gagal jantung dapat terjadi pada siapa saja

Gagal Jantung – Gejala Dan Pencegahannya

Bantu Bagikan Artikel Ini

Kenali Gejala Gagal Jantung Dan Cara Mencegahnya Sebelum Terlambat

gagal jantung pada penderita penyakit jantungGagal jantung adalah salah satu kondisi kronis yang terjadi pada jantung dimana keadaan ini terjadi akibat kerja otot jantung memompa darah mengalami penurunan bahkan sangat lemah sehingga pasokan darah dan oksigen ke jantung terganggu.

Yang pada akhirnya jantung mengalami kegagalan memompa darah ke bagian tubuh secara keseluruhan dengan tekanan yang tepat. Hal ini dipicu oleh beberapa faktor seperti penyakit jantung koroner, masalah ritme jantung, gangguan pada otot jantung atau kerusakan pada katup jantung.

Tidak hanya itu, gagal jantung juga dapat dipicu oleh hipertensi, kelenjar tiroid yang terlampau aktif, anemia, diabetes, peradangan otot jantung, atau mungkin mengalami keadaan cacat jantung bawaan lahir.

Terdapat tiga jenis gagal jantung yang harus Anda ketahui. Pertama, karena kerusakan katup jantung. Kedua, karena keadaan lemahnya ruang jantung yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan jenis ketiga diakibatkan oleh kakunya ventrikel kiri sehingga mengakibatkan darah akan sulit masuk ke dalam jantung.

Gejala Awal Gagal Jantung Yang Harus Diwaspadai

penyebab penyakit jantung dan strokePenyakit gagal jantung ini dapat mengakibatkan ritme jantung dari penderitanya mengalami percepatan atau mengalami denyut yang tidak teratur. Selain itu, dapat menyebabkan suplai darah ke organ ginjal juga mengalami ketidaknormalan yakni lebih sedikit sehingga mengakibatkan menumpuknya cairan dalam tubuh si penderita gagal jantung.

Keadaan masalah penyakit gagal jantung akan menunjukkan gejala – gejala fisik awal antara lain :

  • Rasa Mual
  • Sesak napas
  • Mengalami batuk kering
  • Kaki dan perut mengalami pembengkakan
  • Sering kencing di malam hari
  • Mengalami kenaikan berat badan.

Keadaan akibat gagal jantung demikian ini akan berakibat buruk pada organ-organ lainnya sehingga timbul perasaan lelah dan letih, pusing, hingga tubuh merasa lemah.

Sesak napas yang terjadi pada penderita gagal jantung umumnya akan dirasakan penderita pada saat posisi berbaring, bahkan tidak jarang pula penderita mengalami sesak napas hebat ketika istirahat malam hari. Sehingga mereka diharuskan untuk duduk ataupun berdiri ketika mengalami hal tersebut untuk mendapatkan udara segar kembali.

Sedangkan gejala kaki yang bengkak kerap dialami diwaktu menjelang siang hari dan sedikit reda pada esok harinya. Setiap penderita gagal jantung memiliki gejala yang berbeda. Sehingga sudah seharusnya Anda melakukan pemeriksaan pada dokter jika sudah mengalami gejala-gejala tersebut untuk mengetahui diagnosa sebenarnya dan mendapat penanganan yang tepat.

Faktor Penyebab Terjadinya Gagal Jantung

gagal jantung mengakibatkan pembengkakan jantungTerjadinya kondisi gagal jantung perlu menjadi perhatian kita semua, karena gagal jantung merupakan salah satu penyakit jantung yang dapat berdampak pada kematian segera apabila tidak ditangani dengan cepat dan benar.

Berikut ini sederetan faktor penyebab terjadinya gagal jantung yang harus anda ketahui dan diperhatikan :

  • Gangguan Otot Jantung.
  • Penyakit Jantung Koroner / Serangan Jantung.
  • Tekanan Darah Tinggi.
  • Radang Otot Jantung.
  • Hiperteriodisme.
  • Gangguan Ritme Jantung.
  • Kerusakan Pada Katup Jantung.

Penjabaran faktor penyebab terjadinya gagal jantung diatas :

• Gangguan Otot Jantung

Gangguan pada bagian otot jantung ini kerap tidak diketahui secara jelas penyebabnya. Namun ada perkiraan ini akibat dari faktor keturunan, efek samping penggunaan obat kanker, terinfeksi virus, atau sering konsumsi alkohol.

• Penyakit Jantung Koroner / Serangan Jantung

Gejala penyakit gagal jantung ini kerap sekali terjadi. Jantung koroner sendiri akan mengakibatkan suplai darah dan oksigen menuju jantung mengalami penurunan akibat timbunan lemak pada bagian arteri.

obat sakit jantung koroner dan stroke iskemik gravistroJika sirkulasi darah menuju jantung tiba-tiba terhenti akibat sumbatan lemak yang sudah parah maka akan terjadi serangan jantung. Pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan otot jantung rusak dalam waktu jangka panjang dan melemahnya kekuatan organ jantung untuk memompa darah.

• Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi akan menjadi penyebab kerasnya kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pada akhirnya otot jantung akan menebal dengan sendirinya karena mengimbangi beban kerja jantung yang meningkat tersebut. Jika terus berlanjut maka yang terjadi adalah makin terbebaninya kerja jantung berakibat pada gagal jantung.

• Radang Otot Jantung

Peradangan pada otot jantung akan mengakibatkan pada kemungkinan terjadinya gagal jantung. Biasanya peradangan ini disebabkan oleh virus yang menginfeksi.

• Hipertiroidisme

Penderita penyakit gagal jantung biasanya dapat disebabkan oleh hipertiroidisme. Hipertiroidisme adalah suatu keadaan di mana kelenjar tiroid dalam tubuh menghasilkan hormon tiroid dalam tingkatan yang berlebih dari normalnya. Jika hal itu terjadi akan memicu denyut jantung lebih cepat, tekanan darah meningkat, serta suhu tubuh mengalami kenaikan.

• Gangguan Ritme Jantung

Gagal jantung juga disebabkan oleh adanya ritme jantung yang abnormal atau aritmia. Jika ritme terlalu cepat akan berakibat kerja jantung terlalu kuat, sedangkan ritme lambat akan mengakibatkan suplai darah ke seluruh tubuh tidak tercukupi.

• Kerusakan Pada Katup Jantung

Gagal jantung bisa juga disebabkan oleh adanya kerusakan pada katup jantung yang memiliki peran sebagai penjaga aliran darah pada jantung berada pada aliran yang benar. Jika mengalami penyempitan maupun kebocoran maka akan mengakibatkan permasalahan pada jantung. Jika berlanjut terjadi maka akan mengakibatkan gagal jantung.

Diagnosis Penyakit Gagal Jantung

serangan jantungBiasanya diagnosis penyakit gagal jantung akan dilakukan oleh seorang dokter. Diagnosis yang dilakukan pertama kali umumnya adalah melakukan tanya jawab dengan pasien mengenai gejala-gejala yang dirasakan serta menanyakan beberapa riwayat penyakit yang dimiliki, serta kemungkinan kebiasaan-kebiasaan tidak baik penderita yang dapat menyebabkan gagal jantung.

Pemeriksaan fisik pun akan dilakukan oleh dokter terkait beberapa gejala yang dialami penderita. Selain itu akan dilakukan beberapa tes pada penderita untuk menegakkan diagnosa.

1. Tes darah

Dengan dilakukan tes darah maka dapat diketahui adanya kemungkinan pasien mengalami kegagalan jantung ataukah mengalami penyakit lain yang akan membawa pengaruh pada jantung seperti diabetes atau kekurangan sel darah merah. Selain itu, dengan tes darah akan menunjukkan adanya kandungan zat kimia yang ada dalam tubuh yang berhubungan dengan keadaan jantung yang memburuk.

2. Tes Latihan Tekanan

Latihan tekanan ini dimaksudkan untuk memperoleh jawaban akan keadaan pasien atas keadaan fungsi jantung ketika tubuh menjalankan sebuah aktivitas yang berat. Tes ini biasanya dilakukan dengan kombinasi tes ekokardiogram supaya dokter dapat melihat kondisi jantung saat tes diterapkan pada pasien. Sehingga akan diketahui apakah penderita terkena penyakit ini ataukah tidak.

3. Tes Ekokardiogram

Pemeriksaan ekokardiogram dengan menggunakan gelombang ultrasound ini akan mampu mendeteksi adanya kemungkinan gagal jantung. Sebab akan dapat menunjukkan hasil dari kinerja jantung penderita.

4. Tes Pernapasan

Tes napas ini biasanya dijadikan salah satu diagnosa gagal jantung pada penderita.

5. Pemeriksaan Dengan Sinar-X

Melalui tes ini akan terlihat bagi penderita gagal jantung akan tampak kondisi jantung lebih besar atau membengkak oleh karena timbunan cairan yang ada dalam paru-paru.

Pengobatan Sementara Penderita Gagal Jantung

waspadai tekanan darah tinggi penyebab sakit jantungPenyakit ini memang bukanlah penyakit yang dapat dianggap remeh. Bahkan dapat memberikan ancaman pada jiwa si penderita sebab dapat mengakibatkan kematian secara tiba-tiba.

Bagi penderita biasanya diharuskan mengonsumsi obat jantung untuk jangka waktu lama atau bisa jadi hingga akhir hayatnya. Hal ini dilakukan untuk mengontrol gejala-gejala yang timbul akibat gagal jantung.

Jika mengalami gejala yang parah, maka bisa jadi penderita harus mendapatkan bantuan berupa alat penopang jantung, operasi, atau bahkan harus transplantasi jantung untuk dapat memperpanjang usia pasien.

Berikut beberapa pengobatan untuk penyakit gagal jantung :

• Diuretik

Fungsinya adalah untuk mengurangi banyaknya cairan pada bagian dalam tubuh penderita. Selain itu, dapat meredakan sesak napas serta pembengkakan yang biasanya terjadi pada bagian pergelangan kaki penderita.

• Obat Penghambat Beta (Beta Blocker)

Dipakai oleh penderita yang mengalami masalah pada bagian ventrikel kiri jantung yang tidak mampu menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh, digunakan agar kerja jantung menjadi tidak berat.

• Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiostensin

Pemberian obat ini bertujuan untuk menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga akan memberikan kemudahan pada organ jantung untuk melakukan pemompaan darah ke seluruh bagian tubuh.

• Obat Penghambat Aldosteron

Obat ini memiliki fungsi yang sama seperti diuretik namun ada perbedaan yang terjadi yaitu pada penghambat aldosteron ini tidak mengakibatkan terbuangnya potasium dalam tubuh. selain itu, dapat juga menurunkan resiko munculnya kerusakan pada bagian otot jantung.

• Obat Penghambat Reseptor Angiotensin

Jenis obat ini memiliki peran sebagai pengurang tekanan darah serta memperlebar pembuluh darah jantung.

• Digoxin

Obat yang satu ini biasanya diberikan pada pasien yang tidak mengalami efek perubahan setelah pemakaian jenis obat yang telah disebutkan di atas. Dengan digoxin, maka denyut jantung akan menjadi stabil dan kembali menguatkan kontraksi otot-otot jantung.

• Lumbrokinase

Lumbrokinase adalah sebuah enzim yang dinamakan yang berfungsi untuk melakukan proses fibrinolysis yaitu melarutkan plak penyumbatan pada penyakit jantung, jika masalah ini terkait dengan penyumbatan yang ada pada sekeliling pembuluh darah jantung maka lumbrokinase merupakan solusi untuk menghilangkan bagian plak penyumbatan dan memperbaiki elastisitas pembuluh darah.

Pencegahan Terjadinya Gagal Jantung Yang Efektif

pengobatan gagal jantung dengan gravistroAda kalimat yang menyebutkan bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Kalimat tersebut memang benar adanya. Sebab ketika Anda mengalami sakit akan banyak biaya serta rangkaian pengobatan yang harus dijalankan. Selain itu, perasaan tidak nyaman hingga ancaman jiwa akan dialami oleh penderita penyakit gagal jantung.

Sehubungan dengan penyakit yang demikian berbahaya maka sebaiknya Anda harus lebih waspada dengan segala hal yang memicu penyakit tersebut. Termasuk dalam hal konsumsi makanan. Sebab konsumsi makanan yang salah dapat memungkinkan resiko terjadinya kegagalan jantung.

  • Sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi seperti sayur-mayur, buah-buahan, daging, ikan, serta biji-bijian utuh.
  • Untuk menghindari masalah penyakit ini sebaiknya kita menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh seperti pada jeroan, udang, kuning telur, serta daging kambing.
  • Melakukan pembatasan konsumsi gula, garam, serta minuman beralkohol.
  • Jika mengalami hipertensi dan kolesterol tinggi maka harus segera melakukan penanganan yang tepat. Segera periksakan ke dokter atau klinik terdekat. Sebab gejala seperti hipertensi dan kolesterol tinggi bisa mengakibatkan gagal jantung.
  • Menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu upaya untuk mencegah kemungkinan gagal jantung. Bila terjadi peningkatan berat badan yang berlebihan maka harus segera dilakukan langkah-langkah diet sehat.
  • Lakukan olahraga sehat secara teratur agar kondisi jantung menjadi stabil dan terjaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki santai.
  • Agar terhindar dari kemungkinan gagal jantung maka hindari bahkan hentikan kebiasaan merokok . Sebab rokok mengandung zat-zat berbahaya untuk kesehatan tubuh termasuk jantung.
  • Gunakan lumbrokinase yang terdapat pada produk Gravistro untuk memperbaiki kelancaran darah menuju jantung akibat plak penyumbatan jantung koroner dan hipertensi.

Gravistro obat jantung dan stroke

Summary
Gagal Jantung - Gejala & Pencegahannya
Article Name
Gagal Jantung - Gejala & Pencegahannya
Description
Gagal jantung adalah salah satu kondisi kronis yang terjadi pada jantung dimana keadaan ini terjadi akibat kerja otot jantung memompa darah mengalami penurunan bahkan sangat lemah sehingga pasokan darah dan oksigen ke jantung terganggu.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini