Angina Pectoris, Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Apa Itu Angina Pectoris dan Cara Pengobatannya

apa itu angina pectorisAngina Pectoris adalah suatu kondisi dimana penderita merasakan nyeri di bagian dada yang disebabkan oleh otot-otot jantung yang kurang memperoleh pasokan darah yang umumnya disebabkan karena terjadinya gangguan pada pembuluh darah menuju jantung.

Bagi sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan istilah angina pectoris yang merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya. Meskipun masih banyak masyarakat yang belum memahami tetapi sebetulnya angina pectoris juga dikenal sebagai angin duduk.

Lalu apa sebenarnya penyebab penyakit tersebut lalu bagiaman cara penyembuhannya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa berujung pada hilangnya nyawa seseorang?

Apa itu Angina Stabil (Stable Angina) dan Angina Tidak Stabil (Unstable Angina)

jenis - jenis angina pectorisTerjadinya gangguan penyempitan pembuluh darah tersebut juga secara tiba-tiba sehingga seseorang mungkin tidak akan sempat untuk memeriksakan diri ke dokter.

Perlu Anda ketahui pula berdasarkan penyebabnya tersebut, angina pectoris juga dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu stable angina dan unstable angina.

Stable Angina atau Angina Stabil adalah merupakan tipe yang paling umum dari jenis angina pectoris. Munculnya jenis penyakit angin duduk ini biasanya masih bisa diketahui dengan mudah dan bisa diprediksi. Misalnya saja ketika Anda sedang menaiki tangga lalu muncul rasa nyeri kemungkinan Anda sedang mengalami angina pectoris.

Stable angina bisa terjadi ketika seseorang mengerahkan tenaganya secara ekstra untuk beraktivitas dalam waktu kurang dari 5 menit. Untuk mengatasinya sebaiknya segera istirahatkan tubuh Anda dan mengkonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang Anda rasakan.

Unstable Angina adalah merupakan jenis penyakit angin duduk yang lebih berbahaya tetapi kurang umum terjadi di masyarakat. Lebih parahnya lagi, gejala munculnya unstable angina sulit atau bahkan tidak dapat diprediksi. Rasa nyeri yang diderita oleh penderita unstable angina ini akan berlangsung lebih lama dan terjadi lebih sering.

Perlu Anda ketahui, bahwa unstable angina berbeda dengan penyakit jantung yang biasanya juga menimbulkan rasa nyeri di bagian dada. Tetapi unstable angina ini bisa menjadi penyebab timbulnya serangan jantung pada seseorang.

Pastikan Anda segera memeriksakan diri ketika muncul rasa nyeri di bagian dada dalam jangka waktu yang cukup lama. Semakin cepat Anda memeriksakannya, akan semakin diketahui penyebab serta cara pengobatan angina pectoris secara tepat.

Gejala Angina Pectoris

gejala angina pectorisTak sedikit kasus kematian disebabkan oleh adanya serangan angin duduk sehingga masyarakat cukup takut dengan penyakit yang satu ini. Siapapun mungkin tak menyadari datangnya penyakit angina pectoris bahkan mungkin mengabaikan gejala-gejalanya.

Kurangnya pasokan darah menuju jantung disebabkan adanya pengerasan atau penyempitan pembuluh darah. Akibat adanya penyempitan ini pasokan darah akan terganggu terutama yang menuju ke jantung.

Padahal fungsi utama jantung adalah memompa darah ke bagian-bagian organ tubuh dan ke seluruh tubuh. Bisa dibayangkan jika darah tersebut tidak dapat menuju jantung sehingga akan membuat pasokan darah terhambat dan dampak buruknya bisa berujung pada kematian.

Perlu diwaspadai gejala diatas karena penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Bahkan tak hanya menyerang orang-orang yang berusia lanjut tetapi orang dewasa yang memiliki fisik kuat dan sehat.

Gejala Angina Pectoris
, kebanyakan penderita angina pectoris akan merasakan nyeri di bagian dada. Rasa sakit di bagian dada juga bisa menjadi pertanda munculnya serangan jantung pada seseorang terutama yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung.

Untuk menambah wawasan Anda serta sebagai upaya pencegahan terhadap angina pectoris, berikut ini akan dijelaskan gejala-gejala munculnya penyakit yang satu ini.

  1. Rasa nyeri di dada bahkan rasa nyeri tersebut bisa menyebar ke bagian lengan kiri, rahang, leher dan punggung.
  2. Dada terasa diremas dan ditekan sampai ke lengan dan belakang.
  3. Munculnya sesak napas yang mirip dengan penyakit lambung.
  4. Penderita angina pectoris akan merasa kelelahan terutama setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga.
  5. Muncul rasa mual dan pusing secara tiba-tiba.
  6. Tubuh akan terasa kurang nyaman dan muncul keringat secara berlebihan.
  7. Rasa gelisah juga menghantui Anda sehingga akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

Disarankan bagi Anda yang tiba-tiba merasakan nyeri di bagian dada tetapi tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya perlu segera memeriksakan ke dokter.

Hal ini dilakukan untuk segera mengetahui penyebab munculnya rasa nyeri di bagian dada untuk nantinya bisa diketahui jenis penyakit serta upaya penyembuhannya. Sebetulnya tidak semua rasa nyeri di dada merupakan gejala penyakit angina pectoris tetapi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan agar lebih aman.

Penyebab Angina Pectoris

penyebab angina pectorisBagi Anda yang sering mendengar istilah angin duduk tentu akan bertanya-tanya sebetulnya apa yang menjadi penyebab munculnya penyakit yang satu ini hingga bisa merenggut nyawa seseorang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam pengertian angina pectoris dimana penyakit ini disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otot jantung karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Jantung merupakan organ yang sangat berperan penting dalam tubuh seseorang. Selain itu, jantung juga membutuhkan pasokan darah yang mengandung banyak oksigen sehingga kerja jantung akan berfungsi dengan baik.

Darah pada organ jantung akan dialirkan oleh dua pembuluh darah besar yaitu pembuluh koroner. Jika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan akan menjadi penyebab utama terjadinya angina pectoris pada seseorang.

Faktor Penyebab Angina Pectoris

Selain penyebab utama terjadinya angina pectoris karena kurangnya pasokan darah yang mengandung oksigen ke jantung masih ada faktor lain yang berperan sebagai penyebab penyakit tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan faktor penyebab terjadinya angina pectoris yang perlu Anda ketahui, yaitu :

    1. Usia
      Bertambahnya usia seseorang juga berpengaruh pada kinerja organ tubuh yang semakin menurun. Hal ini salah satunya terjadi pada arteri jantung yang fungsinya semakin menurun seiring bertambahnya usianya seseorang. Tentu hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya angina pectoris pada seseorang.
    2. Hipertensi
      Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa berdampak pada aliran darah yang semakin tinggi tetapi arteri jantung mengalami penyempitan atau penyumbatan sehingga aliran darah menuju jantung akan terhalang dan berdampak pada pasokan darah yang semakin menurun.
    3. Dyslipidemia
      Dyslipdemia juga dikenal sebagai kolesterol darah yang tinggi sehingga bisa menjadi pemicu timbulnya plak pada arteri jantung sehingga menjadi penyebab penyumbatan. Perlu Anda ketahui, kolesterol tinggi atau LDL pada tubuh seseorang akan menjadi penyebab penyempitan pembekuan darah sehingga menyebabkan angina pectoris.
    4. Obesitas
      Kondisi tubuh yang mengalami obesitas akan beiriko terkena penyakit kolesterol tinggi, kantung dan hipertensi. Padahal ketiga penyakit tersebut juga merupakan penyebab utama munculnya penyakit angin duduk.
    5. Kebiasaan merokok
      Kebiasaan merokok sebetulnya sangat berdampak buruk pada kesehatan seseorang terutama munculnya kerusakan dinding arteri, penggumpalan darah dan munculnya plak pada arteri. Jika arteri mengalami gangguan atau kerusakan bisa menghalangi aliran darah menuju jantung. Kebiasaan merokok akan membuat kandungan oksigen dalam darah semakin menurun dan semakin meningkatkan risiko terjadinya angina pectoris.
    6. Mengkonsumsi Alkohol Berlebihan.
      Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi alkohol sebaiknya segera kurangi dan hindari kebiasaan tersebut karena bisa berdampak pada munculnya kolesterol serta tekanan darah tinggi. Jika dibiarkan bisa menjadi penyebab munculnya angin duduk.
    7. Diabetes Melitus
      Penyakit diabetes mellitus kini bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Kadar gula dalam darah yang sangat tinggi akan berpengaruh pada fungsi organ dalam tubuh terutama pada arteri jantung. Penyakit-penyakit tersebut tentu menjadi pemicu munculnya angina pectoris pada tubuh seseorang.
    8. Keturunan
      Perlu diwaspadai jika salah satu orang tua Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, dan kolesterol tinggi karena bisa beresiko munculnya penyakit angina.

Setelah mengetahui penyebab penyakit angina yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya Anda perlu waspada dengan mulai menjaga kesehatan dan pola hidup mulai dari sekarang. Terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat penting hipertensi, jantung atau kolesterol tinggi.

Pengobatan Angina Pectoris Dengan Produk Alami Gravistro

Gravistro adalah produk alami yang bekerja untuk membantu melarutkan plak penyumbatan dan mengembalikan elastisitas kelenturan pembuluh darah sehingga dapat terhindar dari serangan – serangan pada jantung (angina pectoris) dan penyakit penyumbatan lain seperti jantung koroner dan stroke iskemik.

Lihat penjelasan dan cara kerja produk obat jantung koroner dan stroke iskemik Gravistro, klik gambar dibawah ini :

obat jantung koroner stroke original asli gravistro

obat jantung koroner stroke original asli gravistro

Gravistro

Membantu Atasi Masalah Jantung, Stroke Dan Penyumbatan
obat jantung gravistro

Harga Rp. 550,000,- / Botol

Kemasan Isi 60 Kapsul
Terstandar BPOM RI TR 143 379 431
Sertifikasi Halal MUI No. 122 7000 380 116

Terbukti Secara Klinis & Ilmiah Dikhususkan Untuk Membantu Mengatasi Penyakit

Jantung Bengkak/Lemah
Jantung Koroner (Penyumbatan)
Stroke Iskemik (Penyumbatan)
Neuropati Diabetes

Gravistro Diformulasikan Oleh
Dr. Pratanto & Dra. Esther B.Kaeng

Untuk Mempelajari Produk Gravistro, Testimoni Pengguna dan Berkonsultasi

Dapat Melalui Link Dibawah ini

Untuk Review Produk & Pembelian Produk Gravistro Secara Online Yang Terjamin Keasliannya

Dapat Melalui Link Dibawah

tokopedia-gravistro
Terjual Lebih dari 7000+ Botol! Lihat Review Produk
Terjual Lebih dari 1000+ Botol! Lihat Review Produk
shopee-gravistro
Terjual Lebih dari 3500+ Botol! Lihat Review Produk
Terjual Lebih dari 2500+ Botol! Lihat Review Produk
buka-lapak-gravistro
Terjual Lebih dari 1700+ Botol! Lihat Review Produk
lazada-gravistro

PERHATIKAN CIRI KEASLIAN GRAVISTRO

1. Harga Gravistro TIDAK pernah dibawah Rp.550,000,-

2. Scan BARCODE yang TERDAPAT ada Kemasan

3. TERDAPAT tulisan LINTANG SUMINAR pada Hologram Dus

4. Hologram Meninggalkan sisa bentuk SARANG LEBAH

5. Terdapat Hologram Nutra Jaya Prima Sisi Tutup Botol

obat jantung Gravistro

Konsultasikan Masalah Kesehatan Anda Bersama Kami

Kami mempersilakan anda untuk berkonsultasi seputar keluhan dan kondisi anda tanpa harus membeli (Gratis).

konsultasi obat jantung koroner dan stroke via Whatsapp
Bapak Antonius Gunawan
(Menantu Dokter Pratanto)
Tel./WhatsApp 0821 10 663 193

Dr.Pratanto / Dra.Esther B.Kaeng
Tel.  0819 32 665 879

Menu