obat diabetes alami dengan cara mudah

Obat Diabetes Alami, Mengobati Diabetes dengan Cara Alami

Bantu Bagikan Artikel Ini

Obat Diabetes Alami – Mengobati Diabetes dengan Cara Alami

menggunakan obat diabetes alamiObat Diabetes Alami – Penyakit diabetes memiliki sifat kadar gula dalam darah yang berlebih akibat hormon insulin yang mengalami gangguan sehingga glukosa yang seharusnya menjadi energi atau tenaga mengendap di dalam darah dan tidak dapat mengalir ke tubuh dengan baik. Oleh karena itu meskipun penderitanya mudah lapar dan haus namun berat badannya semakin menurun karena digerogoti oleh penyakit tersebut.

Terdapat 2 jenis penyakit diabetes yaitu diabetes type 1 dan diabetes type 2Diabetes type 1 sering dikenal dengan istilah diabetes kering yang umumnya diderita oleh anak-anak dan usia remaja. Sedangkan pada type 2 lebih sering dikenal dengan istilah diabetes basah. Penderitanya kebanyakan berusia 40 tahun ke atas. Diabetes type 2 ini lebih berpengaruh untuk memunculkan penyakit lain seperti stroke dan jantung.

Obat Alami Mengatasi Penyakit Diabetes

gejala diabetes diawali kadar gula yang tinggiPengetahuan mengenai penyakit yang satu ini kurang dimiliki oleh sebagian orang sehingga gejala awal yang sudah sering dialami namun diabaikan dan baru disadari setelah sekian lama sampai pada fase atau tahap akut.

Semakin banyaknya penderita diabetes dari tahun ke tahun semakin memunculkan banyak obat berbahan ramuan herbal yang dikemas dalam bentuk kapsul dalam botol. Obat-obatan tersebut memang herbal namun perlu diwaspadai kandungan kimia yang terdapat pada bahan pengawetnya.

Untuk mengurangi resiko banyaknya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, kita perlu mengetahui beberapa obat diabetes alami tanpa bahan pengawet yang bisa kita racik sendiri yang dijamin lebih aman dan tanpa efek samping.

Di bawah ini akan diuraikan beberapa obat diabetes alami yang berasal dari tanaman yang ada di sekitar kita :

1. Daun sambiloto

Sebagian orang mungkin asing dengan istilah tanaman yang satu ini terutama di daerah perkotaan masih jarang ditemukan. Tanaman ini banyak terdapat di pedesaan dan tidak dijual secara bebas di toko obat. Hanya saja banyak obat untuk penderita diabetes yang menggunakan campuran bahan dari daun sambiloto.

Obat diabetes alami yang pertama adalah daun sambiloto yang belum dikemas dalam bentuk kapsul melainkan memetik sendiri dari pohon. Daun ini terkenal dengan rasanya yang pahit namun berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya diabetes.

Daun sambiloto mengandung flavonoid yang mampu memproduksi hormon insulin sehingga aliran glukosa dalam tubuh bisa lancar dan menghindari pengendapan glukosa dalam darah sebagai pemicu adanya penyakit diabetes. Daun ini sangat disarankan untuk obat diabetes alami type 1(kering) maupun type 2(basah).

2. Bawang

Obat diabetes alami selanjutnya adalah bawang. Bawang terdiri dari 2 jenis yaitu bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini dapat dijadikan sebagai obat diabetes alami yang pengolahannya tidak sulit.
Bawang yang termasuk salah satu bumbu dapur utama karena hampir setiap masakan menggunakna bahan ini mengandung nutrisi dan senyawa yang mampu mensekresikan fungsi hormon insulin sehingga mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Tidak dibutuhkan pembuatan ramuan khusus untuk bawang, cukup dikonsumsi sebahai bumbu olahan maka khasiat yang terkandung akan berfungsi untuk mengobati diabetes. Namun akan lebih berkhasiat jika bawang ini dimakan mentah seperti untuk lalapan ketika makan sate.

3. Daun pegagan

Sudahkan anda mengenal daun pegagan? Tanaman yang satu ini berwarna hijau daun menyerupai daun jarak. Tumbuh subur di sekitar tanah yang mengandung air. Daun pegagan dikenal sebagai obat kecantikan dan kesehatan tubuh. Karena manfaatnya yang cukup banyak, daun ini biasa digunakan sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam obat herbal kemasan.

Daun ini adalah salah satu obat diabetes alami yang dikenal memiliki zat anti racun yang berfungsi untuk mencegah dan memusnahkan racun dan segala jenis virus dalam tubuh dan menormalkan fungsi organ tubuh sehingga tubuh menjadi sehat kembali. Bagi penderita diabetes tanaman ini juga mempercepat pengeringan luka.

4. Daun salam

Daun salam teman lengkuas untuk berbagai bumbu masakan dapur ini ternyata juga merupakan salah satu obat diabetes alami. Penderita diabetes yang sedang mengalami luka pada kulit susah untuk kering, daun salam bisa membantu mempercepat pengeringan luka dengan cara ditumbuk hingga halus dan ditempelkan pada bagian luka.

Untuk penyembuhan yang maksimal, anda juga bisa mengkonsumsi rebusan air daun salam yang telah disaring untuk lebih mempercepat pengeringan luka.

5. Ginseng

Tumbuhan duplikat manusia, begitulah kebanyakan orang menyebut karena bentuknya yang menyerupai manusia. Tumbuhan yang berasal dari negara Korea ini dikenal sebagai obat tradisonal berbagai jenis penyakit yang telah terbukti khasiatnya. Salah satu manfaat tanaman ginseng adalah sebagai obat diabetes alami.

Ginseng jika dikonsumsi rutin dan teratur setiap hari akan lebih berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga secara otomatis dan bertahap dapat menyembuhkan penyakit diabetes tanpa efek samping karena berbahan dasar tradisonal.

6. Mengkudu

Tanaman yang sering disebut bentis dalam istilah Jawa ini sudah dikenal masyarakat luas sebagai obat tradisional yang berkhasiat untuk menyembukan segala macam penyakit. Mengkudu juga berkhasiat sebagai obat diabetes alami karena kandungan proxeroni yang dimilikinya mempermudah penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Caranya mudah hanya dengan membuat jus mengkudu kemudian diminum. Jika nada khawatir dengan bau buah ini sekaligus memberikan kesan manis pada jus anda namun tidak boleh menggunakan gula, bisa ditambahkan madu. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Kunyit

Selain daun salam dan bawang, salah satu bahan empon-empon yang bermanfaat sebagai obat diabetes alami adalah kunyit. Tanaman umbi yang berwarna kuning dan biasa digunakan sebagai bumbu masak ini sangat berkhasiat untuk penderita diabetes.

Caranya mudah hanya dengan membuat ramuan kunyit dan sedikit garam kemudian direbus menjadi satu hingga matang. Setelah matang air rebusan ditunggu hingga dingin dan minuman telah siap. Lakukan cara ini dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal.

8. Mahkota dewa

Tanaman mahkota dewa merupakan salah satu tanaman herbal yang berfungsi sebagai obat diabetes alami. Kombinasi antara tanaman mahkota dewa dan daun salam sangat dipercaya untuk menyehatkan badan dan mengobati segala macam penyakit.

Cara mengobati diabetes dengan cara tradisional dengan cara yang sangat mudah yaitu merebus tangkai tanaman mahkota dewa dan beberapa lembar daun salam yang telah dibersihkan telebih dahulu. Setelah direbus hingga mendidih tunggulah dahulu ramuan hingga dingin kemudian saring dan ramuan mahkota dewa siap untuk anda minum. Jika anda menginginkan rasa yang lebih manis bisa dicampurkan dengan sedikit madu.

9. Brotowali

Brotowali adalah salah satu tanaman yang telah populer di kalangan masyarakat luas karena keistimewaannya dalam menyembuhkan segala macam penyakit. Tanaman ini juga sering dijadikan sebagai bahan campuran beberapa jamu tradisional ataupun tanaman herbal kemasan.

Brotowali juga termasuk obat diabetes alami dan beberapa penyakit lainnya. Khusus untuk obat diabetes alami, brotowali dikombinasikan dengan pepaya dengan memanfaatkan batang brotowali dan akar pepaya dicuci hingga bersih kemudian rebus hingga mendidih. Setelah matang ramuan disaring dan setelah dingin bisa anda gunakan sebagai obat diabetes alami yang juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

10. Daun kemangi

Makanan yang bersambal biasanya menggunakan daun kemangi sebagai lalapan. Selain sebagai lalapan daun kemangi juga biasa digunakan untuk campuran sayur ikan untuk penyedap rasa khas. Ternyata kemangi juga memiliki manfaat lain yang sangat penting terutama kesehatan yaitu sebagai obat diabetes alami.

Tidak seperti obat diabetes alami lain yang harus direbus dahulu sebelum dikonsumsi, daun kemangi cukup dimakan mentah sebagai lalapan. Zat alami yang terkandung di dalam daun berfungsi memperlancar sekresi insulin sehingga kadar gula dapat seimbang dengan kebutuhan tubuh. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan yang harus terjaga karena daun kemangi dikonsumsi mentah.

11. Buncis

Buncis adalah sayuran yang termasuk jenis kacang-kacangan berwarna hijau dan digunakan untuk bahan masakan. Tanaman ini mengandung B-sitosterol yang bermanfaat untuk mempercepat produksi hormon insulin dalam tubuh. Buncis bisa memperlancar aliran gula darah dalam mengubah menjadi energi dan mencegah pengendapan glukosa di dalam darah.

Dari latar belakang di atas, buncis dapat digunakan sebagai obat diabetes alami yang mudah didapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket. Cara mengolah buncis menjadi ramuan tradisional untuk obat diabetes alami cukup dengan merebus beberapa buncis dengan air secukupnya hingga mendidih dan setelah dingin bisa segera dikonsumsi satu hari dua kali di pagi dan malam hari.

12. Buah Noni

Buah noni dipercaya sangat berkhasiat sebagai obat diabetes alami untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Buah ini bermanfaat untuk memperbaiki sistem beta pankreas sehingga pengendapan glukosa dalam darah menjadi penyakit kencing manis atau diabetes. Buah noni sering dibuat untuk minuman herbal ataupun jus kemasan.

13. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang berfungsi untuk kesehatan rambut. Selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk obat diabetes alami. Caranya mudah, hanya dengan merebus lidah buaya yang telah dicuci dan dibersihkan. Setelah itu kupas dan potong lidah buaya menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam wadah kemudian didihkan dengan air secukupnya, sisakan hingga sedikit kemudian ramuan siap untuk dikonsumsi.

14. Manggis

Manggis adalah buah berwarna merah tua berbentuk bulat dan memiliki rasa manis. Buah ini sangat enak dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang manis dan lezat, buah ini juga berguna sebagai obat diabetes alami. Bagian buah manggis yang memiliki khasiat terletak pada bagian kulit. Kulit manggis diproduksi dalam beberapa bentuk seperti kapsul, kaplet, dan pil.

Untuk hasil yang maksimal tanpa efek samping lebih baik anda mengkonsumsi kulit manggis yang asli tanpa bahan pengawet. Kandungan kulit manggis terdapat hipoglikemik yang berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darah.

15. Daun sirsak

Siapa yang tak kenal sirsak? Buah sirsak mengandung beberapa vitamin dan senyawa yang sangat berguna bagi tubuh, manfaat lain dari tumbuhan sirsak ini terdapat pada daunnya. Daun sirsak mengandung hipoglikemik yang selain berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darah juga menyeimbangkan fungsi rekresi hormon insulin sehingga hormon insulin bisa berfungsi secara optimal.

Selain buahnya yang nikmat, daun sirsak juga mengandung banyak manfaat untuk mengobati segala macam penyakit berbahaya seperti kanker juga sebagai obat diabetes alami.

Banyak beredar obat herbal kemasan yang berbahan dasar daun sirsak yang dipadu dengan kulit manggis untuk kesehatan dan kebugaran tubuh serta untuk menghilangkan segala macam penyakit.

16. Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu tanaman yang berfungsi sebagai bahan masakan sekaligus obat diabetes alami dan obat tradisional berbagai macam penyakit. Tanaman ini membuat hormon insulin menjalankan fungsinya secara aktif dalam mengalirkan kadar gula dalam tubuh menjadi energi. Kayu manis juga berfungsi menangkal radikal bebas sehingga tubuh terhidar dari segala serangan virus berbahaya.

17. Fenugreek

Fenugreek adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari asia terutama India. Di India tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan sebagai penyedap. Selain sebagai bumbu penyedap rasa masakan, fenugreek juga berkhasiat sebagai obat diabetes alami.

Fenugreek mampu mengontrol kadar gula dengan cara meningkatkan fungsi insulin dalam mengedarkan glukosa. Sehingga secara langsung dapat mengurangi resiko diabetes.

18. Daun mangga

Mangga hanya dikenal karena buahnya yang berwarna hijau dan manis rasanya. Keistimewaan mangga buah mangga adalah vitamin C dan beberapa vitamin lain yang menyehatkan. Mangga biasa dikonsumsi dengan cara dijus ataupun dimakan secara langsung.

Lain halnya dengan buah mangga, daun mangga hanya dikenal sebagai makanan untuk kambing dan sejenisnya. Ada manfaat lain dari daun mangga untuk manusia dan bukan hanya untuk makanan hewan. Daun mangga diketahui sebagai obat diabetes alami yang efektif.

Cara pengobatan tradisional ini sangat mudah hanya dengan merendam daun mangga dengan air secukupnya dalam waktu satu malam. Keesokan harinya ramuan dapat segera diminum. Cara ini dipercaya dapat meringankan penyakit diabetes.

19. Grapefruit merah

Obat diabetes alami yang berasala dari buah adalah Grapefruit. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan direkomendasikan kepada penderita diabetes karena mengandung zat antibodi untuk menangkal segala macam penyakit.

20. Buah pir

Buah yang memiliki rasa khas dan kesegaran saat mengkonsumsi ini selain enak rasanya juga mengandung vitamin yang dapat membantu menurun kan kadar gula dalam darah. Buah yang hampir menyerupai apel ini mampu mengontrol kadar glukosa dalam darah apabila dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang wajar. Dari manfaatnya tersebut buah ini digolongkan sebagai salah satu obat diabetes alami.

21. Buah semangka

Buah semangka adalah buah enak obat diabetes alami. Semangka mengandung vitamin B dan vitamin C, serta memiliki kandungan beta carotene yang bisa meringankan penderita diabetes. Kandungan air dalam buah semangka juga sangat diperlukan untuk menambah cairan pada penderita diabetes.

22. Buah persik

Selain buah-buahan yang berkhasiat untuk penderita diabetes buah persik juga termasuk ke dalam buah yang digunakan sebagai obat diabetes alami karena kandungan serat yang tinggi dan beberapa vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

23. Buah jeruk

Jeruk kita kenal sebagai makanan pencuci mulut karena rasanya yang manis namun juga agak masam. Buah jeruk memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga sangat cocok untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan vitamin C yang dimilikinya.

Demikianlah penjelasan mengenai obat diabetes alami yang mudah ditemui di pasar tradisional maupun di dekat rumah. Cara pengolahan dan konsumsinya pun mudah. Dan yang paling penting adalah terjaga kealamiannya tanpa bahan kimia.

Summary
Obat Diabetes Alami
Article Name
Obat Diabetes Alami
Description
Untuk mengurangi resiko banyaknya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, kita perlu mengetahui beberapa obat diabetes alami tanpa bahan pengawet yang bisa kita racik sendiri yang dijamin lebih aman dan tanpa efek samping.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini