cara menurunkan kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol | Berbagai Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

makanan penurun kolesterol yang baikMakanan Penurun Kolesterol – Kolesterol merupakan lemak yang ada dalam aliran darah maupun sel tubuh yang sebenarnya memang dibutuhkan dalam hal pembentukan dinding sel. Jika kadar kolesterol dalam tubuh anda berlebihan, maka yang ada bisa menyebabkan penyakit terutama penyakit jantung koroner dan stroke penyumbatan.

Kadar kolesterol yang normal harusnya dibawah 200mg. Jika kadar kolesterol dalam tubuh anda diatas 240mg maka resiko terkena serangan jantung ataupun stroke akan semakin besar.

Berbagai Jenis Makanan Penurun Kolesterol

beberapa sumber makanan penurun kolesterolSumber makanan yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh semakin meningkat seperti halnya kuning telur,cumi-cumi,otak sapi dan lain sebagainya. Tahukah anda fungsi dari kolesterol, yaitu untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Berikut dibawah ini ada beberapa macam makanan penurun kolesterol dengan cepat, diantaranya yaitu :

1. Gandum.

gandum sebagai makanan penurun kolesterol Makanan penurun kolesterol bisa kita dapatkan dari gandum. Kenapa gandum bisa menurunkan kolesterol? Sebab gandum ini dipercaya dapat mengatur kadar gula dalam darah. Kita bisa menemukannya pada roti dengan bahan gandum, dengan adanya serat yang tinggi maka otomatis lemak akan terikat dan terhindar dari penyerapan yang berlebihan.

Oatmeal juga termasuk dalam makanan penurun kolesterol. Oatmeal mengandung serat larut yang memang mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dari dalam tubuh.

2. Beras Merah.

beras merah sebagai makanan penurun kolesterol Makanan penurun kolesterol yang kedua yaitu beras merah. Kandungan serat tinggi yang terdapat pada beras merah ini memang mampu menurunkan gula darah sebagai sumber gula yang akhirnya meningkatkan lemak jika tidak terproses menjadi pembakaran dalam tubuh.

3. Sayuran.

sayuran sebagai makanan penurun kolesterol Selain itu juga bisa kita dapatkan dari sayuran, seperti halnya bayam. Bayam ini merupakan sayuran penurun kadar kolesterol yang ada dalam tubuh anda. Anda bisa membuat nya menjadi jus ataupun memasaknya sebagai sup. Sayuran ini memang salah satu makanan penurun kolesterol yang mudah untuk kita dapatkan.

Brokoli ini terbukti juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh anda. Serat pada brokoli secara mekanik mengikat asam empedu di saluran pencernaan dan kemih, sehingga jumlah kolesterol lama kelamaan akan terkuras dari dalam tubuh.

Makanan penurun kolesterol juga bisa didapat dari buncis. Tahukah anda bahwa buncis ini termasuk salah satu sayuran yang rendah lemak. Minumlah jus buncis satu gelas di setiap harinya, maka akan membantu anda dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Bawang Putih.

bawang putih digunakan sebagai makanan penurun kolesterol Bawang putih ini memang dipercaya sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya melalui campuran dalam menu makanan anda.

5. Ikan.

ikan dapat digunakan sebagai makanan penurun kolesterol Ikan ini memang mengandung Asam Lemak Omega 3. Yang biasanya terdapat pada ikan sarden, tuna, makarel maupun ikan yang lainnya. Ikan – ikan ini bukan menurunkan kolesterol LDL namun meningkatkan Kolesterol HDL atau kolesterol baik. Kolesterol HDL sebagai “penjaga” Kolesterol LDL akan menghambat pembentukan plak akibat kolesterol jahat tersebut.

Ikan salmon terutama jika dimakan dengan mentah seperti sashimi, juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Agar kolesterol HDL dalam tubuh ikan tidak berkurang, ada baiknya anda tidak memasak dengan minyak atau cukup dimakan mentah.

6. Minyak Biji bunga matahari.

minyak biji bunga matahari sebagai makanan penurun kolesterol Ini juga masuk dalam makanan penurun kolesterol sebab mengandung sterol yang memang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen yang banyak dijual di toko online. Namun harus berhati-hati karena tidak semua suplemen yang beredar memiliki kandungan yang berkualitas.

7. Kacang-kacangan.

kacang-kacangan sebagai makanan penurun kolesterol Makanan penurun kolesterol bisa kita dapat dari kacang-kacangan memang mengandung asam lemak tak jenuh yang memang baik untuk menurunkan kolesterol. Kacang-kacangan seperti halnya kacang mede, kenari ataupun almond.

Makanan penurun kolesterol yaitu kedelai. Anda bisa mendapatkannya dari olahan seperti tempe,tahu nugget ataupun susu kedelai dan lain sebagainya. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Kedelai memang termasuk makanan penurun kolesterol yang ampuh.

Kacang Hazelnut salah satunya memang rasanya gurih dan khas, lemak yang terkandung dalam kacang hazelnut ini memiliki fungsi meningkatkan kolesterol HDL yang dapat mengurangi risiko sumbatan arteri yang mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke iskemik.

8. Buah.

mengkonsumsi buah sebagai makanan penurun kolesterol Konsumsilah buah apel, anggur, stroberi, dan jeruk yang kaya kandungan pektin, sebagai serat larut yang menekan LDL. Dengan mengkonsumsi buah yang rasanya juga enak, tentu akan menambah faktor vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama anda melakukan diet kolesterol.

9. Minyak Tak Jenuh.

minyak biji bunga matahari sebagai makanan penurun kolesterol Gunakanlah minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun. Anda dapat membelinya di Supermarket, ada yang bermerk Mazola ataupun Tropicana Slim. Gunakan minyak ini untuk mengurangi asupan kolesterol jahat, karena minyak jenis ini tidak akan menjadi jenuh atau menjadi kolesterol LDL.

10. Teh hitam.

teh hitam yang pahit sebagai makanan penurun kolesterol Teh hitam ini ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Teh hitam yang terbilang rasanya pahit, namun jika anda minum segelas teh hitam setiap harinya dipercaya mampu menurunkan kolesterol LDL. Karena teh hitam ini akan menyerap dan membuang kolesterol dalam darah dengan cukup efektif. Namun bagi yang memiliki penyakit lambung, disarankan mengkonsumsi setelah makan.

Jenis-jenis Kolesterol Dalam Tubuh Kita

Kolesterol dibedakan menjadi 2 macam yaitu  Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL) berikut ini adalah penjelasannya :

1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

makanan penurun kolesterol LDLMerupakan jenis lemak jahat sebab dapat menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah yang akhirnya menjadi plak penyumbatan. Semakin lama timbunan lemak tersebut akan semakin tebal dan mengeras yang pada akhirnya akan menyumbat aliran darah dalam tubuh anda. Kolesterol LDL biasanya kadarnya sekitar 100 hingga 129mg. Jika kadarnya sudah diatas 130mg terlebih lagi disertai dengan resiko seperti halnya merokok, diabetes ataupun tidak berolahraga sebaiknya mulai dipertimbangkan untuk merubah pola hidup dan makan anda.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

tingkatkan Kolesterol HDL untuk menggantikan makanan penurun kolesterolKolesterol HDL disini merupakan lemak yang baik karena dapat membantu membersihkan dan juga mengangkut timbunan lemak yang berasal dari dinding pembuluh darah menuju ke hati. Kadar kolesterol HDL yang ideal harus lebih tinggi dari 40mg untuk laki-laki sedangkan diatas 50mg untuk perempuan. Salah satu yang menjadi penyebab kolesterol HDL rendah adalah yaitu badan yang terlalu gemuk, kurang gerak badan, serta kebiasaan anda merokok.

Gejala Kolesterol Tinggi

Berikut di bawah ini ada beberapa gejala penyebab kolesterol jahat LDL yang ada dalam tubuh meningkat atau melebihi normal, di antaranya yaitu:

  • Sakit kepala pada bagian belakang.
  • Pundak dan tengkuk anda akan terasa pegal.
  • Merasakan pegal pada bagian tangan dan juga kaki.
  • Rasa kesemutan pada bagian kaki dan juga tangan.
  • Dada sebelah kiri terasa seperti tertusuk.
  • Mengalami penurunan daya seksual terutama laki-laki.
  • Pingsan dengan tiba – tiba.
  • Kemampuan beraktifitas menurun.

Itulah beberapa hal penyebab adanya kolesterol jahat dalam tubuh anda. Sebenarnya kolesterol dapat anda turunkan dan juga cegah sebelum beranjak menjadi kolesterol jahat dalam tubuh anda. Yang nantinya akan mendatangkan penyakit dalam tubuh anda. Kolesterol dalam tubuh dapat anda turunkan tanpa menggunakan obat-obatan medis ataupun obat kimia.

Sebab banyak cara yang bisa anda lakukan dalam menurunkan dan mencegah kolesterol dalam tubuh anda agar tetap terkendali. Tahukah anda bahwa kolesterol dalam tubuh anda bisa meningkat karena adanya asupan makanan yang banyak mengandung lemak serta gaya hidup anda yang terbilang tidak teratur.

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Menurunkan Kolesterol

Dibawah ini beberapa makanan yang perlu anda hindari karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Di antaranya yaitu:

  • Kulit daging.
  • Daging berlemak.
  • Makanan bersantan.
  • Mentega dan produk susu lainnya.
  • Goreng-gorengan.
  • Kue dan biskuit.
  • Minyak kelapa / sawit.
  • Jeroan
  • Santan

Itulah beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol anda. Sebisa mungkin anda harus menghindari makanan tersebut dan mulai mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Akan lebih baik lagi jika anda menghindari makanan yang siap saji. Selain dengan mengatur makanan yang kita konsumsi, anda juga harus memperhatikan gaya hidup sehat, seperti halnya berolahraga secara teratur, menjauhi merokok dan juga minuman beralkohol.

Makanan Peningkat Kolesterol HDL Atau Makanan Penurun Kolesterol LDL ?

makanan penurun kolesterol yang paling hebat dengan lumbrokinaseAnda tidak akan pernah bisa diet selamanya untuk menjaga pola makan anda, anda tidak bisa menyiksa diri anda dengan mengkonsumsi makanan yang mungkin tidak enak di mulut karena pada akhirnya anda akan mencoba untuk “mencuri” di sela waktu anda ketika anda mulai putus asa.

Jika anda kini sedang merasakan adanya gejala kolesterol pada tubuh anda dengan tanpa adanya tanda-tanda sebelumnya, lebih baik jika anda segera melaksanakan tes darah agar tahu kondisi tubuh anda selengkapnya serta hasil kadar kolesterol pada tubuh anda secara detail agar anda tahu kolesterol anda kini naik ataupun tidak.

Dan apabila memang kadar kolesterol dalam tubuh anda meningkat, ada baiknya anda segera melakukan pengobatan  dan mengganti pola makan dengan makanan penurun kolesterol supaya kadarnya bisa menjadi stabil kembali namun anda mungkin merasa tersiksa dengan berbagai makanan penurun kolesterol yang tidak enak.

Ada cara yang paling baik untuk menjaga kolesterol anda dengan mengganti Makanan Penurun Kolesterol LDL dengan Makanan Peningkat HDL sehingga anda makan tetap enak dan tidak tersiksa. Beberapa diantaranya adalah :

1. Minyak Tak Jenuh.

Anda mungkin suka gorengan, anda mungkin suka dengan ayam goreng dan lainnya ? Anda tetap dapat menikmati makanan goreng yang anda suka namun cobalah untuk digoreng dirumah dengan minyak yang sehat yaitu minyak jagung ataupun minyak bunga matahari yang tersedia banyak di supermarket.

Dengan begini anda dapat tetap menikmati santapan goreng yang lezat namun mengganti minyak yang mengandung tinggi kolesterol dengan minyak yang sehat karena mengandung Omega 3 yaitu Kolesterol baik.

2. Pengganti Makanan Pokok.

Kita semua suka makan nasi, tapi tahukah anda bahwa nasi karbohidrat sederhana yang akan berubah menjadi glukosa didalam tubuh? Anda tetap dapat menikmati nasi tanpa merubah rasa sama sekali dengan menggunakan makanan penurun kolesterol yaitu Beras Sehat yang merupakan campuran dari beras putih dan beras merah yang ada di supermarket besar, rasanya tidak berbeda dengan nasi putih.

Harganya agak sedikit lebih mahal dibandingkan beras biasa namun demi kesehatan mengapa tidak ? Makanan penurun kolestesrol ini sangat dianjurkan bagi anda terutama yang memiliki penyakit diabetes dan kolesterol.

Masih banyak lagi makanan yang dapat anda substitusikan tanpa menyiksa diri yang akhirnya anda justru akan keblabasan pada suatu saat. Cobalah untuk mulai memilah dan memilih mana makanan yang berpotensi meningkatkan kolesterol dan mulai gantikan dengan makanan penurun kolesterol yang baik.

Apa Yang Dikhawatirkan Dari Kolesterol Tinggi?

nyeri dada adalah ciri-ciri penyakit jantung

Memang banyak cara yang bisa kita tempuh, mungkin ada yang lebih memilih obat-obatan kimia ataupun mereka yang lebih memilih makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Sejatinya yang paling dikhawatirkan dari tingginya level kolesterol dalam tubuh manusia adalah terjadinya penimbunan plak penyumbatan pada jantung yang mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Banyak sekali memang berbagai macam makanan penurun kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Namun anda juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat agar kadar kolesterol dalam tubuh anda kembali stabil.

Karena sesungguhnya tidak pernah ada obat kolesterol melainkan hanya penurun kolesterol, seketika kolesterol anda sudah turun dan makan makanan berlemak kembali maka kolestserol anda akan naik kembali. Hanya ada satu obat kolesterol yaitu pola makan anda sendiri!

penyakit-jantung-koronerPlak penyumbatan yang mengakibatkan penyakit jantung koroner, itulah yang dikhawatirkan dari tingginya Kolesterol LDL dalam tubuh kita. Pembentukan Plak sumbatan yang menyebabkan penyakit jantung koroner terbentuk dari senyawa dalam tubuh kita yang berupa fibrin, kolesterol LDL dan kalsium dalam darah.

Mulanya fibrin mengikat Kolesterol LDL dan berjalan dalam peredaran darah kita dan disebut Embulus, Embulus ini nantinya akan menetap pada pembuluh darah kita terutama jantung yang disebut Thrombus, Thrombus inilah yang akan menyatu dengan kalsium dalam darah menjadi plak penyumbatan.

Pada saat ini di Indonesia cara untuk mengatasi penyakit jantung koroner adalah dengan tindakan pemasangan ring atau bypass yang sebenarnya tidak mengurangi plak namun hanya membuka aliran pembuluh darah dengan pemasangan ring.

Namun kabar baiknya ada juga cara alternatif untuk melarutkan plak penyumbatan tersebut dengan senyawa alami yaitu enzim lumbrokinase yang berasal dari cacing yang dibudidaya khusus di dataran tinggi. Berbeda dengan cacing pada umumnya, cacing jenis ini mampu menghasilkan enzim yang dapat melarutkan plak-plak yang menyumbatan dalam tubuh kita.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang enzim ini silakan klik ke halaman Obat Jantung Dan Stroke Iskemik atau klik gambar dibawah ini.

obat jantung koroner dan obat stroke

Summary
Makanan Penurun Kolesterol | Berbagai Makanan Penurun Kolesterol LDL
Article Name
Makanan Penurun Kolesterol | Berbagai Makanan Penurun Kolesterol LDL
Description
Kolesterol dalam tubuh bisa meningkat karena adanya makanan yang banyak mengandung lemak Sajikan beberapa makanan penurun kolesterol bisa anda coba di rumah
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo
Artikel Lain
Gejala Diabetes Dan Pencegahannya Gejala Diabetes Dan Pencegahannya Sejak Dini Gejala Diabetes - Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang sering muncul dengan tanda ketidakmam...
Obat Stroke yang Efektif Obat Stroke Alami Yang Efektif Dari Bahan Alami Obat Stroke Alami Yang Efektif Dari Bahan Alami - Stroke merupakan penyakit yang diindikasi dengan ad...
Gejala Kolesterol dan Pencegahannya! Kenali Segera Gejala Kolesterol dan Pencegahannya Sedini Mungkin Gejala Kolesterol - Gejala kolesterol tinggi tidak jarang dialami oleh seseorang yan...
Gagal Jantung – Gejala Dan Pencegahannya Kenali Gejala Gagal Jantung Dan Cara Mencegahnya Sebelum Terlambat Gagal jantung adalah salah satu kondisi kronis yang terjadi pada jantung dimana ke...