operasi pasang ring jantung

Operasi Pasang Ring Jantung

Bantu Bagikan Artikel Ini

Operasi Pasang Ring Jantung

Kateterisasi jantung koronerOperasi Pasang Ring Jantung adalah suatu prosedur tindakan kateterisasi yang disertai pelebaran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dengan pemasangan stent yang ditempatkan di arteri sebagai bagian dari prosedur yang disebut percutaneous coronary intervention (PCI) atau angioplasti koroner.

Penyakit jantung kini telah menempati level teratas dari penyebab kematian diseluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan tingkatan presentasi yang tinggi dari nominal pasien yang meninggal karena penyakit jantung ini. Serangan penyakit ini membutuhkan penanganan yang cukup serius agar pasiennya mendapatkan solusi pengobatan dari penyakit mematikan ini.

tanda-tanda penyakit jantung akibat operasi pasang ringSalah satu solusi yang umum dilakukan oleh dokter adalah dengan melakukan operasi pasang ring pada organ jantung didalam tubuh pasien walaupun ada beberapa alternatif yang salah satunya saya informasikan di bagian paling bawah halaman ini.

Pasang ring jantung umumnya lebih dikenal dengan nama pasang stent atau cincin pada organ jantung. Perlu diketahui bahwa pasang ring jantung merupakan sebuah prosedur untuk memperlebar pembuluh darah koroner pada bagian jantung yang tersumbat dan menyempit bukan untuk menghilangkan plak penyumbatan atau thrombus pada dinding pembuluh darah kita.

Hal ini dimaksudkan untuk membuka  atau memperlebar pembuluh darah yang mengalami koroner / sumbatan menuju jantung jantung supaya jantung dapat kembali menerima asupan darah dan oksigen yang cukup.

Nah, untuk mengetahui tentang operasi ring yang dilakukan pada jantung dengan lengkap maka simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Kondisi Seperti Apa Ring Jantung Perlu Dipasang

kondisi pasien operasi pasang ring jantungBagi yang belum mengetahui hal ini, tentunya anda ingin tahu bukan dalam kondisi apa dan bagaimana ring jantung ini perlu dipasang. Nah, menurut pada dokter spesialis jantung, ring jantung dibutuhkan saat seseorang mulai terdeteksi mengidap penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner ini umumnya terjadi karena pembuluh darah koroner pada bagian jantung ini menyempit sehingga seluruh kerja organ-organ tubuh yang lainnya pun ikut terhambat karena aliran darah sebagai bahan vital yang dialirkan keseluruh tubuh yang membutuhkan asupannya tersebut melewati pembuluh darah koroner.
 
Oleh karena itu, apabila seseorang mengalami penyempitan dan penyumbatan sebagai akibat dari lemak yang menumpuk serta kalsium yang mengendap pada jantung akan sulit untuk mendapatkan pasokan darah dan oksigen untuk dialirkan. Dan yang lebih fatal lagi, hal ini dapat menyebabkan otot-otot jantung mengalami kematian sehingga berjung dengan kematian seseorang.

Prosedur Operasi Pasang Ring Jantung

prosedur operasi pasang ring jantung pada tubuhPasang ring jantung diperlukan saat pembuluh darah koroner menyempit, dalam keadaan demikian maka dibutuhkan sebuah penyanggah supaya pembuluh darah terbuka dan aliran darah serta oksigen dapat lancar mengalir ke otot jantung.

Oleh karenanya ring jantung diperlukan untuk membuka pembuluh darah supaya lebih lebar lagi. Prosedur Operasi Pasang Ring Jantung adalah sebagai berikut :

  • Prosedur pertama operasi pasang ring jantung adalah memperlebar pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan yang dilakukan dengan cara melakukan suntikan anestesi pada pangkal paha.
  • Berikutnya kemudian, dokter spesialis bedah jantung melakukan langkah selanjutnya dengan memasukkan selang kecil atau dalam bahasa medisnya disebut kateter ke dalam lengan atau tungkai.
  • Didukung dengan bantuan gambar pada layar monitor, dokter mengarahkan selang kecil tersebut pada arah arteri yang sedang menyempit atau mengalami penyumbatan didalam jantung. 
  • Setelah itu menginjak pada langkah selanjutnya dengan disediakannya kateter kedua yang memiliki ukuran lebih besar serta dilengkapi balon dan ring jantung atau stent. Lalu kateter yang kedua tersebut disambungkan pada kateter pertama yang sudah dimasukkan ke dalam pembuluh darah itu.
  • Ujung pada kateter kedua ini haruslah sampai kedalam sumbatan arteri koroner hingga balon pada kateter kedua tersebut bisa ditiupkan dan melakukan perlebaran pada bagian yang tersumbat atau menyempit didalam arteri koroner.
  • Cincin atau ring jantung yang dipasang didalam arteri koroner ini dibuat dari paduan dan jalinan logam yang kecil dengan bentuk tabung dan berguna sebagai penyanggah supaya pembuluh darah tetap terbuka sehingga tidak mengalami penyumbatan dalam memasok darah serta oksigen kedalam otot jantung. 

Perawatan Pasca Operasi Pasang Ring Jantung

perawatan pasca operasi jantungPerawatan setelah operasi pasang ring jantung ini sangat perlu dilakukan untuk mendukung proses pemulihannya. Sebagai contoh seperti terapi, kontrol serta mengkonsumsi jenis-jenis makanan pendukung yang dianjurkan dalam perawatan pasca operasi.

Para pasien dianjurkan agar memiliki pola makan yang seimbang juga menghindari asupan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Makanan yang berkolesterol tersebut seperti jeroan atau organ dalam hewan, kambing, sapi, kuning telur, susu dan masih banyak lagi.

Selain itu wajib pula dihindari makanan-makanan yang mengandung natrium dan trigleserida seperti margarin, garam, gula, santan dan minyak goreng. Sedangkan makanan yang menjadi anjuran adalah buah-buahan, minyak zaitun, minyak salmon, sayuran dan gandum.

Hal lain yang diperlukan adalah mengikuti arahan dari dokter tentang terapi dan kontrol yang diperlukan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kondisi jantung yang berkesinambungan dan untuk dapat mengetahuinya dengan pasti, sebaiknya pasien tersebut melakukan USG secara rutin pada jantung. Dengan demikian pasien akan mengetahui dan mengikuti anjuran yang aman dengan tujuan segera memiliki keadaan yang membaik.

Kisaran Biaya Operasi Pasang Ring Jantung

biaya operasi pasang ring jantungHal pertama yang sering terfikir dalam benak pasien maupun keluarga pasien yang akan melakukan operasi pasang ring jantung ini biasanya adalah berapa biaya operasi pasangnya.

Nah, hal ini tentu saja penting untuk dipertimbangkan sebagai persiapan utama terlaksanya sebuah operasi. Biaya pasang operasi ring jantung ini tergantung dari kualitas ring jantung yang dimiliki. Ring jantung yang memiliki kualitas tinggi bisa bertahan sampai 7 tahun dan bebas dari serangan jantung. Kisaran harga ringnya adalah antara 50-75 juta rupiah.

Namun kisaran tersebut belum termasuk biaya kateter, perawatan dan penginapan serta dokter spesialisnya. Dengan seluruh rincian yang ada maka kisaran biayanya sekitar 150-250 juta rupiah. Perlu diketahui jika didalam jantung terdapat lebih dari satu penyumbatan pembuluh darah, maka ring jantung yang dibutuhkan sebanyak pembuluh darah yang mengalami penyumbatan.

Bagi sebagian kalangan, kisaran harga tersebut sangatlah mahal bahkan kebanyakan penderita tidak mampu melakukan operasi ini karena tidak memiliki biaya yang cukup, cobalah menggunakan BPJS asuransi kesehatan dari pemerintah untuk mendapatkan perawatan bebas biaya.

Efek Samping / Resiko Operasi Pasang Ring Jantung

efek samping pemasangan ring jantungSelain biaya yang sangat mahal, operasi pasang ring jantung juga memiliki resiko atau efek samping seperti beberapa contoh yaitu tekanan darah yang menurun, terjadinya pembekuan darah serta reaksi tertentu pada bahan yang dipakai ketika memasang ring.

Resiko yang paling besar kedua adalah apabila stent atau ring tersebut pecah disebabkan oleh terjadinya penyumbatan keras sehingga harus melakukan operasi bypass agar dapat menyelamatkan nyawa pasien dan yang paling buruk adalah kegagalan operasi yang dapat berujung pada kematian.

Operasi bypass jantung berbeda dengan operasi pasang ring jantung, cara ini dilakukan dengan membuat saluran baru melewati arteri koroner yang mengalami penyumbatan atau penyempitan untuk mendapatkan aliran darah baru sehingga dapat membawa oksigen serta nutrisi lain menuju otot jantung dan organ secara keseluruhan.

Saluran yang baru dibuat ini berasal dari arteri atau vena yang sehat (tidak ada plak penyumbatan/penyempitan) dari bagian lain pada tubuh yang biasanya diambil dari bagian belakang paha kemudian dihubungkan dengan melakukan pencangkokan pada arteri koroner yang tersumbat dan menyempit pada jantung.

Bagaimana Menyembuhkan Penyakit Jantung Koroner Tanpa Operasi Pasang Ring Jantung?

cara alternatif tanpa operasi pasang ring jantungPertama – tama kita harus memahami bahwa Kunci kesembuhan penyakit jantung koroner adalah “Bagaimana kita menghilangkan plak penyumbatan pada pembuluh darah kita” bukan dengan “mengencerkan darah kita”.

Walaupun tergolong baru namun sejalan dengan perkembangan teknologi nano yang terjadi sejak tahun 2000-an telah mencapai terobosan – terobosan modern yang memberikan harapan baru bagi penderita penyakit jantung koroner maupun kardiovaskular lainnya seperti stroke iskemik (penyumbatan).

Berikut ini adalah penjelasan pemahaman mengenai penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung koroner

Apakah Thrombus / Plak Penyumbatan itu sebenarnya ?

jenis kolesterol dalam tubuhPlak penyumbatan / Thrombus yang terdapat pada dinding pembuluh darah kita terbentuk dari proses pengikatan antara fibrin dengan kolesterol yang juga disertai pengerasan oleh kalsium maupun radikal bebas yang mendorong percepatan terjadinya pembentukan plak, sehingga lambat laun menjadi penyumbatan yang menghalangi darah kita mengalir secara normal ke jantung kita.

Lumbrokinase adalah salah satu dari hasil terobosan teknologi nano yang berasal dari enzim yang terdapat pada cacing yang dibudidaya secara khusus di dataran tinggi yang mampu mengurai thrombus / plak penyumbatan yang ada pada dinding pembuluh darah kita.

Menurut Profesor Mahendra Kumar Verma, Head Department of Biotechnology RVR & J C College of Engineering dari India pada jurnal ilmiah nya telah membuktikan bahwa 95% tingkat keberhasilan telah dicapai melalui penggunaan Lumbrokinase sebagai pelarut thrombus atau plak penyumbatan. Cara kerja Lumbrokinase sendiri sangat sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa, yaitu dengan mengurai kembali struktur dari pembentukan plak yang terdiri dari fibrin dan kolesterol tadi sehingga plak penyumbatan mengalami pelarutan secara perlahan dan berkurang.

Selain itu di Indonesia juga dibahas mengenai Lumbrokinase sebagai Anti Trombotik yang dikonsumsi secara oral :

obat jantung koroner dan stroke

penyakit neuropati diabetesDi Indonesia sendiri pada tahun 2015 telah memiliki produk yang menggunakan bahan alami tersebut dengan merk dagang Gravistro yang mampu memberikan hasil yang diharapkan oleh penderita penyakit jantung koroner, stroke iskemik yakni membantu melarutkan plak penyumbatan / thrombus.

Tidak seperti produk lain yang mengklaim sebagai obat jantung atau stroke namun ternyata hanyalah pengencer darah (salah satu cirinya adalah diletakan dibawah lidah) yang memberikan efek “kesan telah sembuh”, maka produk Gravistro bukanlah produk pengencer darah melainkan melancarkan kembali pembuluh darah dengan membersihkan dan mengurai sumbatan – sumbatan thrombus/plak pada pembuluh darah kita.

Salah satu pasien penderita penyakit jantung koroner & neuropathy diabetic yang divonis dokter harus di Bypass dan memasang 2 buah ring namun setelah menkonsumsi produk Gravistro selama 9 Bulan memberikan hasil Angiogram Kateterisasi SEBELUM & SESUDAH mengkonsumsi :

operasi pasang ring jantung pada penyakit jantung koronerIbu Liana Kumalawaty, Usia 56thn.
Mengalami Penyumbatan Pada Ketiga Bagian Jantung, setelah mengkonsumsi 9 bulan Gravistro, terjadi Diffuse (pengurangan) pada plak penyumbatannya – Di Rumah Sakit Harapan Kita, Hasil Angiogram Bulan Maret 2015 (Sebelum) dan Bulan Januari 2016 (Sesudah).
Penjelasan : No.1 Penyumbatan 2 Titik hilang. No.2 Dinyatakan Diffuse (berkurang), No.3 Dari 6 titik menjadi 4 titik.

Demikianlah seputar bahasan mengenai kesehatan tentang operasi ring jantung yang dapat anda simak. Semua informasi tersebut akan memberikan anda gambaran terkait dengan operasi stent atau ring pada jantung yang dilakukan oleh para penderita jantung koroner.

Sayangilah jantung anda dengan menjaga pola makan dan pola hidup sebagai langkah awal dalam pencegahan penyakit jantung. Hal ini dimaksudkan agar kemungkinan seseorang terserang penyakit jantung dapat berkurang serta kegiatan operasi pasang ring untuk penyakit jantung pun tidak harus dilakukan. Semoga bermanfaat.

Klik Disini Untuk Mengetahui Bagaimana Gravistro Bekerja Melarutkan Plak Penyumbatan Pada Pembuluh Darah Anda Agar Terhindar Dari Operasi Pasang Ring Jantung.

obat jantung stroke

Summary
Operasi Pasang Ring Jantung
Article Name
Operasi Pasang Ring Jantung
Description
Operasi Pasang Ring Jantung adalah suatu prosedur tindakan kateterisasi yang disertai pelebaran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dengan pemasangan stent yang ditempatkan di arteri sebagai bagian dari prosedur yang disebut percutaneous coronary intervention (PCI) atau angioplasti koroner.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini