bahaya penyakit stroke dan askep stroke

Pencegahan Penyakit Stroke

Bantu Bagikan Artikel Ini

Pencegahan Penyakit Stroke Untuk Menghindari Resiko Bahaya Penyakit Stroke

Ada beberapa orang yang saat ini mulai banyak terserang penyakit karena mereka masih belum memiliki gaya hidup yang baik. Bahaya stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat anda dan juga beberapa anggota keluarga anda merasakan beban yang cukup berat.

Penyakit stroke merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf seseorang, berdasarkan beberapa informasi penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang umur mereka. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dengan penyakit ini.

Beberapa orang memang merasa penyakit ini bisa menyerang mereka dan juga bisa menyerang kapan saja. Jadi ada beberapa orang yang saat ini sudah mulai mengurangi gaya hidup buruk mereka. Mereka takut kalau penyakit ini menyerang saraf mereka. Ada beberapa bahaya yang disebabkan oleh penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang akan ditemukan antara lain:

  1. Merusak jaringan saraf, beberapa saraf yang ada di tubuh kita akan terputus akibat terjadinya sebuah kejadian yang memang membuat saraf terbentur.
     
  2. Kelumpuhan, akan terjadi beberapa kelumpuhan pada beberapa organ kita yang bisa membuat kita sulit untuk melakukan beberapa hal.
     
  3. Kematian, jika penyakit ini gagal atau terlambat ditangani bisa menyebabkan akibat yang paling akhir yaitu kematian.
     

Sebagai orang yang cerdas sudah seharusnya kita mulai untuk menjalani beberapa gaya hidup yang sehat yang pastinya akan membantu mereka agar tidak terkena penyakit ini. Anda harus mulai bisa mengatur bagaimana caranya agar anda dan keluarga anda bisa terhindar dari penyakit ini. Ada beberapa hal yang memang akan sangat membantu anda.

Akibat terkena stroke bagi kehidupan

Ada beberapa hal yang memang akan menjadi hambatan jika anda terkena penyakit stroke ini. Oleh karena itu anda harus tahu beberapa hal yang memang akan anda alami jika anda terkena penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin anda alami antara lain:
 

  • Aktivitas terhambat, anda akan sulit menjalankan beberapa aktivitas karena pergerakan tubuh anda akan terhambat.
     
  • Tidak bisa bekerja, akibat kelumpuhan anda tidak bisa lagi melanjutkan beberapa pekerjaan yang memang seharusnya anda lakukan.
     
  • Sulit berbicara, ini diakibatkan jika saraf pada organ bicara anda terganggu dan akan sulit untuk berbicara.
     

Apabila anda sudah terkena penyakit ini dan sudah hampir sembuh maka anda tidak boleh langsung bersenang hati karena anda masih harus berhati-hati. Penyakit ini masih bisa menyerang anda kapan saja dan masih mungkin bisa membuat anda menderita lagi. Oleh karena itu menerapkan gaya hidup yang sehat merupakan hal yang baik agar terhindar dari bahaya stroke yang bisa mengancam kita kapan saja. Jadi jangan sampai anda terkena penyakit ini lagi untuk kesekian kalinya.

7 Langkah Ampuh Pencegahan Penyakit Stroke Sejak Dini

pencegahan penyakit stroke 
Stroke memang saat ini bisa menjadi momok yang sangat menakutkan. Cara yang paling tepat untuk mengatasi stroke in ialah pencegahan penyakit stroke yang di lakukan sejak dini, dengan melakukan pencegahan, tentu saja dapat meminimalisir terjadinya stroke. Jumlah penderita stroke yang berada di Indonesia sendiri semakin meningkat di tiap tahunnya.
 
Pada tahun 2012 lalu saja, penderita stroke sudah mencapai 500.000, dan 12.500 orang kehilangan nyawanya akibat penyakit tersebut, dan sisanya mengalami cacat. Oleh karena itu, pencegahan penyakit stroke ialah langkah awal yang harus kita lakukan.

Penyebab penyakit stroke sendiri ada 2 jenis, antara lain:
  • Risiko medis, faktor yang satu ini bisa terjadi dan menyebabkan stroke seperti hipertensi, kolesterol, diabetes, terjadinya gangguan jantung, hingga adanya riwayat stroke yang terjadi di keluarga. Menurut adanya data statistik, sebanyak 80% pemicu dari penyakit stroke ialah hipertensi atau yang sering di kenal dengan tekanan darah tinggi.
     
  • Dari kebiasaan hidup penderita, faktor dari dalam penderita sendiri bisa seperti gaya hidup yang kurang sehat, gemar mengkonsumsi minuman beralkohol, berbagai makanan cepat saji, hingga tidak adanya aktifitas olahraga.

Stroke memang sangat menyeramkan, namun pencegahan penyakit stroke ini juga bisa di lakukan dengan mudah, berikut 7 langkah mudah pencegahan penyakit stroke, seperti:

  1. Hindarilah kebiasaan merokok, merokok dapat menyebabkan pengerasan yang terjadi di dinding pembuluh darah, serta membuat darah menjadi lebih mudah menggumpal,
     
  2. Periksalah tekanan darah dengan rutin, tentu Anda sudah tahu jika penyebab stroke juga bisa dikarenakan tekanan darah yang terlalu tinggi, jadi secara berkala periksalah tekanan darah Anda,
     
  3. Jangan terlalu stress, stress atau depresi ini bisa memperlambat kinerja otak,
     
  4. Makan berbagai makanan yang sehat, hindari makanan seperti daging merah terlalu banyak,
     
  5. Olahraga dengan teratur, olahraga dapat mensinkronkan seluruh anggota tubuh Anda, Anda akan terbebas dari penyakit jantung, otomatis akan memperkecil kemungkinan penyakit stroke,
     
  6. Kendalikan berat badan, berat badan yang berlebih dapat menyebabkan diabetes dan dapat memperbesar risiko stroke akibat kolesterol yang menjadi penumpukan pada dinding pembuluh darah,
     
  7. Jangan mengkonsumsi alkohol berlebihan.

 

pencegahan penyakit strokeJika Anda kurang terbiasa dalam melakukan pola hidup yang sehat, melakukan kebiasaan-kebiasaan ini akan terasa berat. Namun jika Anda terbiasa melakukannya, pola ini akan terbentuk dengan sendirinya. Selain pengetahuan mengenai pencegahan, Anda juga harus terus menambah informasi mengenai kesehatan, seperti beragam obat-obatan tentang penambah hormon atau obat-obatan yang tidak boleh di konsumsi.
 
Pencegahan penyakit stroke ini bisa Anda lakukan sejak dini, ajarkan pula kepada anak Anda. Seperti pentingnya hidup sehat, pentingnya pencegahan, hingga manfaat yang bisa di rasakan, agar sejak dini pun mereka sudah membiasakan untuk menjalankan pola hidup sehat. Tidak ada salahnya untuk mencoba selama kegiatan tersebut bisa melakukan terhadap pencegahan penyakit stroke.

Pertolongan Pertama Penyakit Stroke yang Wajib Anda Tahu

Stroke ialah penyakit syaraf yang banyak mengakibatkan kematian ataupun cacat. Bahkan stroke ini ialah salah satu dari 3 penyebab kematian yang berada di dunia. Sebagaimana yang sering kita lihat, stroke ini dapat menyerang siapa saja, entah pria atau wanita, tua atau muda. Inilah sebabnya, pengetahuan mengenai pertolongan pertama penyakit stroke harus Anda tahu, agar ketika saudara atau teman Anda mengalami serangan stroke ini, Anda tidak salah dalam melakukan tindakan.

Serangan stroke ini dapat menyerang siapa saja, apalagi untuk mereka yang memiliki penyakit yang berbahaya seperti kencing manis, darah tinggi, jantung, kolesterol yang tinggi, obesitas, tetapi stroke ini sangat riskan untuk penderita hipertensi. Serangan stroke bisa berkaitan erat dengan darah tinggi yang dapat kemunculan kerusakan dinding di pembuluh darah yang tidak merata.

 
Gejala stroke memang bisa menyerang kapan saja. Tidak mengenal waktu ataupun tempat. Bahkan untuk orang yang dinyatakan sehat oleh dokter saja bisa saja bisa tiba-tiba mengalami penyakit ini. Ketika Anda melihat seseorang yang terkena serangan ini, tentu Anda tidak boleh berdiam diri. Anda harus ikut menolong, tapi belum tahu cara pertolongannya?

 
Jika Anda sedikit saja salah melakukan tindakan, dampak yang di timbulkan akan sangat besar. Agar Anda tidak keliru melakukan pertolongan, berikut ialah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Saat keluarga atau orang di sekitar Anda tiba-tiba mengalami stroke, jangan panik. Anda harus tetap bersikap tenang,
     
  2. Jangan pindahkan penderita ke tempat lain, biarkan ia berada di tempat ketika ia terjatuh, karena bila Anda memindahkan penderita akan lebih mempercepat perpecahan pembuluh darah yang berada di otak,
     
  3. Bantu penderita untuk mengambil posisi duduk yang tepat, agar ia tidak terjatuh kembali,
     
  4. Jika Anda sudah selesai membetulkan posisi duduknya, Anda bisa mengeluarkan darah,
     
  5. Pengeluaran darah ini yang terbaik memang menggunakan jarum suntik, tetapi bila tidak ada jarum suntik, Anda dapat menggunakan jarum jahit ataupun peniti, namun harus Anda sterilkan terlebih dahulu,
     
  6. Cara untuk mensterilkan dengan cara di bakar,
     
  7. Setelah selesai di sterilkan lakukan penusukan di 10 ujung jari yang berada di tangan, titik penusukan 1mm dari ujung kuku, setiap jari tusukkan sebanyak 1 kali,
     
  8. Bila mulut penderita mencong, Anda bisa menarik telinga penderita hingga kemerahan, setelah itu ujung bawah daun telinga tusuk sebanyak 2 kali.
     

Setelah Anda selesai melakukan pertolongan dan mulut penderita normal kembali, artinya tidak akan ada efek fatal yang di alami penderita, Anda bisa segera membawanya ke rumah sakit. Anda tidak perlu takut atau khawatir dengan pertolongan pertama penyakit stroke yang Anda lakukan. Jika Anda tidak pernah melakukan pertolongan ini sebelumnya, Anda jangan ragu. Keraguan, kepanikan malah akan memperparah keadaan.

Gravistro Obat Jantung & Stroke

Gravistro obat jantung dan stroke


Bantu Bagikan Artikel Ini