tanda-tanda penyakit jantung

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Yang Harus Anda Waspadai

Bantu Bagikan Artikel Ini

Tanda-Tanda Penyakit Jantung Yang Harus Anda Waspadai

tanda-tanda penyakit jantung yang wajib diantisipasiTanda-tanda penyakit jantung – Kita kerap mendengar seseorang yang pada hari kemarin masih sehat dan beraktifitas tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia. Kemudian saat ditelusuri ternyata orang tersebut mengalami tanda-tanda penyakit jantung tetapi hanya kurang dirasakan.

Banyak yang menganggap tanda-tanda penyakit jantung yang terjadi akibat kelelahan atau factor usia akibat kurangnya pengetahuan mereka.

Padahal penyakit jantung ini merupakan salah satu pembunuh atau penyebab kematian paling tinggi di dunia termasuk di Indonesia. Tanda-tanda penyakit jantung kebanyakan tidak disadari dan tidak dirasakan. Sebagai insan yang bijak seharusnya lebih berhati-hati dengan setiap gejala yang terjadi pada tubuh dan senantiasa menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan jantung dengan baik.

Menjaga diri dari penyakit jantung bisa dilakukan dengan mengetahui informasi tentang tanda-tanda penyakit jantung dan cara mencegah terjadinya. Untuk itu penting bagi anda untuk menyimak informasi tentang berikut ini.

Klasifikasi Tanda-tanda Penyakit Jantung Saat Terjadinya Serangan Jantung

Serangan jantung dari semua tanda-tanda penyakit jantung diklasifikasikan menjadi 5 jenis diantaranya :

1. Serangan Jantung Tipe 1

tanda-tanda penyakit jantung serangan jantung tipe 1Tanda-tanda penyakit jantung atau serangan jantung spontan ini berkaitan dengan iskemia atau penyumbatan yang diakibatkan terjadinya sesuatu pada pembuluh darah koroner seperti gugurnya plak sehingga terjadi hambatan aliran darah dan biasanya hal ini terjadi pada saat tekanan darah meningkat lebih tinggi dari biasanya.

Jika anda mengalami hal ini cobalah untuk tenang dan segera berobat ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan, untuk pertolongan pertama saat terjadi hal ini anda bisa membeli obat pengencer darah di apotik terdekat misalnya merk cedocard yang diletakan dibawah lidah.

2. Serangan Jantung Tipe 2

tanda-tanda penyakit jantung serangan jantung tipe 2Tanda-tanda penyakit jantung tipe yang kedua atau serangan jantung iskemik sekunder ini diakibatkan kebutuhan oksigen yang meningkat atau suplai oksigen yang berkurang misalnya: coronary embolism, kejang arteri koroner, irama jantung tidak teratur (aritmia), kurang darah, tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi.

Bila memiliki gejala penyakit jantung tipe kedua ini, cobalah bernafas dalam dan segera berikan ruang untuk mendapatkan oksigen alami. Hentikan kegiatan sehari – hari seperti berolah raga terlalu keras, jangan terlalu stress menghadapi pekerjaan maupun mengendalikan emosi sehari – hari.

3. Serangan Jantung Tipe 3

tanda-tanda penyakit jantung yang dialamiSerangan jantung tipe ini terjadinya akibat kematian jantung secara mendadak yang tidak diharapkan begitu juga cardiac arrest yang kerap disertai gejala-gejala sugesti dari serangan jantung iskemia atau koroner yang diikuti iskemia dengan LBB-Leftbundle Branch Block yaitu penyumbatan cabang kiri jantung atau pada arteri koroner terjadi trombosis akibat otopsi dan atau angiography.

4. Serangan Jantung Tipe 4

tanda-tanda penyakit jantung akibat operasi pasang ringTanda-tanda serangan jantung tipe keempat ini berkaitan dengan bekas stent atau operasi pemasangan ring jantung (coronary angioplasty) yang terjadi akibat penambahan plak – plak penyumbatan disekitar ring.

Itu sebabnya jika anda sudah melakukan operasi pasang ring jantung, maka anda harus mengkonsumsi obat pengencer darah seumur hidup, karena salah satu kekhawatirannya adalah adanya bloodclot atau sumbatan darah kembali di sekitar ring.

5. Serangan Jantung Type 5

tanda-tanda penyakit jantung akibat operasi bypass jantungTanda tanda penyakit jantung pada serangan jantung ini berhubungan dengan terjadinya CABG (Coronary Artery Bypass Graft) atau yang dikenal dengan operasi bypass jantung yang dapat terjadi akibat penggumpalan darah yang menutupi saluran pada bekas operasi.

Tanda-tanda Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Perhatikan

Ada beberapa deretan tanda-tanda penyakit jantung yang penting anda waspadai jika anda temukan pada diri maupun orang terdekat anda, diantaranya:

1. Rasa Cemas Tanpa Sebab.

rasa cemas adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungSakit jantung membuat pengidapnya merasa cemas terhadap hal yang membuatnya cepat meninggal dan mengalami ketakutan yang lebih intens. Jika telah pulih dari tanda-tanda penyakit jantung membuat bekas penderitanya menganggp dirinya telah terbebas dari kematian.

2. Mudah Merasa Lelah.

mudah merasa lelah adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungPara calon penderita infark miokardinal bakal lebih kerap mengalami gejala ini, seakan tubuh tidak memiliki daya saat digunakan untuk bekerja.Kurangnya pengetahuan kemungkinan calon penderita mengira dirinya hanya kurang istirahat. Sebenarnya persepsi tersebut bisa dibilang kurang tepat, namun apabila kelelahan yang diderita begitu ekstrem besar kemungkinan merupakan tanda-tanda penyakit jantung.

Sebenarnya terdapat cara untuk mengenali apakah rasa letih atau lelah yang dialami ada hubungannya tanda-tanda penyakit jantung atau tidak. Sebab keletihan tersebut tidak bisa selalu dikaitkan dengan terganggunya kesehatan jantung.

Untuk permulaan anda bisa mencoba mengurangi waktu untuk aktifitas anda, apabila sepertinya kurang berhasil anda bisa mengurangi beban dan waktu kerja. Jika masih belum berhasil anda bisa mengambil waktu beberapa hari untuk istirahat total dan jika belum terdapat tanda keberhasilan anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

3. Mengalami Batuk berdarah.

batuk berdarah adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungBatuk yang disertai dengan darah termasuk tanda-tanda penyakit jantung yang disebabkan akumulasi cairan yang terdapat pada paru-paru. Apabila selama ini anda merasa tubuh anda sehat lalu suatu saat mengalami batuk berdarah untuk kali pertama, segeralah pergi ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan jantung atau paru-paru anda. Karena ada beberapa kemungkinan lain selain akibat penyakit jantung.

4. Mengalami Pusing Bahkan Pingsan.

pusing dan pingsan adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungSerangan jantung membuat pengidapnya beberapa kali merasa pusing dan kerap kali diakhiri dengan hilang kesadaran atau pingsan. Tanda-tanda penyakit jantung tersebut terjadi diakibatkan aliran darah tidak optimal, kemampuan memompa darah yang buruk dan denyut jantung abnormal.

5. Gangguan Tidur / Insomnia.

gangguan tidur atau insomnia adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungAkibat masalah pembuluh darah yang tidak lancar karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah seperti jantung, tangan maupun kepala, maka dapat timbul rasa nyeri dan ketidaknyamanan sebagai gejala awal penyakit jantung lain seperti jantung berdebar, rasa cemas dan leher kaku bisa mengakibatkan seorang penderita susah tidur atau insomnia.

6. Mual dan Terganggunya Nafsu Makan

mual adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungPembengkakan yang terjadi di perut membuat penderita kehilangan selera makan bahkan lebih sering ingin muntah dan merasa mual. Gejala penyakit jantung ini merupakan ciri yang secara fisik yang bisa dilihat pada penderita.

Walaupun hal ini juga bisa terjadi akibat adanya asam lambung yang naik, namun patut anda periksa kepastian penyebabnya.

7. Sesak Napas

sesak nafas mual adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungSesak napas dan nyeri dada senantiasa muncul beberapa hari sebelum penderita divonis mengalami penyakit jantung/ gagal jantung. Gejala penyakit jantung berupa sesak nafas tersebut diakibatkan rongga udara yang terdapat dalam paru-paru (edema pulmoner atau kongesti pulmoner) dimasuki cairan.

8. Denyut Jantung Tidak Teratur

denyut jantung tidak teratur adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungUmumnya dokter berkata bahwa terjadi masalah yang begitu menghawatirkan jika detak jantung tidak teratur terjadi. Apalagi apabila diikuti dengan tanda-tanda penyakit jantung seperti kelelahan, sesak napas, lemah dan pusing. Hal tersebut merupakan bukti nyata dari gagal jantung, aritmia atau serangan jantung.

Apabila tidak memperoleh penanganan segera bisa membuat pengidap menderita stroke bahkan parahnya mengakibatkan kematian mendadak.

9. Kepenatan atau Kelelahan

mudah merasa lelah dan penat adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungApabila jantung dalam memompa darah kurang efektif maka sirkulasi darah menuju otot akan berkurang selama melakukan aktifitas. Hal ini mengakibatkan penderita merasa gejala penyakit jantung seperti lelah dan lemah yang kerap kali bersift ringan.

Untuk mengatasi hal tersebut penderita umumnya secara bertahap mengurangi aktifitas yang dilakukan atau menganggap gejala tersebut merupakan akibat proses penuaan.

10. Nyeri Dada

nyeri dada adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungApabila otot tidak memperoleh suplay darah atau iskemi sehingga hasil metabolisme yang berlebihan dan oksigen yang tidak memadai bisa mengakibatkan serangan jantung seperti kejang atau kram.

Angina adalah sebuah perasaan sesak pada dada seperti diremas-remas yang muncul apabila otot jantung tidak memperoleh darah yang mencukupi. Berat dan jenisnya nyeri atau ketidaknyamanan tersebut cukup variatif pada setiap orang. Beberapa orang yang mengalami kekurangan sirkulasi darah bisa jadi sama sekali tidak merasakan nyeri (silent ischemia).

11. Keringat Dingin

gejala keringat dingin adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungUmumnya seseorang merasakan keringat dingin saat gugup karena tampil didepan umum atau saat menahan BAB. Keringat dingin ini sebenarnya termasuk salah satu gejala umum akibat serangan jantung tetapi kurang disadari. Untuk itu, apabila tubuh anda mengeluarkan keringat dingin sewaktu-waktu tanpa beralasan, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi hal ini merupakan salah satu tanda-tanda penyakit jantung.

12. Nyeri Selain Pada Bagian Dada

nyeri pada bagian tubuh adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungTelah dikatakan bahwa nyeri dada merupakan salah satu tanda-tanda penyakit jantung. Tetapi pada kasus lain terdapat pula yang memberi laporan bahwa perasaan nyeri menjalar ke bagian siku, bahu, punggung, perut, leher dan atau sampai ke tenggorokan (rahang). Walau demikian rasa nyeri pada bagian selain dada hanya terjadi beberapa waktu serta mudah pergi dan datang.

13. Pembengkakan Pada Beberapa Organ Tubuh

pembengkakan pada kaki adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungGagal jantung dapat mengakibatkan penumpukan cairan dalam tubuh. Dampak nya bisa terlihat seperti pembengkakan pada tubuh yang biasanya terjadi pada bagian pergelangan kaki, kaki dan tangan serta perut yang terkadang diikuti kehilangan nafsu makan atau kenaikan berat badan.

Bagaimana Mencegah Terjadinya Tanda-tanda Penyakit Jantung

Pastinya anda tidak menginginkan penyakit jantung ini menjangkit anda maupun orang tercinta. Untuk itu penting bagi anda melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari masalah penyakit jantung, cobalah dengan melakukan kegiatan dan mengikuti saran seperti dibawah ini,

1. Berhentilah Merokok

cara menurunkan kolesterol dengan berhenti merokokAsap rokok sangat mendatangkan bencana karena kandungan racun yang dibawanya dapat menjadi pemicu serangan jantung karena kurangnya oksigen dalam darah.

Untuk itu dalam mencegah terjadinya penyakit jantung sebaiknya anda menjauhi kebiasaan merokok ini.

2. Menjaga Pola Makan

cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan rendah lemakUntuk mencegah tanda-tanda penyakit jantung ini muncul dalam suatu waktu, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang diolah dengan dikukus, direbus atau dipanggang dan bilamana anda menginginkan makanan yang digoreng, cobalah untuk menggunakan minyak goreng yang terbuat dari jagung atau minyak bunga matahari. Untuk pelengkap protein pilih lah susu rendah atau tanpa lemak.

Hal ini penting anda lakukan supaya terhindar dari kegemukan, sebab seseorang dengan lingkar pinggang diatas 80 cm memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung.

3. Kendalikan Tekanan Darah

cara mencegah diabetes melitus dengan cara alami gravistroTekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mengakibatkan penyakit jantung atau serangan jantung itu sendiri, pembuluh darah yang mengalami pengerasan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi dan berbahaya bagi jantung.

Hipertensi bisa meningkatkan penimbunan lemak, memungkinkan kolesterol LDL dan melukai dinding arteri.

4. Kendalikan Stress

rasa cemas adalah salah satu tanda-tanda penyakit jantungStress memang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan seseorang apalagi dalam hal pekerjaan dan kesibukan. Saat stress seseorang akan menghasilkan hormone kortisol dari tubuhnya yang mengakibatkan pembuluh darah menjadi kaku. Saat stress tubuh seseorang juga menghasilkan hormon norepinephrine yang mengakiatkan tekanan darah mengalami kenaikan. Untuk itu hindari stress agar tanda-tanda penyakit jantung tidak menyinggahi tubuh anda.

5. Jaga Berat Badan Ideal

cara menurunkan kolesterol dengan menurunkan berat badanObesitas atau berat badan berlebih bisa mengakibatkan ketidaknormalan lemak dan meningkatkan tekanan darah tinggi. Mengatasi dan menghindari obesitas merupakan cara terbaik untuk menghindari diabetes. Sebab diabetes dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan mempercepat terjadinya penyumbatan yang akhirnya terjadilah penyakit jantung koroner.

6. Konsumsi Makanan Anti-Oksidan

cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan berseratAsap kendaraan, asap rokok, dan polusi udara mengakibatkan terjadinya radikal bebas dalam tubuh yang mengakibatkan endapan yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengeluarkan senyawa radikal bebas dari tubuh anda perlu antioksidan untuk menjebak dan mengeluarkannya. Anda bisa memperoleh antioksidan dari sayuran dan buah-buahan.

7. Olahraga Teratur

cara menurunkan kolesterol dengan merubah pola hidupUntuk mencegah timbulnya tanda-tanda penyakit jantung anda bisa melakukan olahraga seperti: jogging, jalan cepat, jalan kaku maupun kegiatan yang tidak terlalu berlebihan maupun yang bersifat kompetisi bisa melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan menguatkan kerja jantung.

8. Sadari Bagaimana Keturunan Pola Makan

pemicu penyakit jantung koronerSeseorang yang saudara kandung atau orang tuanya pernah mengalami serangan jantung sebelum mencapai umur 60 tahun mempunyai lebih besar resiko menderita penyakit tersebut. Untuk itu apabila ada kerabat anda yang pernah mengalami penyakit jantung sebaiknya anda lebih waspada dengan memelihara gaya hidup dan menjaga supaya pola makan untuk menunjang kesehatan jantung anda.

Walaupun menurut saya pribadi, penyakit keturunan atau genetik ternyata lebih banyak terjadi akibat “keturunan pola makan”, bukan keturunan karena genetik, seperti misalnya seorang ayah yang suka makan eskrim tentu anak akan ikut makan eskrim dan sebaliknya orang tua yang pola makannya sehat tentu akan diikuti oleh anak itu sendiri.

Untuk itu selama anda masih diberikan kesehatan jagalah tubuh dan kesehatan anda dengan baik agar terhindar dari tanda-tanda penyakit jantung yang bisa merenggut nyawa anda dan tentunya menyisakan kesedihan untuk orang tercinta anda.

Mencegah, Melawan & Membersihkan Plak Penyumbatan Penyebab Serangan Jantung

Bagi anda yang menginginkan hidup yang lebih sehat, terhindar dari penyakit jantung koroner dan stroke iskemik maupun dalam kondisi mengalaminya, anda dapat menggunakan Gravistro sebagai obat jantung alami yang dapat membantu melarutkan plak penyumbatan dan mengembalikan elastisitas pembuluh darah. Silakan klik pada gambar dibawah ini :

Gravistro obat jantung dan stroke

Summary
Tanda-Tanda Penyakit Jantung
Article Name
Tanda-Tanda Penyakit Jantung
Description
Kita kerap mendengar seseorang yang pada hari kemarin masih sehat dan beraktifitas tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia. Kemudian saat ditelusuri ternyata orang tersebut mengalami tanda-tanda penyakit jantung tetapi hanya kurang dirasakan. Banyak yang menganggap tanda-tanda penyakit jantung yang terjadi akibat kelelahan atau factor usia akibat kurangnya pengetahuan mereka.
Author
Publisher Name
Nutra Jaya Prima
Publisher Logo

Bantu Bagikan Artikel Ini