perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana

Perbedaan Karbohidrat Kompleks Dan Karbohidrat Sederhana

Bantu Bagikan Artikel Ini

Perbedaan Karbohidrat Kompleks Dan Karbohidrat Sederhana

karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhanaKarbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana – Karbohidrat (CH2O) merupakan salah satu jenis senyawa organik yang ketersediaannya sangat melimpah di muka bumi.

Secara lebih detail, karbohidrat terdiri dari berbagai komponen seperti halnya oksigen, karbon dan juga hydrogen yang keseluruhannya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

Dalam hal ini, untuk mendapatkan manfaat dari karbohidrat, maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat seperti halnya nasi, ketela, gandum dan beberapa jenis makanan lainnya yang di dalamnya mengandung karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Fungsi Karbohidrat

fungsi karbohidrat sebagai energiSecara umum, karbohidrat sendiri memiliki fungsi yang sangat beragam seperti halnya sebagai bahan bakar yang nantinya akan diubah menjadi energi atau tenaga untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Selain itu, karbohidrat juga dimanfaatkan untuk cadangan makanan serta materi pembangun yang keseluruhannya sangat diperlukan oleh tubuh.

Lebih spesifiknya lagi, karbohidrat sendiri terdiri dari jenis karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana dimana masing-masing memiliki peranan yang sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Definisi Karbohidrat Kompleks Dan Karbohidrat Sederhana

Terkait dengan peranan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka akan lebih baik jika terlebih dahulu mengetahui definisi dari dua jenis karbohidrat tersebut.

1. Karbohidrat Kompleks

karbohidrat kompleks sehat untuk tubuhDalam hal ini, jika dilihat dari struktur kimianya, maka bisa dikatakan bahwa karbohidrat kompleks merupakan salah satu jenis karbohidrat yang memiliki tiga atau lebih molekul gula yang saling terikat dalam suatu rantai molekul.

Pada molekul gula ini mengandung berbagai zat yaitu vitamin, serat dan juga mineral. Seperti dengan namanya yang mengusung kata “kompleks”, maka karbohidrat ini memiliki susunan molekul yang lebih kompleks yang mengakibatkan jenis karbohidrat ini akan lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh.

Bahkan, dengan lambatnya proses pencernaan atas produk karbohidrat kompleks ini, maka hal ini juga memberikan dampak pada melambatnya kenaikan glukosa dan hal ini tidak terjadi pada jenis karbohidrat sederhana.

2. Karbohidrat Sederhana

karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks dapat dikonsumsiBerbeda dari jenis karbohidrat kompleks, untuk karbohidrat sederhana hanya memiliki molekul gula yang terdiri dari satu ataupun dua molekul gula.

Karena jenis karbohidrat yang satu ini memiliki molekul gula yang sangat sedikit, maka akan mempermudah sekaligus mempercepat tubuh untuk mencerna jenis karbohidrat tersebut yang memberikan pengaruh pada peningkatan glukosa pada tubuh.

Fungsi Karbohidrat Kompleks Dan Karbohidrat Sederhana Dalam Tubuh

Peranan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana sangat besar di dalam tubuh, sehingga hal inipun juga akan mempengaruhi kondisi tubuh setelah mengkonsumsi salah satu dari dua jenis karbohidrat ini.

1. Karbohidrat Sederhana

Terkait dengan peranan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka bisa dikatakan bahwa untuk karbohidrat sederhana yang bisa saja ditemukan pada buah-buahan yang kemudian diolah lagi menjadi suatu produk yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi ini akan mudah dipecah menjadi lebih banyak, sebab jenis karbohidrat ini hanya memiliki molekul yang sangat terbatas.

Adanya kemampuan untuk terpecah ini, maka hal ini juga akan mempermudah karbohidrat ini terserap dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kadar gula dan energi yang cukup tinggi namun juga dibarengi dengan penurunan kadar gula sehingga akan menimbulkan anda cepat lelah.

2. Karbohidrat Kompleks

Tetap merujuk pada peranan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, jenis karbohidrat kompleks memiliki peranan yang sangat berbeda dengan karbohidrat sederhana. Dikatakan demikian sebab jenis karbohidrat kompleks ini memiliki susunan molekul gula yang lebih banyak dan hal ini akan memperlama proses pemecahan molekul gula secara sempurna.

Adanya fakta semacam ini, maka karbohidrat kompleks ini akan dilepaskan secara bertahap ke dalam tubuh dengan jumlah energi yang sama setiap harinya. Untuk jenis karbohidrat ini memiliki kandungan lemak yang rendah dengan vitamin dan serat yang cukup tinggi.

Perbedaan Karbohidrat Kompleks Dan Karbohidrat Sederhana

perbedaan karbohidrat komplek dan karbohidrat sederhana dalam tubuhSecara tersurat, beberapa perbedaan antara karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana ini bisa ditelaah lebih mendetail pada ulasan sebelumnya, namun demikian, bisa dikatakan lebih jauh, bahwa perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana bisa anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Jika dilihat dari peranannya dalam tubuh, maka bisa dikatakan bahwa untuk jenis karbohidrat sederhana akan sangat mudah untuk dipecahkan melalui sistem metabolisme dalam tubuh. Hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan molekul gula yang hanya terdiri dari satu atau dua saja.

Adanya proses pemecahan yang lebih cepat ini, maka karbohidrat sederhana ini akan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, tetap merujuk pada karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, untuk karbohidrat sederhana ini juga mampu menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang terdapat dalam tubuh secara mendadak dan hal ini dikatakan sangatlah berbahaya. Sayangnya, jenis karbohidrat ini juga tidak bisa memberikan manfaat berupa rasa kenyang yang lebih lama jika dibandingkan dengan karbohidrat kompleks.

Hal ini sangat jauh berbeda ketika berbicara mengenai perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana yang dilihat dari sisi karbohidrat kompleks. Bisa dikatakan bahwa untuk karbohidrat kompleks ini memiliki molekul gula yang lebih banyak jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, sehingga hal ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk terpecahkan dan juga terserap dalam tubuh.

Karbohidrat ini juga menyebabkan anda menjadi lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama pula dan bahkan jenis karbohidrat yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Perbedaan yang lebih mencolok lagi antara karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana ini bisa dilihat dari jenis makanan yang dipercaya mengandung salah satu dari jenis karbohidrat ini. Pembicaraan akan makanan bisa anda lihat pada ulasan di bawah ini.

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks Dan Karbohidrat Sederhana

Seperti yang dijelaskan pada point di atas, bahwa karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana ini ditemukan pada berbagai makanan yang sering kita konsumsi setiap hari.

Pengkonsumsian jenis karbohidrat ini dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut ini ulasan singkat terkait dengan jenis makanan yang dipercaya memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks atau yang lebih dikenal dengan sebutan karbohidrat sehat karena kandungan serat yang sangat tinggi dengan perbandingan angka glikemik yang rendah ini sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

1. Oatmeal

mencegah penyakit jantung oatmealJenis makanan yang dibuat dari kombinasi bahan biji rami ataupun gandum ini sangatlah baik untuk sarapan pagi. Selain itu, dengan kandungan karbohidrat sehatnya yang sangat tinggi akan membantu anda dalam mengatasi permasalahan pencernaan.

2. Beras merah

supplement penyakit jantung beras merahSelain mengandung zat besi, beras merah juga mengandung mineral dan juga tinggi serat, sehingga akan sangat baik untuk program diet anda. Posisi beras merah sangatlah bagus untuk menggantikan posisi beras putih sebagai konsumsi keseharian demi mendapatkan asupan makanan yang tinggi gula.

3. Kentang

Banyak orang yang menghindari mengkonsumsi kentang sebab kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Meskipun demikian, kentang juga sangat baik untuk dikonsumsi sebab makanan ini mengandung serat yang tinggi. Penyajian kentang yang baik adalah dengan dikukus, sehingga anda akan mendapatkan manfaat kentang secara menyeluruh yang berupa zat besi.

4. Pisang

Salah satu jenis buah ini dikenal dengan kandungan kalori dan seratnya yang sangat tinggi, sehingga akan sangat baik untuk dikonsumsi bagi pelaku diet supaya tetap kenyang dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, kandungan vitamin B6 dan C sangat ampuh dalam meningkatkan kinerja pada sistem saraf dan imun.

5. Jagung

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah jagung yang dipercaya mengandung serat yang sangat tinggi dengan angka indeks glikemiknya yang rendah. Tindakan pengkonsumsian makanan yang berupa jagung ini akan sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki keluhan diabetes.

6. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan jenis makanan yang dikenal akan kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi dengan nilai gizinya yang sangat baik. dikatakan demikian sebab kandungan betakaroten pada ubi jalar juga sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata dan pastinya kandungan serat juga akan membuat anda kenyang lebih lama.

7. Alpukat

mencegah penyakit jantung alpukatDikenal sebagai bahan makanan yang banyak mengandung banyak karbohidrat dan juga serat, alpukat sangatlah baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan program diet. Dalam buah alpukat mengandung banyak kalori yang bisa dikatakan sangatlah banyak, namun hal ini tetap didukung dengan banyaknya kandungan nutrsi lain yang juga sangat baik untuk tubuh.

8. Kedelai

mencegah penyakit jantung kedelaiJenis biji-bijian yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat berkualitas baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat ini banyak makanan yang merupakan olahan dari kedelai yang sangat mudah untuk didapatkan. Dengan kandungan lemak yang rendah dan protein yang tinggi menjadikan kedelai sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

9. Quinoa

Dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung serat tinggi layaknya brokoli, quinoa juga mengandung protein yang akan mencukupi kebutuhan protein harian anda. selain itu, kandungan mineral dan juga karbohidrat yang kompleks menjadikan sebagai bahan makanan yang layak untuk dikonsumsi setiap hari.

10. Lentil

Lentil adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan serat dan juga protein yang baik untuk tubuh. Adanya olahan makanan yang terbuat dari lentil ini akan sangat baik untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dalam program diet sehat anda terutama menurunkan kolesterol

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Sederhana

Terkait dengan makanan yang terdapat dalam karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka ada juga jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana atau yang lebih dikenal dengan jenis karbohidrat dengan kualitas yang lebih buruk ini memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan juga nutrisi yang sangat rendah pula. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah sebagai berikut.

1. Kue kering

gorengan dapat menyebabkan penyakit jantung koronerJenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ini sangat tinggi akan kalorinya sehingga sangat tidak disarankan bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk mengkonsumsi kue kering ini.

2. Permen

makanan manis penyebab jantung koronerTernyata, permen yang merupakan kudapan manis ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang tidak mengenyangkan. Namun, makanan ini mengandung kadar gula yang sangat tinggi sehingga akan tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.

3. Mie instan

Karbohidrat sederhana juga bisa ditemukan pada mie instan yang dalam pengolahannya yang sangat panjang sehingga menyebabkan kualitas dari karbohidrat tersebut menjadi menurun. Bahkan, makanan ini juga mengandung MSG dan bahan lain yang membuat makanan ini dikenal sebagai makanan tidak sehat.

4. Kue donat

Donat juga merupakan salah satu makanan yang dikenal sebagai makanan dengan karbohidrat sederhana yang kemudian juga menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Dikatakan demikian, sebab makanan ini juga mengandung kalori yang sangat tinggi dengan adanya penambahan gula di dalamnya.

5. Sirup

Minuman manis yang satu ini merupakan salah satu hasil olahan gula yang sedemikian rupa hingga menjadikan jenis minuman yang satu ini memiliki kalori yang sangat tinggi. Bahkan kebiasaan minum sirup dengan penambahan gula akan meningkatkan kadar kalori dalam sajian tersebut sehingga hal ini juga bisa memberikan pengaruh pada kadar kalori di dalam tubuh pula.

6. Produk susu

Saat ini, kebanyakan produk olahan dari susu ternyata memiliki kandungan karbohidrat sederhana. Jenis olahan dari susu ini pada dasarnya sangatlah kaya akan kalori yang nantinya juga mengakibatkan adanya peningkatan kadar kalori pada seseorang. Selain itu, pengkonsumsian berbagai produk olahan susu akan bisa menyebabkan terjadinya kegemukan.

Karbohidrat Kompleks vs Karbohidrat Sederhana, Baik Yang Mana?

Jika berbicara mengenai karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka hal ini tentunya juga menyangkut pautkan antara baik buruknya dua jenis karbohidrat tersebut. bisa dikatakan bahwa setiap karbohidrat memiliki fungsi yang sangat baik dalam menunjang kesehatan tubuh. Namun hal ini juga sangat perlu diperhatikan mengingat adanya pembagian karbohidrat yang terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat kompleks serta karbohidrat sederhana.

Dari kedua jenis karbohidrat ini, maka bisa dikatakan bahwa salah satu jenis dari adanya karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana ini, maka karbohidrat komplekslah yang akan jauh lebih baik untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan demikian sebab jenis karbohidrat yang satu ini memiliki molekul gula yang lebih banyak, sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai. Selain itu, jenis karbohidrat ini juga sangatlah ampuh dalam menjaga diri dari resiko sering lapar, sehingga hal ini sangatlah baik untuk mereka yang menjalankan program diet.

Selain itu, masih terkait dengan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, untuk karbohidrat kompleks juga terbilang mampu untuk menghindarkan penumpukan lemak serta menghindarkan diri dari adanya peningkatan kadar gula dalam darah yang signifikan. Adanya manfaat yang semacam ini akan memberikan nilai tambah bagi anda untuk terhindar dari penyakit diabetes sebab hal ini akan membuat pankreas menjadi lebih sehat.
Terkait dengan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka sangatlah berbeda jika dilihat dari sisi karbohidrat sederhana. Hal ini disebabkan bahwa karbohidrat yang sederhana akan membuat anda lebih cepat lapar karena proses pemecahan molekul akan lebih cepat dibandingkan dengan jenis karbohidrat kompleks. Bahkan, lebih parahnya lagi, jenis karbohidrat ini juga akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang memicu terjadinya penyakit diabetes.

Dari adanya hal ini, maka tidak mengherankan jika pihak praktisi kesehatan dalam menyikapi adanya perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana ini akan selalu merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks demi menjaga pola makan yang baik pada pelaku diet serta memberikan manfaat yang lebih atas kestabilan gula darah dalam tubuh.

Bagaimana Dengan Para Penderita Diabetes & Penderita Penyakit Jantung ?

pemicu penyakit jantung diabetesHal ini juga sama pada kasus orang dengan resiko penyakit diabetes maupun mengalami penyakit jantung koroner. Terkait dengan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka bisa dikatakan bahwa untuk penderita diabetes yang sering kali tidak disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat karena kandungan gulanya yang cukup tinggi ini akan lebih baik untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat. Dalam hal ini, pihak penderita diabetes bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Dikatakan demikian sebab bahwa pada karbohidrat kompleks, maka resiko peningkatan kadar gula dalam tubuh secara signifikan akan sangat kecil, karena gula yang terdapat dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini akan lebih lama untuk diuraikan dan hal ini sangat berkebalikan dengan karbohidrat sederhana yang akan malah meningkatkan kadar gula dalam darah secara lebih cepat. Untuk itu, akan lebih baik bagi penderita diabetes selalu mengutamakan konsumsi karbohidrat yang jenisnya karbohidrat kompleks.

Pada dasarnya, kebutuhan akan karbohidrat harus dipenuhi setiap hari, terutama pada saat sarapan, sebab peranan karbohidrat ini akan sangat membantu dalam memberikan tenaga untuk aktivitas keseharian anda. Namun demikian, anda juga harus memberikan perhatian penuh atas tindakan pengkonsumsian karbohidrat ini, sebab dua jenis karbohidrat yang dalam hal ini adalah karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana ini sangatlah berbeda satu sama lain.

Untuk mendapatkan kualitas nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, maka setiap praktisi kesehatan selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena alasan manfaat yang tersebut di atas bagi tubuh.

Summary
Perbedaan Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana
Article Name
Perbedaan Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana
Description
Terkait dengan peranan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, maka bisa dikatakan bahwa untuk karbohidrat sederhana yang bisa saja ditemukan pada buah-buahan yang kemudian diolah lagi menjadi suatu produk yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi ini akan mudah dipecah menjadi lebih banyak, sebab jenis karbohidrat ini hanya memiliki molekul yang sangat terbatas.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini