyakit jantung. Apabila anda merasa sudah ada beberapa tanda- tanda penyakit jantung yang anda rasakan maka akan lebih baik jika anda segera berkonsultasi kepada dokter agar bisa di obati dan mencegah terjadinya resiko penyakit jantung.

Mungkin ada di antara anda yang belum mengenal dengan jelas ciri-ciri penyakit jantung secara umum, maka dari itu pada uraian ini anda akan dapat menjumpai beberapa ciri dari gejala penyakit jantung yang biasa dijumpai.

Beberapa orang mungkin belum memiliki cukup pengetahuan tentang masalah ini jantung. Jika anda adalah salah satu di antara beberapa orang tersebut, mungkin pemaparan di bawah ini dapat membantu anda.

Pandangan Organisasi Kesehatan Terhadap Penyakit Jantung

ciri ciri penyakit jantung yang dapat terjadi pada kitaMenurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit yang disebabkan karena ketidakmampuan jantung untuk memompa darah (oksigen) keseluruh tubuh ini merupakan penyakit yang menduduki peringkat utama sebagai faktor penyebab kematian di dunia. Dilansir dari data yang diperoleh dari WHO (2015) disebutkan bahwa sekitar 34,3% atau setara dengan 20 juta jiwa telah meninggal karena penyakit yang mematikan ini yaitu penyakit jantung koroner.

Peningkatan jumlah kematian ini diperkirakan akan meningkat secara drastis di tahun 2030 yang menyatakan bahwa sekitar 23,6 juta jiwa akan meninggal karena penyakit kardiovaskular ini. Dengan adanya hal ini, maka diharuskan bagi setiap individu untuk mengetahui ciri-ciri penyakit jantung sehingga secara tidak langsung hal ini bisa menekan jumlah angka kematian di dunia ini.

ciri-ciri penyakit jantung koroner dengan tingkat kematian tertinggiDi Indonesia, penyakit jantung juga dianggap sebagai penyakit yang mematikan karena gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia yang serba instan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) menyebutkan bahwa di tahun 2007, sekitar 59,5% masyarakat Indonesia mengalami kematian karena penyakit jantung. Menurutnya, penyebab kematian ini adalah kurangnya aktifitas fisik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sehingga sistem jantung dan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh menjadi melemah.

Dari data yang ada, sekitar 48,2% masyarakat Indonesia kurang melakukan aktifitas fisik, sehingga hal ini dapat memicu penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh karena tidak ada proses pembakaran lemak. Penyebab seperti inilah yang merupakan awal dari munculnya gejala penyakit jantung yang ada di Indonesia.

Ciri-ciri Penyakit Jantung Yang Dapat Dirasakan Sejak Awal

ciri-ciri penyakit jantung yang harus pertimbangakanSeperti penyakit lainnya, sakit jantung juga memiliki gejala serta tanda awal. Namun, terkadang beberapa orang menganggap bahwa gejala atau tanda yang terlihat seperti tanda penyakit biasa. Sehingga cenderung meremehkan dan menganggapnya sepele.

Ciri-ciri penyakit jantung memang umumnya hampir menyerupai seperti sebuah sakit ringan, tetapi berbekal pengetahuan yang anda miliki akan lebih baik jika anda mengenal apa saja tanda penyakit jantung anda dan segera mengantisipasinya.

Mengingat bahaya penyakit jantung yang merupakan pemicu utama kematian di Indonesia maupun di dunia, sudah selayaknya masyarakat berusaha mengubah pola hidup ataupun kebiasaan buruk dalam kehidupan mereka. Kesadaran untuk mengenal lebih jauh tentang gejala penyakit jantung juga perlu ditingkatkan dengan harapan bisa mengantisipasi terjadinya hal yang lebih parah di masa yang akan datang.

Berikut ini disajikan beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diperhatikan :

1. Sakit pada Bagian Kepala.

sakit kepala adalah ciri-ciri penyakit jantung Ciri-ciri penyakit jantung yang pertama adalah gejala sakit kepala yang dialami oleh seseorang karena paparan sinar matahari yang mana hal ini bisa menjadi pemicu awal seseorang terkena penyakit jantung. Gangguan seperti ini dikarenakan sinar matahari yang menyengat kepala memberikan pengaruh terhadap detak jantung seseorang. Dalam hal ini, frekuensi detak jantung akan berubah menjadi lemah atau cepat yang kemudian berlanjut menjadi sakit kepala migrain. Menurut American Academy of Neurology, sakit kepala yang terjadi pada penderita jantung disebabkan oleh penyimpangan sirkulasi darah.  

Gejala ini paling sering dirasakan dan muncul pada orang yang terkena sakit jantung. Umumnya, napas mereka tidak stabil dan bisa sampai benar-benar sesak napas. Apabila anda merasa mengalami ciri-ciri penyakit jantung berikut, segeralah pergi ke dokter untuk di periksa dan berkonsultasi. Jika anda beresiko terkena sakit jantung, maka dalam organ paru-paru anda terkadang akan ada cairan yang masuk sehingga memungkinkan anda mengalami sesak napas. Hal ini akan terjadi dikala anda sedang tidur terlelap ataupun saat beristirahat.

2. Nyeri Pada Bagian Dada Sampai Tulang Punggung.

nyeri dada adalah ciri-ciri penyakit jantung Rasa nyeri di dada sampai ke tulang punggu juga dapat diindikasikan sebagai ciri-ciri penyakit jantung pada seseorang, meskipun hal ini juga bisa menjadi pertanda penyakit lain. Pada penderita penyakit jantung, nyeri di dada dikarenakan adanya penyumbatan di arteri yang pada jangka lama akan menyebabkan si penderita menjadi lemah ataupun mati rasa.

Nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit jantung tidak hanya terasa pada dada sebelah kiri. Ketika bagian jantung yang mengalami kerusakan ada pada bagian kanan, maka nyeri yang dirasa terdapat pada sisi dada kanan, sedangkan apabila kerusakan terdapat pada jaringan jantung sebelah belakang, maka nyeri yang dirasakan terletak pada punggung penderita jantung.

Demikian juga ketika kerusakan jantung terdapat pada bagian bawah jantung, maka nyeri yang dirasakan ada pada bagian ulu hati layaknya orang terserang penyakit maag. Sensasi nyeri pada dada yang merupakan ciri-ciri penyakit jantung pada dasarnya bersifat tumpul layaknya sensasi nyeri dada karena tertindih benda berat ataupun sesak berat.  

3. Denyut Jantung Tidak Teratur.

denyut jantung tidak normal adalah ciri-ciri penyakit jantung koronerDenyut jantung yang tidak teratur dapat dikatakan sebagai ciri-ciri penyakit jantung yang sudah kronis. Hal ini disebabkan karena penebalan otot pada katup jantung sehingga katup jantung tidak dapat menjaga aliran darah untuk mengalir dengan benar serta tidak dapat mencegah aliran balik darah antar ruang jantung.

Penebalan ini juga bisa mengakibatkan penyempitan pada katup jantung yang selanjutnya dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran. Dengan kata lain, gejala seperti ini dapat dikatakan sebagai awal terjadinya penyakit jantung koroner.  

4. Sakit Pada Bagian Tubuh Tertentu.

sakit pada bagian tubuh adalah ciri-ciri penyakit jantung Seorang penderita penyakit jantung juga akan merasakan ciri-ciri penyakit jantung lain seperti rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Pada seorang wanita, rasa sakit ini terletak pada tangan kanan dan lengan kiri sedangkan pada seorang pria, rasa sakit ini terdapat pada lengan kirinya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan akan adanya rasa nyeri yang terdapat pada anggota tubuh lain seperti pada bahu, leher, siku punggung, perut bahkan terkadang sampai pada tenggorokan yang mana rasa sakit ini akan hilang dengan sendirinya.

Jika rasa sakit yang sedemikian rupa ini adalah indikasi sebagai ciri-ciri penyakit jantung, maka hal ini bisa disebabkan karena penyumbatan pada arteri karena jantung mengalami gangguan sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar.

5. Mudah Merasa Lelah Ketika Beraktifitas.

mudah merasa lelah saat beraktifitas kemungkinan penyakit jantung koronerGejala awal yang merupakan dari penyakit jantung adalah kondisi seseorang yang merasa mudah lelah. Hal ini dikarenakan pasokan darah ke dalam tubuh tidak berjalan dengan normal yang akan berujung pada gangguan kinerja jantung. Ciri-ciri penyakit jantung yang didapat dari perasaan mudah lelah ini dapat dikenali dengan mudah ketika seseorang merasa lelah setelah bangun tidur padahal belum melakukan aktivitas tertentu.

Ketika seseorang mendapati dirinya pada kondisi seperti ini, alangkah baiknya pemeriksaan ke dokter harus segera dilakukan untuk mengetahui penyebab rasa lelah tersebut.  Namun, ciri-ciri penyakit jantung ini dapat anda antisipasi dengan melakukan beberapa olahraga ringan, menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol serta sebisa mungkin hindari merasa setres atau tertekan.

6. Sesak Nafas.

sesak nafas adalah ciri-ciri penyakit jantung Sama halnya dengan ciri-ciri penyakit jantung lainnya, sesak nafas pada seorang calon penderita penyakit jantung akan hadir sebelum seseorang divonis mengidap penyakit jantung oleh dokter.

Sesak nafas ini terjadi karena adanya penebalan pada pembuluh darah yang mendistribusikan darah keseluruh tubuh yang berakibat pada ketidakteraturan detak jantung, penebalan pada otot jantung serta kelainan pada katup jantung.

Sesak nafas yang terdapat pada penderita penyakit jantung terjadi ketika munculnya perasaan tercekik yang berlangsung kurang lebih selama 20 menit yang disertai dengan munculnya keringat dingin, jantung berdebar-debar bahkan terkadang penderita juga mengalami pingsan.

Ketika kondisi semakin memburuk, maka seseorang akan mengalami sesak nafas ketika melakukan aktivitas ringan ataupun pada saat tidak melakukan aktifitas apapun atau sedang dalam kondisi istirahat.

7. Sering Merasa Mual.

merasa mual adalah ciri-ciri penyakit jantung Perasaan mual yang dialami oleh seseorang dapat diindikasikan sebagai gejala awal penyakit jantung yang mana hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian perut yang ditandai dengan berkurangnya nafsu makan. Jika gejala fisik yang dialami oleh penderita terus dibiarkan, maka hal ini akan menimbulkan penyakit lain juga.

Kondisi ini dikarenakan adanya penyumbatan pada arteri jantung yang akan menimbulkan pengurangan pasokan darah ke jantung dan gejala seperti ini biasanya terjadi pada perut. Hal seperti ini bisa dianggap sebagai ciri-ciri penyakit jantung yang perlu mendapatkan penanganan dari pihak dokter untuk mengetahui jenis penyakit apa yang diderita oleh orang tersebut.

8. Rasa Cemas Disertai Debar Jantung Berlebihan.

rasa cemas akibat gejala penyakit jantungCiri – ciri penyakit jantung yang lainnya adalah perasaan cemas yang berlebihan. Pada dasarnya, seseorang yang terserang penyakit jantung akan mengalami kecemasan yang disebabkan karena gangguan mental ataupun psikis terhadap kematian yang mengintainya.

Ketika jantung mengalami masalah, maka kecemasan dapat terjadi pada diri seseorang dan terkadang perasaan cemas yang berlebihan inilah yang memicu seseorang terkena serangan jantung. Rasa cemas yang berlebihan ini disebabkan karena kelebihan hormon cortisol yang diproduksi oleh tubuh sehingga pembuluh darah menjadi kaku.

9. Pembengkakan Pada Jantung.

pembengkakan jantung perlu diwaspadai sebagai tanda penyakit jantungPembengkakan merupakan ciri-ciri penyakit jantung pada stadium berikutnya yang mana pembengkakan seperti ini merupakan pertanda kelainan pada katup jantung yang disebabkan karena penumpukan cairan di dalam tubuh.

Bagian tubuh yang juga mengalami pembengkakan adalah pergelangan kaki dan perut. Kelainan ini terjadi karena pompa jantung tidak mampu mensuplai darah ke seluruh tubuh serta anggota gerak lainnya sehingga kebutuhan darah serta oksigen tidak tercukupi.

Dengan adanya pembengkakan ini, maka berat badan seorang penderita penyakit jantung itu akan meningkat yang disertai dengan pengurangan nafsu makan. 

10. Keluar Keringat Dingin.

keluar keringat dingin salah satu gejala penyakit jantungSebagian besar orang mungkin kurang menyadari akan hal ini yang mana ditandai dengan munculnya keringat tanpa melakukan suatu pekerjaan. Seringkali seseorang yang mengalami penyakit jantung akan mengeluarkan keringat dingin pada anggota tubuh tertentu seperti pada telapak tangan maupun telapak kaki.

Pertanda seperti ini perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri penyakit jantung yang mengarah pada gagal jantung dan alangkah baiknya, segera bawa penderita ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya keringat dingin ini.

11. Pusing Hingga Pingsan.

pusing dan sakit kepala akibat penyakit jantungMungkin pusing dan pingsan merupakan suatu hal yang wajar terjadi, tetapi apabila intensitas kejadiannya terlalu sering bukankah itu sudah tak wajar lagi? jika anda merasakan ciri-ciri penyakit jantung berupa pusing dan pingsan yang memiliki frekuensi yang cukup sering dan berkepanjangan maka ada baiknya anda segera mengatasinya.

Umumnya pusing dan pingsan yang di alami penderita jantung terjadi karena otot jantung tidak bekerja secara maksimal, sehingga kebutuhan darah tidak mengalir secara teratur dan optimal sampai ke otak.

12. Sering Mengalami Nyeri.

palpitasi atau debar jantung tidak terkendaliJika anda sering merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu, maka periksakanlah kesehatan jantung anda segera. Nyeri pada orang yang sakit jantung terjadi karena adanya kendala akan suplai darah yang hendak di alirkan ke beberapa titik bagian tubuh sehingga bagian tubuh yang tidak mendapatkan suplai darah secara optimal tersebut akan mengalami kram hingga rasa nyeri.

13. Palpitasi / Jantung Berdebar Tidak Terkendali.

kondisi pasien operasi pasang ring jantungCiri-ciri penyakit jantung berupa palpitasi ini ialah dimana jantung sering berdebar-debar tidak terkendali. Wajarnya palpitasi ini terjadi saat anda sedang melakukan aktivitas olahraga atau saat merasa kelelahan.

Tetapi jika anda merasakan gejala ini tanpa ada sebabnya dan dengan frekuensi yang cukup sering, maka bisa jadi ini adalah tanda-tanda penyakit jantung dan anda harus segera menanganinya dengan pergi ke ahli medis.

Dengan adanya penjelasan tentang berbagai ciri-ciri penyakit jantung yang telah dipaparkan, diharapkan anda akan lebih peduli dan waspada terhadap gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mematikan ini. Perubahan pola hidup yang lebih sehat, mengurangi kebiasaan merokok, membiasakan diri untuk olah raga serta menjaga pola makan merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Ketika seseorang mendapati dirinya berada pada garis keturunan keluarga yang memiliki tanda-tanda penyakit jantung maupun telah mengidap penyakit jantung, maka meminimalisir gejala penyakit jantung sangat penting dengan mengetahui sejak dini serta cara penanganannya.

Penyebab Penyakit Jantung Secara Umum

Sakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Setelah anda mengenali ciri-ciri penyakit jantung ada baiknya jika andapun mengenali penyebabnya agar anda dapat mencegah adanya penyakit jantung. Berikut penyebabnya :

Gaya hidup dan pola makan yang buruk

obat jantung koroner, stroke dan hipertensiHal inilah yang sebenarnya mendasari adanya resiko sakit jantung. Terkadang orang tidak sadar bahwa gaya hidup dan pola makan yang mereka terapkan sangat buruk hingga berdampak pada kesehatan organ tubuh mereka sendiri. Gaya hidup yang salah ialah dengan menerapkan kebiasaan merokok, kurang berolahraga serta mengacuhkan mengkonsumsi air putih. Pasalnya perokok memiliki resiko paling tinggi mengidap penyakit jntung, hal ini diakibatkan oleh zat-zat kimia yang ada dalam rokok akan mengakibatkan darah menggumpal dan menimbulkan jantung untuk bekerja lebih ekstra.

Senyawa kimia pada rokok juga akan mengakibatkan penyempitan pada pembuluh arteri. Sedangkan untuk pola makan yang tidak baik berupa kurang mengkonsumsi sayur dan buah, terlalu banyak mengkonsumsi soft drink, makanan cepat saji dan makanan berlemak juga dapat memicu seseorang terkena sakit jantung. Jadi sebaiknya mulai hindari kebiasaan tersebut.

Faktor Keturunan Pola Makan

Pola makan pasca operasi jantungSebenarnya saya kurang setuju dengan faktor keturunan penyakit jantung berhubungan dengan gen walaupun secara nyata memang terjadi dimana kakek, ayah dan anak mengalami hal yang sama yaitu penyakit jantung namun saya lebih melihat kedalam bahwa faktor keturunan ini lebih banyak disebabkan oleh faktor “Keturunan Pola Makan & Gaya Hidup” seperti pada poin diatas.

Bagi anda yang merasa bahwa penyakit jantung yang anda alami diakibatkan karena kodrat keturunan gen, maka cobalah untuk melihat kembali apakah mungkin saja faktor keturunan tersebut bukan karena gen melainkan pola makan turun temurun, saya ibaratkan jika ayah makan es krim di malam hari tidaklah mungkin anak hanya termenung sambil melihat sang ayah menikmati eskrim, cukup masuk akal bukan ? Mulai sekarang cobalah untuk mengubah pola makan keluarga.

Kolesterol Tinggi

gejala-kolesterol-1Kolesterol tinggi dapat disebabkan karena beberapa hal, selain karena faktor stress yang juga mempengaruhi dimana metabolisme tidak bekerja maksimla membakar kalori sehingga menjadi timbunan lemak dan kolesterol dalam darah tetapi kebanyakan disebabkan karena makanan yang di konsumsi dan kurang nya kita berolahraga. LDL kolesterol jahat dapat menimbulkan plak pada arteri dimana terjadi pengikatan antara fibrin dan kolesterol serta kalsium yang akhirnya membantuk sumbatan pada dinding – dinding pembuluh darah anda.

Darah Tinggi Atau Hipertensi

penyempitan pembuluh darah meningkatkan resiko penyakit jantungJika anda memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi itu artinya mulai sekarang anda harus berhati-hati dan mengontrol tekanan darah anda. Karena orang yang memiliki hipertensi memiliki resiko terkena sakit jantung, hal ini dikarenakan hipertensi mengakibatkan kinerja jantung berkerja lebih keras daripada biasanya. Hipertensi ini umumnya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi garam atau karena sudah keturunan.

Mengalami Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

kegemukan menyebabkan penyakit jantung atasi dengan gravistroSebenarnya ini juga berbicara masalah kolesterol dan lemak dalam tubuh sebagai pembentuk plak penyumbatan pada penderita penyakit jantung koroner, jagalah berat badan anda, jangan terlalu gemuk. Karena obesitas dapat membuat seseorang mengalami sakit jantung.

Tumpukan lemak yang ada dalam tubuh anda akan memicu terjadinya penyakit mematikan ini. Idealkan berat badan anda apabila saat ini anda sedang dalam keadaan obesitas. Hilangkan lemak-lemak di tubuh anda dengan media olahraga serta pembenahan pola makan dan gaya hidup, batasi mengkonsumsi junk food dan soft drink yang banyak mengandung gula, lemak jenuh dan kolesterol.

Pentingnya Mengenali Ciri-ciri Penyakit Jantung

perawatan pasca operasi jantungDengan melihat ciri-ciri dari penyakit jantung dan penyebab sakit jantung yang telah diuraikan di atas, anda bisa lebih waspada akan bahaya penyakit jantung dan sedini mungkin mengenali sakit jantung. Ciri-ciri penyakit jantung memiliki kemungkinan berubah menjadi sebuah gejala jantung yang wajib anda kenali.

Ciri-ciri penyakit jantung juga dapat anda kenali dari keterangan ahli kesehatan atau dokter. Anda dapat sekedar sharing dengan pihak tersebut mengenai gejala-gejala penyakit jantung yang mungkin anda derita. Dengan begitu kecenderungan sakit jantung pada diri anda akan dapat di atasi, terlebih lagi jika dalam keluarga anda terdapat riwayat turunan penyakit jantung. Segera berkonsulitasi jika memang hal tersebut terjadi.

Resiko anda terkena penyakit jantung akan lebih tinggi dibandingkan orang yang dalam keluarga intinya tidak terdapat catatan penyakit jantung, keluarga inti terdiri dari ibu, ayah, adik dan kakak.

Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Ada beberapa cara alami untuk mengobati penyakit jantung jika anda sudah terlanjur mengidap penyakit tersebut. Hal tersebut berhubungan dengan kebiasaan hidup anda. Ciri-ciri penyakit jantung yang dipaparkan di atas beserta penyebabnya harus anda perhatikan jika anda belum terkena penyakit ini, namun jika sudah maka lakukan beberapa cara alami di bawah ini agar tidak semakin parah sakit jantung anda:

Merubah Pola Makan.

mencegah penyakit jantung Penyebab penyakit jantung salah satunya berasal dari makanan yang di konsumsi, sehingga apabila anda mengidap penyakit ini maka berhati-hatilah dengan makanan yang anda makan. Jangan terlalu sering memakan makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan lemak jenuh seperti gorengan.

Anda juga tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi garam. Lebih baik apabila anda mengkonsumsi makanan yang teknik memasaknya dengan cara direbus. Perhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam makanan anda. Sayur-mayur dan buah-buahan seperti tomat, apel, buah-buahan berry kacang-kacangan seperti almond juga sangat baik bagi penderita jantung seperti anda.

Buah manggis yang kaya akan antioksidan juga berpengaruh positif bagi organ tubuh anda. Teh hijau yang mengadung banyak antioksidan juga cocok anda jadikan menu yang dapat anda teguk.

Merubah Pola Hidup.

berolah ragaAnda dapat berolahraga ringan saja untuk melancarkan aliran darah. Namun ingat bahwa olahraga yang dapat anda lakukan hanyalah olah raga rutin yang ringan. Macam olahraga yang dapat anda pilih sesuai dengan kapasitas anda. Dengan melakukan olahraga rutin seperti berjalan kaki maka aliran darah, sistem metabolisme dan syaraf bisa bekerja secara maksimal tanpa terkendala. Berjalan kaki pagi hari tanpa menggunakan alas kaki juga dapat anda terapkan.

Jangan melakukan olahraga berat karena justru akan mengakibatkan penyakit jantung bisa menjadi kambuh.

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Membersihkan Pembuluh Darah Anda

ciri-ciri penyakit jantung koronerPada dasarnya kunci kesembuhan penyakit jantung koroner maupun stroke iskemik / penyumbatan ada pada bagaimana kita menjaga kebersihan pembuluh darah kita.

Diibaratkan gigi yang tidak pernah dibersihkan maka pasti akan menimbulkan plak atau karang gigi. Begitu juga dengan pembuluh darah kita yang seringkali kita mengkonsumsi makanan yang penuh dengan zat yang merusak kebersihan pembuluh darah kita seperti kolesterol, glukosa dan radikal bebas pada umumnya.

Kini masalah penyumbatan maupun membersihkan pembuluh darah dapat dilakukan dengan memanfaatkan enzim yang terdapat pada cacing tanah khusus yang dibudidaya, manfaatnya adalah mengurai thrombus dan plak penyumbatan yang ada pada pembuluh darah kita yang dikenal dengan Lumbrokinase.

penyakit neuropati diabetesBanyak produk yang mengklaim sebagai obat jantung atau pembersih pembuluh darah namun sebenarnya hanyalah bekerja untuk mengencerkan darah kita (dengan ciri dapat ditaruh dibawah lidah dan dalam 5-10 menit akan terasa manfaatnya).

Namun Gravistro bukanlah produk pengencer darah seperti produk pada umumnya, Gravistro berfungsi sebagai suplemen untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pembuluh darah kita dengan melarutkan plak – plak sumbatan, memperbaiki jaringan mikro sirkulasi dan juga mengatasi masalah kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) bahkan impotensi.

Silakan klik disini untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana kesehatan anda dapat dibantu dengan produk Gravistro.

Gravistro obat jantung dan stroke

Summary
Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!
Article Name
Ciri-Ciri Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!
Description
Kenali ciri-ciri penyakit jantung Sejak Dini Di zaman modern ini, setiap orang dipastikan akan selalu disibukkan dengan aktivitas sehari - hari yang lelah.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Artikel Lain
Waspadai 6 Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koron... Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Makanan penyebab penyakit jantung - Jantung adalah alat vital dari anggota tubuh. Fungsinya sangat berperan...
Enzim Fibrinolysis – Melawan Penyumbatan Pem... Enzim Fibrinolysis Mencegah Terbentuknya Plak Penyumbatan Pembuluh Darah Enzim Fibrinolysis - Fibrinolysis adalah sebuah proses didalam tubuh dimana ...
Suplemen Kesehatan Jantung Suplemen Kesehatan Jantung Suplemen Kesehatan Jantung - Penyakit Jantung dan Stroke telah lama dan terus menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia, sa...
Obat Penyakit Jantung yang Efektif dari Bahan Alam... Obat Penyakit Jantung yang Efektif dari Bahan Alami Obat Penyakit Jantung Alami - Jantung merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh. Organ i...